Categories
Artikel

Jual Domba Murah Yogyakarta dan Ketahui Jenis Domba Sebelum Memulai Ternak Domba

Jual Domba Murah Yogyakarta – Ternak domba adalah salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan sekarang ini. Dimana domba memiliki tingkat produktivitas yang cukup tinggi. Dalam kurun waktu 2 tahun saja, seekor domba betina dapat beranak tiga kali, dan dalam sekali beranak bisa sampai 3 ekor. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ternak domba juga relatif kecil. Dimana dalam hal perawatannya, domba memiliki prosedur perawatan yang cukup sederhana. Meski begitu, domba memiliki nilai jual yang cukup tinggi di pasaran. Selain itu, bau domba cenderung tidak menyengat sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Di Indonesia sendiri, usaha ternak domba sudah dilakukan banyak orang untuk diambil dagingnya. Di beberapa daerah usaha ternak domba dikembangkan untuk diambil bulunya sebagai serat wol. Dalam memulai usaha ternak domba, ada beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan seperti memilih jenis indukan, lokasi dan struktur kandang, kebutuhan pakan dan perawatan. Sebelum itu, anda perlu untuk mengenal jenis-jenis domba. Secara umum terdapat dua jenis domba yang yaitu domba lokal dan domba silangan.

Domba lokal adalah jenis domba paling banyak yang dipilih untuk usaha ternak domba oleh setiap masyarakat. Ada dua jenis domba lokal yang cukup populer, yaitu domba ekor tipis dan domba ekor tebal. Domba ekor tipis memiliki bentuk ekor yang kecil dan cukup tipis dengan bobot tubuh mencapai 25-30 kg. Kemudian bentuk telinga domba ekor tipis lebar dan mengarah ke bawah. Jenis domba jantan memiliki tanduk dan betina tidak memiliki tanduk. Domba ekor tipis memiliki warna biru putih, hitam, cokelat dan kombinasinya.

Domba lokal ekor tebal memiliki ciri-ciri ekor yang tebal dan membentuk segitiga. Jenis domba ini memiliki bobot yang mencapai 35-45 kg. Bentuk telinganya lebar dan mengarah ke samping. Domba ekor tebal jenis jantan dan betina tidak memiliki tanduk. Kemudian domba ekor tebal ini memiliki warna bulu dominan putih.

Baca Juga: Jual Domba Murah Klaten dan Proses Pembuatan Wol dari Bulu Ternak Domba

Jenis domba berikutnya adalah domba silangan, dimana jenis ini terdiri dari:

Domba Garut

Jenis domba garut adalah silangan segitiga dari domba lokal, domba merino dan domba dari Afrika Selatan. Dimana persilangan tersebut menghasilkan domba yang memiliki postur gagah. Jenis domba Garut ini dibudidayakan sebagai domba aduan.

Domba Merino

Domba jenis ini berasal dari Spanyol. Bobot tubuh domba jantan bisa mencapai 70 kg, dan betina 40 kg. Dimana tubuhnya ditutupi wool yang tebal dan jenis domba jantannya memiliki tanduk panjang yang melingkar.

Domba Texel

Jenis domba texel ini didatangkan dari Belanda, dan banyak dikembangkan di daerah pegunungan Wonosobo, Jawa tengah. Jenis domba ini memiliki ciri-ciri bulunya yang tebal, keriting, halus dan berwarna putih. Kemudian warna hidung dan kukunya hitam, dengan telinga kecil yang mengarah ke samping. Bobot jenis domba ini bisa mencapai 130 kg.

Domba Batur

Jenis domba batur adalah hasil silangan domba tapos. Dimana jenis domba ini banyak dibudidayakan di daerah Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Dengan ciri-ciri bulunya yang tebal, domba ini bisa menghasilkan 1 kg bulu setiap ekornya. Bobot yang dimilikinya berkisar 80-150 kg. Jenis domba silangan ini biasanya hanya cocok pada daerah yang memiliki hawa sejuk dengan suhu rata-rata dibawah 18oC.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *