Categories
Artikel

Jual Domba Murah Surakarta dan Tips Manajemen Ternak Domba yang Baik

Jual Domba Murah Surakarta – Usaha untuk ternak domba mampu memberikan keuntungan apabila dilakukan dengan tepat. Untuk itu, sebagai peternak anda harus memiliki bekal pengetahuan yang cukup baik dalam mengelola ternak anda. Bagaimana pemberian pakan yang baik, apa saja yang harus dilakukan agar ternak tumbuh sehat dan kuat sangatlah penting untuk diketahui. Keberhasilan peternakan tidak terlepas dari penerapan manajemen ternak yang baik. Maka dari itu, anda harus menerapkan manajemen serta tatanan peternakan yang cukup baik.

Melalui manajemen yang baik, maka domba ternak akan lebih nyaman dan tidak stress. Dengan memperhatikan pemberian nutrisi, dan perawatan kesehatan yang tepat maka domba ternak akan sehat dan kuat. Amati keadaan domba ternak anda setiap hari dengan melihat perilaku dan gerakannya. Perhatikan apakah ada yang pincang ataupun mengalami gangguan lainnya. Fasilitas kandang harus terjaga kebersihannya agar domba tidak mudah terserang penyakit. Berikan ruang yang cukup untuk setiap domba ternak berdasarkan ukuran, ras, dan rekomendasi lainnya.

Gembalakan domba ternak anda di padang rumput agar bisa memperoleh tambahan nutrisi dan menggerakkan tubuhnya. Hal ini tidak hanya untuk bisa memperoleh asupan nutrisi dari rumput segar, namun juga sebagai sarana untuk domba bisa berolahraga. Kegiatan ini sangat penting untuk menjaga tubuh domba agar tetap kuat dan sehat. Dengan penggembalaan rutin, domba akan menggerakkan tubuhnya sehingga memperkuat otot dan menjaga daya tahan tubuhnya.

Dalam merencanakan pembibitan domba betina perlu untuk dilakukan berdasarkan kriteria dan waktu yang tepat. Domba betina yang bunting harus diberikan nutrisi yang cukup dan perawatan ekstra. Ketika anak domba lahir, biarkan untuk mendapatkan gizi dengan menyusu pada induknya. Sebaiknya anda menyapih anak domba pada usia sekitar 60 hingga 80 hari. Domba yang sudah disapih harus diberi pakan serat berkualitas rendah, mengurangi asupan air dan tidak memberikan konsentrat (biji-bijian). Evaluasi domba betina dengan memperhatikan kondisi tubuh dua bulan sebelum berkembang biak dan sesuaikan pemberian makan yang sesuai.

Baca Juga: Jual Domba Murah Solo dan Bagaimana Merawat Ternak Domba yang Baik

Untuk menjaga kesehatan domba ternak, perlu dilakukan pembersihan kandang secara rutin. Tidak hanya kandang, domba juga perlu dibersihkan agar terhindar dari penyakit seperti kudis, jamur dan lainnya. Setidaknya anda perlu untuk memandikan domba seminggu sekali agar bulu dan kulit domba terjaga kebersihannya. Selain memandikan domba ternak, anak juga perlu untuk melakukan pengecekan kesehatan domba dengan rutin. Sediakan kandang karantina untuk domba yang sedang sakit, sehingga tidak menular pada kawanan lainnya. Selain itu, anda juga perlu melakukan vaksinasi untuk mencegah munculnya penyakit. Vaksinasi yang bisa dilakukan diantaranya:

  • Vaksinasi domba untuk CD-T (penyakit clostridia, termasuk tetanus) dua kali, dengan jarak 21 hingga 28 hari
  • Vaksinasi domba dengan penguat CD-T setiap tahun
  • Vaksinasi dengan antitoksin tetanus sebelum operasi apapun.

Memotong kuku domba dewasa satu atau dua kali setiap tahun, juga perlu dilakukan untuk mencegah timbulnya parasit dan jamur yang bisa berakibat pada infeksi. cuci kaki domba dengan larutan pembersih setiap minggu agar terhindar dari kotoran dan bakteri yang mungkin menempel selama penggembalaan. Gunakan wol sampah atau serutan di rendaman kaki untuk meminimalkan percikan larutan. Lindungi mata Anda dengan menggunakan kacamata pengaman saat mencampurkan larutan rendaman kaki.

Pemberian nutrisi untuk domba ternak juga sangat penting. Anda perlu menyediakan mineral yang diformulasikan untuk pakan domba yang baik. Dalam hal ini, selenium harus disediakan. Kemudian sediakan serat yang memadai seperti jerami, silase atau rumput segar. Berikan nutrisi yang cukup seperti rumput, hijauan atau biji-bijian berkualitas tinggi untuk induk betina selama sepertiga terakhir masa gestasio dan sampai dombanya disapih.

Pencukuran bulu domba perlu dilakukan untuk menjaga kulit terhindar dari iritasi yang mungkin terjadi. Ana bisa mencukur bulu domba ternak setidaknya sekali dalam setahun. Siapkan peralatan shearer untuk mendisinfeksi, kabel listrik, pemotong, dan sisir sebelum memotong. Jauhkan domba dari pakan selama 12 jam sebelum pencukuran. Jika Anda melihat ada gumpalan pada domba saat mencukur, pastikan untuk mendisinfeksi alat pemotong bulu domba terlebih dahulu. Benjolan dapat mengindikasikan Caseous Lymphadenitis (CL), infeksi bakteri yang menular.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera kunjungi doazfarm.com untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *