Categories
Artikel

Jual Domba Murah Surakarta dan Manajemen Ternak yang Perlu Diterapkan untuk Usaha Ternak Domba

Jual Domba Murah Surakarta – Usaha ternak domba adalah alternatif untuk memulai usaha ternak yang cukup sering dipelihara oleh banyak masyarakat. Domba sendiri termasuk jenis hewan ternak yang cukup mudah untuk dikembangbiakkan. Selain itu, domba juga merupakan hewan ternak yang penurut, tenang, jarang bersuara, dan penggembalaannya juga sangat mudah. Domba juga sangat tenang ketika disatukan dalam satu kandang, dimana para domba dapat bersosialisasi dengan baik. Hal-hal tersebut tentunya menawarkan manfaat yang menguntungkan bagi anda.

Supaya usaha ternak domba yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan keuntungan yang maksimal, maka diperlukan pengetahuan tentang manajemen usaha yang baik. Manajemen usaha yang diterapkan pada peternakan domba akan sangat bermanfaat untuk meminimalkan kemungkinan munculnya masalah atau kendala selama usaha ternak anda berjalan. Maka dengan begitu, peternakan domba yang dijalankan akan terus berkembang dengan baik tanpa adanya hambatan yang berarti. Manajemen yang diperlukan dalam usaha ternak domba meliputi semua hal yang berhubungan dengan peternakan. Manajemen tersebut bisa meliputi hal-hal berikut ini:

  • Pemodalan

Modal untuk usaha ternak bisa diperoleh dari dana pribadi, modal patungan, atau sumber lainnya. Apabila anda hendak memulai usaha ternak domba dengan modal sendiri namun masih terbatas, maka anda bisa memulainya dengan skala kecil. Dimana anda bisa memulai usaha ternak dengan skala kecil sesuai pemodalan anda dan dijalankan sampai beberapa periode. Ketika usaha ternak domba berjalan dan mulai berkembang dengan baik, anda mengembangkan usaha ternak dengan menambahkan modal dari pihak lain.

  • Manajemen produksi

Dalam manajemen produksi bergantung pada jenis usaha ternak yang akan dijalankan. Seperti usaha ternak untuk pembibitan atau penggemukan domba, atau bahkan keduanya. Pada pembibitan domba, manajemen produksi bisa dimulai dengan pemilihan indukan dan pejantan, pola pembibitan atau perawatan indukan, hingga pada proses melahirkan. Hal tersebut perlu untuk diperhatikan dengan baik agar usaha ternak bisa berjalan dengan lancar.

Sedangkan untuk manajemen produksi pada usaha ternak penggemukan domba, maka pemilihan bakalan yang berkualitas untuk digemukkan merupakan hal penting. Pemilihan bakalan yang bagus sangat diperlukan hingga waktu yang tepat untuk memulai usaha penggemukan ternak. Pemilihan bakalan yang tepat ditambah dengan pemberian pakan yang sesuai untuk penggemukan akan menghasilkan domba dengan bobot yang optimal.

Baca Juga: Jual Domba Murah Solo dan Ketahui Lebih Lanjut tentang Jenis Pakan untuk Ternak Domba

  • Pakan

Manajemen pemberian pakan untuk ternak domba akan memengaruhi hasil ternak domba yang akan dipanen nantinya. Dimana kualitas pakan alami dan konsentrat yang diberikan kepada domba ternak harus diperhatikan dengan baik. Pastikan bahwa kualitas pakan sesuai dengan kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh domba ternak. Jenis pakan alami berupa rerumputan dapat diberikan dalam kondisi segar setelah dicacah terlebih dahulu.

  • Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit untuk usaha ternak domba harus dilakukan dengan cermat agar bisa mendapatkan bibit domba yang unggul dan berkualitas. Usahakan untuk memilih betina yang memiliki tubuh besar, kompak, dan berdada dalam lebar. Selain itu, perhatikan garis punggung dan pinggang domba tersebut yang lurus. Bibit betina yang baik memiliki kaki lurus dengan tumit tinggi, memiliki gigi yang lengkap baik rahang atas maupun bawah yang rata. Sedangkan untuk domba pejantan, pilihlah domba yang bertubuh besar, panjang, dan bagian belakang lebih besar serta lebih tinggi. Dada yang lebar, kondisi tubuh ideal, tidak terlalu gemuk, dan gagah adalah ciri domba pejantan yang bagus. Selain itu, perhatikan kondisi hewan yang masih aktif dan memiliki birahi tinggi.

  • Pembuatan kandang

Kandang sebagai rumah ternak domba tentu harus dibuat sesuai standar mutu yang baik sehingga domba merasa nyaman. Kandang tersebut bisa dibuat berbentuk panggung dengan bahan bambu atau kayu yang cukup kuat dengan arah berjajar dari depan maupun ke belakang. Berikanlah sela-sela pada lantai kandang selebar 1,2 cm sebagai lubang untuk kotoran keluar dan kaki domba tidak mudah terperosok. Selain itu, anda juga perlu menyediakan lubang untuk menampung kotoran tepat di bawah kandang.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *