Categories
Artikel

Jual Domba Murah Surakarta dan Pelajari Penyakit Non Infeksi yang Bisa Menyerang Domba Ternak

Jual Domba Murah Surakarta – Dalam beternak domba, peternak tentunya harus mengenal penyakit yang sering menyerang domba. Serangan penyakit tersebut bisa ringan, tapi ada juga yang bisa menyebabkan kematian jika tidak segera dikenali dan ditangani dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan adanya pemahaman yang baik untuk mengenal beberapa jenis penyakit yang sering menyerang domba. Apabila pada pembahasan sebelumnya, kita mengenal jenis penyakit karena infeksi, pada pembahasan kali ini akan dibahas penyakit non infeksi yang bisa menyerang domba ternak.

1.            Kembung

Kembung bisa terjadi ketika perut domba berisi banyak gas yang diakibatkan proses fermentasi yang berjalan cepat dan tidak dapat dikeluarkan domba dalam bentuk kentut. Akibat dari tingginya akumulasi gas yang ada didalam perut, maka dapat menekan organ di dalam tubuh yang lain dan menimbulkan rasa sakit. Hal tersebut akan mengakibatkan domba melakukan pernapasan dengan mulut terbuka akibat frekuensi pernapasan yang tinggi.

Gejala klinis yang bisa terlihat jelas adalah kondisi perut domba yang kian membesar atau membengkak. Perut domba yang terus membengkak tersebut terjadi akibat adanya penumpukan gas di dalam rumen. Rasa sakit yang timbul akibat perut kembung akan membuat domba mendengus dan menendang-nendang ke sisi kiri. Kemudian punggung domba juga akan membungkuk, serta pada saat berbaring domba akan kesulitan untuk bisa bangun kembali. Apabila kondisi ini tidak segera ditangani dengan baik, maka lama kelamaan bisa semakin parah dan menyebabkan kematian.

2.            Cacingan

Penyakit non infeksi yang sering dialami oleh domba lainnya adalah cacingan. Dimana kondisi ini bisa dipengaruhi oleh serangan cacing yang terdapat pada pakan. Cacing-cacing tersebut akan hidup sebagai parasit pada saluran pencernaan domba dengan melekat pada selaput usus. Cacing tersebut akan menghisap sari makanan, cairan tubuh, darah domba ternak anda. Bahkan, mereka juga akan mengeluarkan racun yang bisa menyebabkan domba menjadi lemah, lesu dan tidak bisa gemuk meski makan banyak.

3.            Enterotoxemia

Kondisi enterotoxemia bisa terjadi karena makan biji-bijian yang berlebihan. Hal tersebut bisa mengakibatkan bakteri Clostridium Perfringens pada rumen menjadi lebih produktif karena tingkat keasamannya. Sehingga bisa menghasilkan racun yang dapat merugikan domba ternak anda. Gejalanya bisa ditandai dengan domba berkedut, demam hingga giginya bergemeretak dan perut yang bengkak.

Baca Juga: Jual Domba Murah Solo dan Kenali tentang Penyakit Domba Ternak Akibat Infeksi

4.            Diare atau Mencret

Diare atau mencret biasa terjadi karena adanya gangguan pada saluran pencernaan. Gangguan tersebut bisa disebabkan oleh bakteri, makanan yang rusak, serta lingkungan atau udara yang dingin. Kondisi ini ditandai dengan domba yang nampak lesu, lemah dan juga pucat. Kotoran domba akan berwarna hijau muda, hijau mengkilap, hijau kekuningan, hijau kemerahan atau bahkan hijau kehitaman.

5.            Keracunan

Keracunan umumnya bisa terjadi karena domba mengonsumsi pakan hijauan yang mengandung racun atau keracunan oleh insektisida. Kondisi ini bisa semakin parah dan menyebabkan kematian yang mendadak.

6.            Pneumonia

Pada umumnya, kondisi pneumonia disebabkan oleh keadaan udara yang lembap, dingin dan kotor. Serta domba ternak yang tidak dipelihara dan dijaga dengan baik. Gejalanya yang bisa timbul adalah domba yang sulit bernafas, nafsu makan hilang, sering batuk dan juga demam. 

7.            Konstipasi atau Sembelit

Terjadinya kelainan pada sistem pencernaan domba ternak anda bisa menyebabkan pengerasan feses atau tinja yang berlebihan. Hal ini bisa berakibat pada sulitnya feses untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *