Categories
Artikel

Jual Domba Murah Yogyakarta dan Ketahui Jenis Penyakit yang Menyerang Domba Ternak

Jual Domba Murah Yogyakarta – Dalam usaha ternak, serangan penyakit tentunya akan sangat merugikan termasuk dalam ternak domba. Menjaga kesehatan domba ternak sangatlah penting, agar domba ternak tidak mudah sakit. Selain menerapkan manajemen kesehatan hewan ternak dengan baik, anda juga perlu mengenal jenis penyakit yang menyerang domba ternak. Hal tersebut, bisa membantu anda untuk mencegah domba ternak terserang penyakit. Mengenal jenis penyakit yang umumnya terjadi pada domba ternak, dapat dijadikan sebagai pedoman dalam manajemen kesehatan ternak yang baik.

Dalam dunia ternak tidak jarang anda sebagai peternak mengalami suatu permasalahan, seperti kondisi domba ternak yang kurang sehat. Adanya kemungkinan domba ternak yang terserang penyakit baik yang ringan maupun yang berat. Untuk itu, pengetahuan dalam mengenal beberapa jenis penyakit yang umumnya menyerang domba ternak, perlu untuk dipahami dengan baik. Beberapa jenis penyakit yang umumnya terjadi tersebut diantaranya yaitu:

Diare

Diare yang terjadi pada domba ternak, biasanya disebabkan oleh bakteri Escherichia coli yang menyerang anak domba berusia 3 bulan. Cara untuk mengobati diare tersebut adalah dengan memberikan antibiotika dan sulpha melalui mulut.

Radang Pusar

Radang pusar disebabkan oleh penggunaan alat pemotong pusar yang tidak steril atau kurang higienis. Selain itu, tali pusar yang tercemar oleh bakteri Streptococcus, Staphyloccus, Escherichia coli dan Actinomyces necrophorus juga bisa mengalami peradangan. Umumnya, penyakit ini akan menyerang domba usia 2-7 hari. Gejala yang ditimbulkan yaitu pembengkakan yang terjadi di sekitar pusar dan sakit saat disentuh. Anda bisa mengobati radang pusar dengan memberikan antibiotika, sulfa dan mengompres pusar dengan larutan rivanol atau desinfektan.

Cacar Mulut

Cacar mulut umumnya terjadi pada domba dengan usia sampai 3 bulan dengan gejala tidak dapat mengisap susu induknya karena tenggorokannya terasa sakit. Penyakit ini dapat berakibat pada kematian domba ternak.

Baca Juga: Jual Domba Murah Klaten dan Manajemen Pemberian Pakan Domba Ternak

Radang Limoah

Radang limbah disebabkan oleh serangan bakteri Bacillus anthracis. Penyakit ini akan menimbulkan gejala seperti suhu tubuh domba ternak yang meninggi.  Kemudian keluar cairan yang bercampur dengan darah dari lubang hidung dan dubur. Denyut nadi domba ternak yang berjalan cepat, tubuh gemetar dan nafsu makan domba hilang.

Kembung

Kembung pada domba ternak bisa disebabkan oleh pemberian makanan yang tidak teratur atau pemberian pakan rumput yang masih diselimuti embun. Gejalanya adalah lambung domba membesar yang mana dapat menyebabkan kematian. Pengobatannya bisa dilakukan dengan memberikan gula yang diseduh dengan asam, kemudian kaki domba bagian depan diangkat keatas sampai gas keluar.

Cacing

Cacingan yang terjadi pada domba ternak bisa disebabkan oleh cacing Fasciola gigantica (Cacing hati), cacing Haemonchus contortus (Cacing lambung), cacing Thelazia rhodesii (Cacing mata), dan cacing Neoascaris vitulorum (Cacing gelang). Anda bisa memberikan  Zanil atau Valbazen yang diberikan lewat minuman, dapat juga diberi obat cacing seperti Piperazin.

Kudis

Kudis biasanya menyerang kulit domba pada semua usia, sehingga berakibat pada produksi domba yang merosot. Kudis disebabkan oleh parasit berupa kutu yang bernama Psoroptes ovis, Psoroptes ciniculi dan Chorioptes bovis. Gejala yang bisa muncul adalah tubuh domba lemah,

Penyakit Kelenjar Susu

Penyakit ini umumnya terjadi akibat induk domba yang sedang menyusui tidak secara rutin dibersihkan. Gejala yang muncul biasanya ambing domba bengkak, bila diraba tersa panas, terjadi demam dan suhu tubuh tinggi, nafsu makan kurang, produksi air susu induk berkurang. Cara untuk mengobatinya adalah memberikan obat-obatan antibiotika melalui air minum.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga  tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *