Categories
Artikel

Jual Domba Murah Surakarta dan Penyakit Orf yang Menginfeksi Domba

Jual Domba Murah Surakarta -Ada berbagai macam penyakit yang umum pada domba ternak. Semua peternak pasti ingin agar ternaknya tidak terserang penyakit. Meski begitu ada berbagai faktor yang bisa menjadi pemicu munculnya penyakit pada domba ternak. Untuk itu, sebagai peternak anda harus tahu dan siap untuk mengantisipasi berbagai kondisi tersebut.

Semua jenis domba dan populasinya tersebar merata hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia. Baik dalam jumlah besar maupun kecil, beternak domba dapat bermanfaat bagi anda. Bahkan saat ini banyak orang yang mula menaruh minat untuk beternak domba. Peternakan domba menguntungkan karena potensi yang dimilikinya. Untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal, anda perlu meminimalkan risiko yang mungkin muncul seperti serangan penyakit orf.  Sangat penting bagi peternak untuk mengetahui pengelolaan ternak serta perawatan domba yang tepat. Termasuk masalah infeksi penyakit orf pada domba, sebagaimana berikut ini.

Orf adalah Penyakit domba yang disebabkan oleh virus. Infeksi virus yang menyebabkan orf umumnya menyebabkan koreng pada mulut domba dan lidah menjadi biru. Gejala yang mungkin dialami domba yang terkena orf adalah kulit domba yang mulai melepuh terutama pada area mulut dan wajah. Karena penyakit orf ini sering menyerang bagian mulut domba, maka lepuhan yang berada di sekitar mulut domba bisa memengaruhi nafsu makan domba. Virus yang menyebabkan orf dan menginfeksi domba dapat menular dan memiliki sifat zoonosis. Dimana virus tersebut juga dapat menyerang dan menular pada manusia. Jadi, anda sebagai peternak harus cukup waspada terhadap infeksi virus tersebut.

Jika serangan virus yang menyebabkan orf terjadi di mulut domba, maka domba ternak anda akan mengalami kesulitan untuk makan. Domba akan mulai kehilangan nafsu makan sehingga berat badannya menurun secara signifikan hingga menjadi kurus. Domba yang kurus tentu tidak laku untuk di jual, sehingga peternak bisa mengalami penurunan penjualan. Tentu hal tersebut bisa merugikan bagi para peternak khususnya mereka yang menghasilkan daging.

Baca Juga: Jual Domba Murah Solo dan Hal untuk Diperhatikan Ketika Ternak Domba

Sangat penting bagi setiap peternak untuk mengenali gejala orf sedini mungkin dan melakukan tindakan pencegahan infeksi virus tersebut. Gejala pertama yang ditimbulkan orf ini adalah munculnya bintik-bintik merah pada kulit domba, biasanya berada di pangkal bibir. Bintik merah yang muncul tersebut akan menjadi vesikula secara bertahap. Dalam istilah medis, vesikula bisa diartikan sebagai lepuhan dan kulit yang berisi cairan atau nanah. Biasanya aka nada serpihan kulit domba yang memiliki cairan yang berubah menjadi pustula. Kemudian pustula tersebut ada yang melepuh dan isinya sudah berupa nanah. Jika penyakit sudah sampai pada tahap ini biasanya kulit akan menjadi berkerak dan kaku sehingga menyulitkan domba untuk makan.

Jika kondisi penyakit ini menyebar maka bisa menyebabkan area kerak menjadi lebih luas. Bagian tubuh domba yang seringkali diserang infeksi virus orf ini adalah mulut, wajah, perut, kaki, kantung testis, ambing, puting susu, dan bagian vulva. Tingkat keparahan dari infeksi penyakit ini bisa terjadi dari tingkat kecil hingga fatal. Tingkat keparahan dari wabah virus orf ini antara 2,2  hingga 100%. Jadi bisa dikatakan bahwa domba kemungkinan besar domba masih memiliki kemungkinan untuk bisa pulih. Domba ternak bisa disembuhkan sehingga kebal terhadap virus ini. Kekebalan ini membutuhkan waktu sekitar 1 tahun setelah domba pulih melalui proses vaksinasi rutin.

Penyakit orf ini dapat ditularkan dari domba yang sakit ke domba lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara tidak langsung penyakit ini akan menular karena kontak antara domba yang sehat dengan bahan, alat atau lingkungan yang terkontaminasi oleh virus orf. Proses masuk ya virus orf ke dalam tubuh domba adalah melalui luka kecil seperti goresan yang terjadi pada kulit akibat rumput tajam, duri atau luka akibat hal lain.

Tindakan yang efektif adalah dengan mencegah dan memberikan vaksinasi pada domba yang sehat. Domba sehat dan domba yang terinfeksi orf dapat diberikan antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder. Domba juga perlu untuk diberikan multivitamin untuk menjaga kondisi tubuhnya. Pada kulit yang terinfeksi, dapat diberikan salep pelembut untuk membantu mulut domba agar tidak terlalu sakit pada waktu makan.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba yang jual domba murah Surakarta dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *