Categories
Artikel

Jual Domba Murah Surakarta dan Penerapan Manajemen Usaha Ternak Domba yang Baik

Jual Domba Murah Surakarta – Ternak merupakan usaha yang memiliki potensi menguntungkan. Banyak orang yang mulai mengembangkan usaha ternak khususnya di wilayah pedesaan. Agar domba ternak anda tidak mudah terserang penyakit, tentu anda harus memastikan untuk menerapkan cara merawat kesehatan domba dengan baik. Seperti yang diketahui, domba merupakan salah satu jenis hewan yang sering untuk dibudidayakan. Karena domba bisa dimanfaatkan, baik itu dagingnya, bulunya, kulitnya, bahkan hingga kotorannya. Tidak hanya itu, ada pula domba yang dipelihara untuk kontes aduan.

Dalam pemeliharaan domba sendiri bisa dikatakan cukup mudah namun juga bisa sulit. Apabila anda salah dalam perawatan domba maka besar kemungkinan domba akan mudah sakit atau tidak bisa tumbuh dan berkembang secara sempurna. Ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan dalam kaitannya dengan perawatan domba ternak anda. Hal ini bisa meliputi pemberian pakan, kondisi kandang dan lingkungan hingga kebersihan domba ternak itu sendiri.

Pemberian pakan dan minum termasuk adalah yang penting dan harus diperhatikan dengan baik. Seperti yang diketahui, bahwa makanan pokok domba adalah rerumputan yang dibutuhkan domba untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Dalam memberikan pakan ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pakan domba ternak tidak hanya bergantung pada rerumputan, anda sebaiknya juga memberikan domba pakan jenis lainnya seperti konsentrat. Selain pakan, air minum juga penting untuk diberikan pada domba dan perlu diperhatikan dengan baik. Anda perlu untuk memastikan bahwa air minum yang diberikan dalam kondisi yang bersih sehingga tidak mengganggu kesehatan domba. Dalam satu hari satu ekor domba dewasa setidaknya membutuhkan air minum sebanyak 1,5-2.5 liter.

Selain memperhatikan pemberian pakan dan juga minum untuk domba ternak anda, menjaga kebersihan domba juga dibutuhkan. Langkah yang bisa digunakan untuk menjaga kebersihan domba yaitu dengan memandikan domba ternak anda secara rutin. Memandikan domba tidak hanya bertujuan untuk membersihkannya namun juga meningkatkan kesehatan domba dan menambah nilai jualnya. Perlu untuk diingat, bahwa memandikan domba ternak anda sebaiknya dilakukan setidaknya 2 kali dalam sebulan. Dengan memandikan domba ternak anda secara rutin, maka bisa mengantisipasi kuman, parasit, dan juga jamur yang mungkin bersarang pada tubuhnya. Selain itu, domba yang bersih akan terlihat lebih sehat dan juga segar, sehingga menaikkan harga jualnya.

Baca Juga: Jual Domba Murah Solo dan Mengenal Potensi Usaha Ternak Domba Ekor Tipis

Tidak hanya menjaga kebersihan domba, pengendalian penyakit yang mungkin menyerang domba juga sangat dibutuhkan. Domba ternak anda memiliki kemungkinan terserang penyakit yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Penyakit yang seringkali dijumpai pada domba ternak seperti kembung, cacingan, pink eye, orf dan masih banyak lagi. Domba ternak juga memiliki kemungkinan mengalami masalah keracunan makanan terutama untuk domba yang di angon. Untuk bisa mengendalikan beberapa kemungkinan munculnya penyakit tersebut, penting sekali untuk melakukan manajemen kesehatan dengan baik dan tepat. Seperti diantaranya memberikan vaksin, vitamin dan antibiotik secara rutin untuk domba.

Perawatan domba ternak selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu pemotongan kuku domba anda. Pemotongan kuku domba bisa dilakukan untuk jenis domba ternak yang sering dikandangkan. Karena domba yang dikandangkan umumnya memiliki pertumbuhan kuku yang lebih cepat dibandingkan dengan domba yang diangonkan. Penting sekali untuk diketahui bahwa kuku domba yang terlalu panjang bisa memicu munculnya risiko berbagai penyakit seperti kuku busuk. Beberapa akibat dari masalah kuku domba yang terlalu panjang yaitu kesulitan dalam berjalan, mudah patah dan menyebabkan infeksi dan luka dan lain sebagainya.

Sebelum anda memulai ternak domba maka hal pertama yang perlu untuk diperhatikan agar ternak domba yang dijalankan bisa sukses yakni memastikan pemilihan bibit yang unggul. Dalam pemilihan bibit hal yang paling utama yaitu kesehatan dan juga peranakan dari domba bersangkutan. Bibit domba yang anda pilih akan berpengaruh besar terhadap hasil peternakan anda. Dimana kaitannya dengan hal ini bibit domba jantan yang unggul dibutuhkan. Pilihlah domba dengan tubuh fisik yang sehat, bentuk tubuhnya yang cukup panjang, bentuk kaki yang kompak dan juga lurus. Selain itu penting untuk memastikan bahwa fisik tubuh dari domba yang akan dibeli tidaklah cacat.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga  tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm tempat jual domba murah Surakarta. Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.