Categories
Artikel

Jual Domba Murah Yogyakarta dan Tips Beternak yang Mudah dan Keuntungan yang Menarik

Jual Domba Murah Yogyakarta – Beternak domba bisa menjadi pilihan yang bagus bagi setiap orang yang menginginkan untuk beragribisnis. Pilihan untuk muali ternak domba memiliki prospek bagus dengan potensi keuntungan yang cukup menarik. Domba merupakan hewan ternak yang cukup mudah dalam penggembalaannya karena cenderung lebih menyukai untuk berkelompok. Selain itu, domba memiliki bulu yang cukup tebal, yang mana sering dijadikan sebagai bahan pembuatan wol. Domba juga lebih tahan terhadap haus karena memiliki bulu yang tebal sehingga membantu untuk menahan penguapan air dari tubuhnya. Keunggulan untuk ternak domba lainnya yaitu cara perawatannya yang tidak sulit dan cukup mudah dilakukan.

Umumnya domba banyak dipilih sebagai salah satu hewan yang bisa diternak dengan keuntungan menarik yang ditawarkan. Biasanya untuk memulai ternak domba dipilih jenis domba garut, domba texal, domba merino, dan domba garut. Bahkan tidak jarang dari jenis domba tersebut di kawinkan silang, untuk bisa memperoleh jenis domba yang lebih berkualitas. Banyak sekali keuntungan yang bisa anda peroleh dari hasil ternak domba diantaranya seperti:

1. Bulu Domba

Keuntungan pertama yang akan anda dapatkan adalah manfaat bulu domba. Diaman anda bisa menjual bulu domba kepada pembuat kain woll. Bulu domba sendiri merupakan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kain woll yang bagus dan berkualitas.

2. Daging Domba

Keuntungan berikutnya adalah daging domba, yang mana bisa dijual di pasar atau rumah makan dan restoran. Daging domba seringkali digunakan dalam jenis masakan timur tengah seperti kebab, nasi kebuli dan lain sebagainya.

3. Kotoran Domba

Tidak hanya bulu dan daging domba saja, tapi kotoran domba juga dapat memberi anda sebuah keuntungan. Dimana kotoran domba sangatlah bagus untuk digunakan sebagai pupuk kandang yang bermanfaat bagi tanaman.

Baca Juga: Jual Domba Murah Klaten dan Keunggulan Daging Domba yang Perlu Anda Diketahui

Prospek yang dimiliki dari ternak domba memang menawarkan keuntungan yang bagus di masa depan. Sebelum anda memulai usaha ternak domba, ada beberapa hal yang perlu untuk di perhatikan. Beberapa hal yang harus anda perhatikan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jenis Domba

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih jenis domba yang akan dijadikan sebagai hewan ternak. Domba memiliki beberapa jenis yang bisa anda pilih sesuai dengan tujuan dan keinginan ternak seperti domba kor gemuk, domba garut, domba gibas dan lainnya. Setiap jenis domba memiliki jenis kandang yang berbeda, karena karakter setiap domba juga tidak sama. Sehingga anda perlu untuk menentukan jenis domba yang akan di ternak untuk menyesuaikan bentuk kandangnya.

2. Kandang Domba

Dalam pembuatan kandang domba anda perlu menyesuaikan dengan karakter domba yang dijadikan hewan ternak. Anda bisa membuat kandang yang sederhana dengan menggunakan bahan yang sederhana. Pilihlah lokasi kandang yang berdekatan dengan rumah yang aman dan nyaman untuk si domba. Pada bagian bawah kandang domba anda bisa menyediakan alat yang bisa digunakan untuk menampung kotoran domba tersebut. Sehingga,  kotoran domba bisa langsung terkumpul dan diolah menjadi pupuk organik yang memiliki nilai jual.

3. Indukan Domba

Pemilihan indukan domba, juga merupakan hal penting yang prlu diperhatikan. Anda prlu untuk memilih indukan domba yang sahat dan tidak memiliki cacat fisik luar maupun dalam. Pilihlah indukan domba yang sehat dengan umur yang masih cukup muda. Selain itu, anda juga harus memperhatikan asal indukan domba tersebut dari mana dan bagaimana kualitasnya.

Berbagai keuntungan menarik bisa anda dapatkan melalui ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *