Categories
Artikel

Jual Domba Murah Yogyakarta dan Tips Dalam Merawat Domba Ternak

Jual Domba Murah Yogyakarta – Banyak orang yang saat ini telah menekuni usaha ternak domba. Di Indonesia sendiri, usaha ternak domba seperti domba Garut bukanlah hal yang asing. Domba Garut atau yang dikenal juga sebagai domba priangan adalah domba yang berasal dari daerah Garut. Domba ini merupakan campuran dari proses perkawinan antara jenis domba lokal dengan domba jenis capstaad dari Afrika Selatan dan domba merino dari Australia. Jenis domba ini sendiri memiliki banyak manfaat, seperti dagingnya yang lezat, hasil perahan susunya yang kaya gizi, serta kulitnya yang bagus untuk dijadikan bahan tekstil.

Jenis domba Garut ini menjadi salah satu jenis domba yang cukup popular dengan tampilannya yang cantik dan menawan. Postur domba Garut yang cukup besar dengan ciri khas tanduknya yang unik dan bagus. Biasanya, domba garutseringkali dijadikan sebagai hewan peliharaan untuk aduan. Dalam perawatan domba, tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Berikut ini adalah tips untuk perawatan domba yang baik.

1.    Tersedianya Kandang yang Sesuai Standar

Kondisi kandang merupakansalah satu faktor yang cukup penting sebagai penentu tingkat kenyamanan hewan peliharaan atau domba ternak anda. Ketika kandang termembuat nak bisa membuat domba merasa nyaman dan betah, maka domba ternak anda akan berproduksi dengan kualitas yang baik pula. Domba garut yang merasa nyaman dengan kondisi kandangnya, bisa memproduksi susu yang lezat dan menyegarkan. Selain itu, berat badan domba juga akan semakin meningkat dengan baik.

Kandang yang disediakan untuk domba Garut haruslah kokoh, sebab penggunaannya tentu ditujukan untuk jangka waktu yang panjang. Luas kandang harus cukup untuk bisa mengakomodasi semua domba ternak tanpa perlu berdesak-desakan. Usahakan agar kandang domba ternak anda mendapatkan cukup sinar matahari yang bagus bagi pertumbuhan domba ternak. Hindari penggunaan atap yang memiliki daya serap tinggi terhadap panas, lebih baik anda menggunakan jerami.

Baca Juga: Jual Domba Murah Klaten dan yang Perlu Diperhatikan Tentang Pakan Domba Ternak  

2.    Komposisi Makanan yang Lengkap

Berbeda dari jenis ternak lainnya, jenis makanan yang diberikan untuk pakan domba terutama domba Garutyangmemiliki komposisi berbeda. Dimana komposisi pakan yang diberikan untuk domba terdiri dari empat jenis dan diberikan dalam secara bersamaan pada saat waktu makan telah tiba. Komposisi pakan yang lengkap tersebut meliputi rerumputan, kacang-kacangan, hasil limbah pertanian, juga pakan konsentrat. Konsistensi pakannya sendiri juga berbeda-beda, disesuaikan dengan usia domba ternak anda.

3.    Pemberian Vaksin Secara Rutin

Domba ternak juga harus diberikan vaksin dengan rutin untuk membantu menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit. Pemberian vaksin penting untuk dilakukan mengingat mikroba, virus, serta bakteri sangat mudah dalam menyerang domba ternak. Jika tidak dilakukan tindakan pencegahan seperti vaksinasi, maka dikhawatirkan daya tahan tubuh domba ternak akan semakin menurun dan kemudian bisa jatuh sakit.

4.    Jaga Kebersihan Ternak Secara Berkala

Domba ternak juga harus dijaga kebersihannya untuk menghindari kuman-kuman yang mungkin menempel pada bagian tubuh. Penting sekali untuk menjaga penampilan fisiknya agar terlihat bersih, sehat, dan segar, sehingga konsumen nantinya tidak akan merasa jijik dan berubah pikiran. Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan domba ternak, diantaranya:

·         Rutin memandikan domba ternak setidaknya satu kali dalam seminggu

Mandikan domba ternak menggunakan sabun dan air dengan temperatur yang sedang. Usap sekujur tubuh domba ternak menggunakan sabun, kemudian mulailah menyikat tubuh domba dengan lembut. Setelah dibersihkan dari kotoran yang menempel, bilas domba dengan bersih. Kemudian arahkan domba ternak anda untuk berjemur hingga tubuhnya kering sepenuhnya.

·         Pencukuran bulu

Pencukuran bulu domba ternak dilakukan untuk menjaga kebersihan domba sekaligus panen bulu domba. Dimana bulu domba yang telah dicukur tersebut bisa digunakan untuk dilimpahkan sebagai bahan tekstil, setiap enam bulan sekali. Supaya bulu domba nampak bersih, maka domba harus dimandikan terlebih dahulu sebelum proses pencukuran bulu dimulai. Pastikan juga untuk mengikat domba agar domba tidak berkeliaran kemana-mana pada saat proses pencukuran. Mencukur bulu domba harus dilakukan sesuai dengan arah punggung ternak agar hasilnya rapi dan tidak sampai melukai ternak.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *