Categories
Artikel

Jual Domba Murah Yogyakarta dan Gangguan Toksemia serta Hypomagnesaemia

Jual Domba Murah Yogyakarta – Peternak domba memiliki kewajiban serta tanggungjawab dalam menjaga kondisi kesehatan domba ternaknya secara maksimal. Peternak berkewajiban untuk bisa segera mengidentifikasi domba yang sakit atau terluka. Mereka juga bertanggungjawab untuk segera memberikan perawatan yang sesuai agar kondisi domba bisa segera pulih. Dibutuhkan adanya keahlian, pengalaman dan komitmen yang cukup baik bagi peternak domba untuk bisa mendeteksi penyakit yang mungkin dialami oleh domba ternak.

Ada banyak sekali jenis penyakit yang bisa saja menyerang domba ternak anda. Seperti toksemia yang umumnya terjadi pada domba, yang bisa disebabkan oleh toksin Clostridium novyi Tipe B yang diproduksi di jaringan hati yang rusak. Meskipun setiap proses nekrotik di hati dapat menstimulasi bakteri untuk berkembang biak, wabah penyakit ini biasanya dipicu oleh invasi ke hati oleh toksin. Kadang-kadang kondisi ini juga dikaitkan dengan perubahan makanan yang menghasilkan kerusakan hati yang memungkinkan masuknya Clostridia. Toksin yang menjadi penyebab C. novyi, kebanyakan ditemukan di tanah, terutama di dataran rendah, dan di padang rumput.

Toksemia bisa terjadi pada peternakan di perbukitan dan dataran rendah yang terinfeksi oleh bakteri. Kasus ini biasanya terjadi beriringan dengan infeksi cacing hati akut. Domba dewasa akan lebih rentan untuk terinfeksi penyakit ini. Bahkan setelah peternakan terinfeksi penyakit ini biasanya akan terulang lagi di tahun-tahun berikutnya. Infeksi dari penyakit ini bisa terjadi secara singkat dan hewan yang terkena biasanya ditemukan mati tanpa menunjukkan tanda-tanda penyakit. Hewan yang terkena penyakit ini akan nampak lesu dan seolah-olah tertidur, tapi menunjukkan kedutan pada mata dan telinga. Secara bertahap kondisi tersebut akan menuju koma dan kematian yang bisa terjadi dalam beberapa jam setelah penyakit ini menginfeksi.

Hewan yang terkena tidak diobati karena penyakitnya berjalan sangat cepat sehingga biasanya tidak ada waktu untuk pengobatan yang efektif. Ketika penyakit terjadi, disarankan untuk mengobati semua domba dengan triklabendazol untuk menghilangkan infeksi. Pengendaliannya adalah dengan vaksinasi tahunan untuk semua bibit dengan vaksin klostridial multivalen.

Baca Juga: Jual Domba Murah Klaten dan Manfaat Mencukur Bulu Domba Ternak Sebelum Beranak

Kondisi lainnya yaitu hypomagnesaemia yang merupakan suatu kondisi yang mengakibatkan kematian mendadak pada domba. Pada waktu-waktu tertentu dalam setahun padang rumput mungkin mengandung magnesium yang tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan domba ternak. Sehingga kondisi dimana domba ternak kekurangan nutrisi bisa saja terjadi. Tuntutan laktasi dalam kombinasi dengan kadar magnesium padang rumput yang rendah dapat mengakibatkan penurunan kadar magnesium serum. Rumput, terutama saat tumbuh dengan cepat, mungkin mengandung beberapa faktor yang mengganggu pengambilan magnesium dari usus. Timbulnya penyakit klinis sering dikaitkan dengan cuaca dingin dan basah yang tiba-tiba.

Hipomagnesemia pada dasarnya adalah penyakit masa beranak dan terjadi pada domba betina dalam sebulan sebelum atau sesudah beranak, kejadian tertinggi terjadi setelah nifas. Hal ini sangat umum terjadi pada domba betina. Mayoritas kasus ini muncul sebagai kematian mendadak. Hewan yang diamati pada tahap awal penyakit menunjukkan kewaspadaan disertai kegugupan dan kegelisahan. Saat kondisi penyakit ini meningkat, hewan yang terkena akan berjalan dengan tidak stabil, terhuyung-huyung dengan kepala terangkat tinggi dan tampak buta. 

Dalam pengobatan, bisa diberikan magnesium melalui injeksi dalam bentuk larutan magnesium sulfat, larutan ini diberikan secara subkutan. Insiden penyakit dapat dikurangi secara signifikan dengan penggunaan suplemen magnesium dalam bentuk bolus rumen atau sebagai suplemen kaya magnesium yang dapat dicampur dengan konsentrat. Langkah yang tepat dan pengawasan kesehatan domba ternak yang baik, akan menghasilkan hasil yang lebih optimal.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *