Categories
Artikel

Jual Domba Murah Yogyakarta dan Masalah Scabies Pada Domba Ternak

Jual Domba Murah Yogyakarta – Usaha ternak domba dengan hasil yang bagus, tentu tidak terlepas dari tata kelola peternakan yang baik. Baik itu kondisi kandang, pakan, serta kondisi kesehatan domba harus dijaga dengan baik. Maka, dengan begitu akan menghasilkan ternak yang bagus berkualitas. Meski begitu, tidak jarang ada berbagai penyakit yang bisa menyerang domba ternak anda. Domba ternak pun juga bisa terkena serangan penyakit scabies yang bisa mengganggu kesehatannya. Apa itu scabies dan bagaimana untuk mengatasinya, bisa dipelajari melalui ulasan berikut ini.

Serangan penyakit scabies atau yang seringkali disebut dengan istilah kudis, kurap, gudik adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi tungau pada domba. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh ektoparasit atau tungau Sarcoptes scabei, Psoroptes communis varovis, dan Chorioptes ovis. Penyakit scabies seringkali menyerang area di sekitar telinga domba anda yang mana kemudian akan menyebar ke seluruh tubuh domba ternak. Gejala yang mungkin muncul ketika domba ternak terserang scabies yaitu munculnya bercak merah yang bisa membentuk bisul pada kulit domba ternak anda. Bercak pada kulit tersebut kemudian akan menebal, mengeras dan bersisik serta gatal.

Karena munculnya rasa gatal yang luar biasa, domba ternak anda akan menggosok-gosokkan tubuhnya pada dinding kandang sehingga menyebabkan bulunya menjadi rontok. Penyakit scabies pada domba muncul akibat tungau yang masuk kedalam jaringan kulit domba dan menginfeksinya. Tungau yang menginfeksi kulit domba mengakibatkan terjadinya pembengkakan dan bintik-bintik yang disebabkan oleh kelenjar rambut yang terhambat. Penyakit ini seringkali terjadi pada domba muda, domba yang sedang bunting dan domba perah. Sarcoptes scabiei salah satu tungau penyebab scabies menyukai bagian tubuh yang jarang rambutnya, misalnya seperti pada daerah telinga, tumit, sela paha dan ambing.

Domba ternak yang mengalami scabies akan terlihat tidak tenang akibat rasa gatal yang muncul, mereka akan menggaruk atau menggosokkan bagian yang gatal pada benda keras. Rasa gatal tersebut muncul karena adanya allergen yang merupakan hasil dari metabolisme Sarcoptes scabiei. Selain itu, adanya aktifitas Sarcoptes scabiei misalnya seperti berpindah tempat, juga bisa menjadi penyebab munculnya rasa gatal. Akibat domba yang sering menggaruk bagian yang gatal pada benda keras, bisa menyebabkan rambut atau bulu domba menjadi rontok dan patah-patah. Adanya kerusakan kulit yang terjadi pada domba dengan tepi yang tidak merata disertai dengan penebalan kulit atau keropeng. Kemudian kulit bersisik dan diikuti dengan terjadinya reruntuhan pada jaringan kulit domba.

Baca Juga: Jual Domba Murah Klaten dan Ketahui tentang Gangguan Diare Pada Domba Ternak

Domba yang terserang scabies juga akan mengalami nafsu makan yang menurun. Pada akhirnya kondisi tersebut akan diikuti dengan penurunan berat badan sehingga domba akan nampak lebih kurus. Pada kasus scabies yang cukup berat, dapat mengakibatkan kematian yang terjadi pada domba ternak. Penyakit scabies jika tidak segera ditangani dengan baik tentu akan sangat merugikan bagi para peternak. Karena penyakit ini mudah sekali menyebar ke seluruh bagian tubuh domba ternak dan kawanannya. Domba ternak akan terlihat semakin kurus, kekurangan darah, produksi susu menurun, serta harga jualnya juga akan merosot. Jika terdapat domba ternak yang terserang penyakit scabies sebaiknya segera dikarantina dan dilakukan penanganan sesegera mungkin.

Pengobatan untuk mengatasi penyakit scabies bisa dilakukan dengan injeksi atau suntik vaksin. Pemberian dosis untuk injeksi harus dikonsultasikan dengan dokter hewan. Injeksi tersebut bisa diulang selama 10-14 hari kemudian dari injeksi yang pertama. Selain pengobatan medis, anda juga bisa melakukan pengobatan tradisional seperti;

  • Untuk kasus ringan kami gunakan oli bekas + belerang + minyak kelapa yang dimasak laku didinginkan, sebagai obat oles.
  • Untuk kasus yang parah kami gunakan 2 liter minyak goreng + obat serangga untuk tanaman atau insektisida 50 ml + oli bekas 50 ml. Berikan ramuan ini 2 minggu sekali sebagai obat oles.

Sebelum diobati, sebaiknya domba ternak yang terserang scabies dimandikan terlebih dulu dengan sabun sampai bersih. Kemudian domba tersebut dijemur hingga kering, baru dioleskan obat atau salep pada bagian yang terinfeksi. Setelah domba ternak diobati, maka domba perlu untuk diisolasi pada kandang tersendiri agar scabies tidak menyebar pada kawanan.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera kunjungi doazfarm.com untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *