Categories
Artikel

Jual Domba Murah Yogyakarta dan Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Domba Ternak Bunting

Jual Domba Murah Yogyakarta -Keberhasilan ternak domba dipengaruhi oleh faktor perawatan dan pemeliharaan yang dilakukan. Ketika anda mengembangbiakkan domba ternak, maka anda harus melakukan langkah perawatan yang tepat. Agar anak domba yang dikandung oleh domba betina bisa lahir dengan selamat dan dalam keadaan yang kuat dan sehat, maka anda harus memberikan perhatian ekstra. Domba betina yang sedang bunting harus memperoleh perhatian baik dari segi kesehatan maupun gizi yang dibutuhkan.

Sebaiknya domba betina yang sudah dikawinkan dipisahkan dari domba jantan ketika sudah menunjukkan tanda-tanda bunting. Hal ini dilakukan untuk menghindari munculnya sifat agresif dari domba jantan yang ingin mengawini domba betina lagi. Ketika domba betina sudah mulai bunting, maka proporsi pakan yang diberikan juga perlu untuk diatur. Domba betina yang sudah mulai bunting sebaiknya tidak diberi proporsi pakan yang berlebihan. Karena pemberian pakan yang berlebihan justru bisa membuat induk domba menjadi gemuk. Hal ini juga bisa membuat janin domba menjadi lebih besar sehingga akan menyusahkan pada saat proses melahirkan.

Pemberian pakan untuk domba betina yang bunting bisa dilakukan dengan memberi makan berkualitas yang memenuhi nutrisinya dengan cukup. Ketika domba betina sudah melahirkan atau sedang dalam masa menyusui, barulah anda bisa memberikan pakan yang banyak dan berkualitas untuk domba. Karena domba betina perlu untuk memberikan susu pada anak domba, sehingga domba betina membutuhkan pakan bergizi. Bisa dikatakan, bahwa lebih baik anda membesarkan anak domba di luar kandungan. Ini akan lebih baik dibandingkan dengan membesarkan janin domba yang masih berada dalam kandungan.

Baca Juga: Jual Domba Murah Klaten dan Kemungkinan Penyakit yang Menyerang Anakan Domba Ternak

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan terutama terkait dengan perawatan domba betina yang sedang bunting yaitu:

Pemberian Pakan

Pada tahap perawatan dan perawatan domba betina yang sedang bunting, maka peternak perlu untuk memahami bahwa anak di dalam kandungan merupakan bagian dari tubuh induk. Dalam masa atau periode kehamilan domba tiga bulan yang pertama, maka pertumbuhan janin domba masih agak lambat. Oleh karena itu, jumlah kebutuhan pakan yang diperlukan untuk anak di dalam kandungan juga belum begitu banyak. Pemeliharaan induk domba pada masa-masa kebuntingan tiga bulan pertama ini yang paling penting adalah dengan menjaga kondisi induk domba sebaik mungkin. Terutama untuk mempertahankan berat badan induk domba agar tidak mengalami penurunan berat badan.

Sekitar waktu 4—6 minggu sebelum melahirkan, pertumbuhan janin domba akan berlangsung sangat cepat. Oleh karena itu, induk domba perlu untuk diberi pakan dengan kandungan protein, vitamin, dan mineral yang cukup. Bahan pakan yang diberikan dapat berupa campuran rumput dan leguminosa serta konsentrat. Pakan ini ditambah dengan suplemen tambahan seperti protein dan mineral. Molase juga perlu untuk diberikan sebagai pengganti pakan berbutir karena mudah untuk dicerna. Pemberian pakan yang baik akan sangat memengaruhi produksi air susu induknya, serta kondisi kuat dan sehat dari anak yang dilahirkan dengan bobot yang normal.

Latihan Fisik

Untuk menjaga agar induk domba yang bunting mampu bertahan dengan kondisi yang sehat dan kuat serta badan yang tidak terlampau gemuk, latihan fisik dibutuhkan. Anda sebagai peternak harus memberikan induk domba kesempatan untuk melatih otot-otot pada badannya. Latihan fisik ini bisa dilakukan dengan cara melepaskan domba betina yang bunting di lapangan penggembalaan setiap hari. Tujuannya agar induk domba bisa berjalan dan melakukan gerakan fisik yang akan membuat peredaran darah berjalan lancar serta mengurangi kegemukan.

Penyediaan Kandang Khusus

Dua bulan sebelum induk domba melahirkan, maka induk domba harus dipindahkan ke kandang khusus untuk proses kelahiran anak domba. Kandang khusus yang digunakan untuk proses bersalin induk domba ini akan membuatnya lebih nyaman dan tidak terganggu. Terutama bagi induk domba yang tidak akan terkena benturan akibat perkelahian. Langkah ini dibutuhkan untuk membuat induk domba merasa nyaman dalam menghadapi proses kelahiran anak domba.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba yang jual domba murah Yogyakarta dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *