Categories
Artikel

Jual Domba Murah Yogyakarta dan Tips Usaha Ternak Domba Ekor Gemuk

Jual Domba Murah Yogyakarta – Adanya peningkatan atas kebutuhan akan protein hewani, menuntut peternak untuk menghasilkan produksi ternak yang optimal. Kaitannya dengan hal tersebut, maka peternak perlu menyiapkan kondisi lingkungan yang baik. Kemudian perkandangan yang bagus berkualitas, pakan bergizi, serta tata laksana untuk pemeliharaan ternak yang baik. Peternakan yang dapat memenuhi hal-hal tersebut, mampu menghasilkan produk ternak berkualitas.

Salah satu domba yang cukup digemari untuk ternak yaitu domba ekor gemuk. Asal usul domba ekor gemuk sendiri sangat variatif. Dimana pengembangan domba ekor gemuk banyak ditemui di sepanjang pantai utara meliputi Madura dan Jawa Timur, Lombok dan Sulawesi. Ternak domba ekor gemuk lebih tepat untuk dibudidayakan sebagai ternak yang menghasilkan daging atau bisa disebut dengan tipe potong. Dengan pemeliharaan intensif yang baik, bisa diperoleh pertambahan berat badan yang baik untuk jenis domba ini.

Domba ekor gemuk juga memiliki kemampuan dalam menimbun lemak pada bagian pangkal ekornya. Bentuk badan yang dimiliki domba ekor gemuk ini cukup lebar, dimana jantannya bisa memiliki bobot yang mencapai 60 kg. Sedangkan untuk domba betina bisa mencapai berat 50 kg. Ditinjau dari faktor genetic yang dimiliki oleh Domba Ekor Gemuk, jenis ini memiliki tingkat produktivitas yang cukup tinggi. Ciri yang dimiliki oleh domba ekor gemuk yaitu kepalanya yang terlihat besar, ringan dan memiliki bentuk cembung. Pada bagian di sekitar mata memiliki warna putih dan tidak ada noda hitam pada bibir atau mulut domba.

Ciri khas dari domba ekor gemuk lainnya yaitu telinganya yang panjang dan kecil. Dimana daun telinga domba ini akan tumbuh kearah samping dan mendatar. Domba ekor gemuk juga memiliki leher yang panjang dan bergelambir. Pinggul domba ekor gemuk juga membulat, serta keempat kaki domba yang kokoh dan kuat. Ekor domba ini cukup panjang, lebar, basar, dan kecil pada ujungnya. Ekor domba membelok ke belakang dan jarang sekali memanjang ke bawah.

Baca Juga: Jual Domba Murah Klaten dan Usaha Budidaya Domba Ternak dengan Potensi yang Baik

Daya adaptasi yang dimiliki oleh domba ekor gemuk yang sangat, baik itu terhadap berbagai lingkungan agrosistem, terutama di daerah yang beriklim kering. Tujuan utama dari ternak domba jenis ini yaitu untuk diambil dagingnya sebagai kebutuhan konsumsi daging. Domba ekor gemuk akan nampak lebih baik hidup di wilayah yang kering. Penimbunan lemak pada bagian ekor domba digunakan untuk penyimpanan energi pada saat musim kering ketika konsumsi pakan biasanya cukup rendah.

Domba Ekor Gemuk memiliki bentuk tubuh lebih besar dan memiliki jarak beranak 8 bulan. Dimana domba betina ekor gemuk dapat menghasilkan anak 2, 3, 4 ekor setiap tahunnya. Untuk 100 ekor induk dari jenis domba ini dapat menghasilkan setidaknya 234 ekor cempe dalam satu tahun. Adapun keunggulan yang dihasilkan dari ternak domba ekor gemuk ini diantaranya:

  • Pemeliharaan yang lebih mudah, karena sifat dari ternak ini suka hidup berkelompok sehingga mudah dalam penggembalaannya.
  • Kemampuan merumput yang lebih rajin dan tekun di padang penggembalaan.
  • Bulu Domba yang lebih tebal sehingga membantu untuk menahan penguapan air dari tubuhnya. Lebih tahan terhadap panas dan kering sehingga cukup efisien dalam penggunaan air minum.
  • Kulit yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.
  • Kemampuan adaptasi yang baik terhadap lingkungan baru. Dan memiliki daya tahan terhadap penyakit yang lebih kuat.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *