Categories
Artikel

Jual Domba Murah Yogyakarta dan Langkah – Langkah untuk Memandikan Domba Ternak

Jual Domba Murah Yogyakarta – Kebersihan hewan ternak sangatlah penting untuk menjaga ternak agar tetap sehat. Salah satu langkah untuk menjaga kebersihan domba ternak adalah memandikannya. Waktu yang paling tepat untuk memandikan domba, yaitu pada saat kondisi kambing memang sudah kotor, atau setidaknya satu minggu sekali. Ketika anda hendak memandikan domba, perlu untuk diperhatikan bagaimana kondisi cuaca, apakah sedang mendung ataukah matahari sedang bersinar cerah. Hal tersebut penting, karena setelah domba dimandikan, maka perlu untuk berjemur agar air yang menempel pada tubuh domba bisa kering sempurna.

Jika kondisi domba masih basah setelah dibersihkan dengan dimandikan lalu dimasukkan kembali ke kandang, maka akan membuat domba menjadi kotor lagi. Kondisi bulu yang masih basah setelah dimandikan akan membuat kotoran dengan mudah menempel lagi pada tubuh domba. Selain itu kondisi bulu yang masih belum kering juga bisa mengakibatkan domba rentan terkena penyakit kembung.

Perlu untuk diperhatikan ketika anda memandikan domba, selain membersihkan tubuh domba sebaiknya anda juga membersihkan kandangnya. Anda bisa membersihkan kandang domba ternak ketika domba yang sudah dimandikan di jemur. Dengan begitu, tidak hanya domba yang bersih tapi kandangnya juga bersih. Untuk membersihkan bulu domba anda bisa menggunakan sabun ataupun shampoo. Hal penting adalah tingkat kebersihan domba ternak agar tidak terserang kuman dan bakteri penyakit yang bisa mengganggu kondisi kesehatannya. Banyak manfaat yang akan didapatkan dengan memandikan domba agar bersih, diantaranya:

  1. Badan domba tidak hanya bersih tapi juga akan menjadi segar 
  2. Domba terhindar dari penyakit kulit dan kutu
  3. Anda bisa mengecek secara langsung mengenai kondisi kesehatan fisik domba ternak
  4. Bagi domba betina, memandikan adalah salah satu trik supaya domba betina cepat birahi
  5. Bagi domba pejantan memandikan akan mengurangi kotoran yang menempel pada bulu akibat urine yang di semprot-semprotkan

Baca Juga: Jual Domba Murah Klaten dan Tips Menjaga Kandang Domba Ternak Agar Bersih

Untuk memandikan domba anda bisa menggunakan alat semprot atau domba dimandikan di sungai dengan air yang bening. Perlengkapan yang diperlukan untuk memandikan domba adalah ember, sabun, sikat, dan sisir. Cara untuk memandikan domba adalah dengan membasahinya dari bagian kaki bawah kemudian menuju pada bagian perut dan terakhir pada bagian punggung. Langkah atau metode tersebut digunakan supaya domba ternak tidak kaget ketika dibasuh dengan air. Beberapa tips berikut ini akan membantu anda untuk memandikan domba ternak dengan baik.

  1. Perhatikanlah terlebih dulu cuaca dan suhu di lingkungan sekitar kandang. Sebaiknya anda memandikan domba ternak menjelang siang hari. Supaya setelah domba dimandikan, bisa memperoleh sinar matahari yang cukup untuk mengeringkan bulunya.
  2. Basahi tubuh domba dengan cara disemprot menggunakan selang air atau sprayer. Gosoklah seluruh tubuh domba dengan sabun dan sikat dengan lembut untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada bulu domba.
  3. Anda perlu menghindari untuk mengguyur air pada kepala dan muka domba. Namun, pastikan bagian belakang kepala dan seputar leher sampai antara dua tanduk dibersihkan. Karena pada bagian tersebut adalah tempat berkembang biaknya telur kutu.
  4. Setelah semua bagian tubuh domba terkena busa sabun, maka bilaslah dengan air yang bersih. Pemberian sampo juga diperbolehkan untuk melembutkan bulu domba serta atau memecah gimbal pada rewos.
  5. Proses untuk memandikan domba bisa dilakukan 15 hari sekali. Jika induk domba sedang bunting, sebaiknya tidak dimandikan dulu sampai waktunya melahirkan.
  6. Segera setelah induk domba melahirkan, semprot bagian ekor dan rewos dengan air hangat yang telah dicampur obat pengusir lalat. Hal tersebut bertujuan untuk membersihkan bulu ekor serta mencegah lalat berkembang di sekitar vulva.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *