Categories
Artikel

Jual Domba Murah Surakarta dan Langkah yang Dibutuhkan Dalam Penggemukan Ternak Domba

Jual Domba Murah Surakarta – Usaha  ternak semakin populer di kalangan masyarakat luas. Salah satu hewan ternak yang diminati oleh banyak orang yaitu domba. Dimana dalam beternak domba hampir setiap peternak  mengambil daging domba untuk dipasarkan. Dalam hal ini, terdapat beberapa hal penting yang perlu untuk diperhatikan dalam menjalankan usaha ternak domba agar berhasil dan sukses. Diantaranya adalah memilih jenis indukan, lokasi dan struktur kandang, serta kebutuhan pakan dan perawatan yang baik. Dimana hal-hal tersebut saling berkaitan satu sama lain dalam terselenggaranya tujuan ternak menguntungkan yang diinginkan.

Salah satu hal yang akan menentukan hasil perolehan dalam keberhasilan ternak adalah kebutuhan pakan yang tercukupi. Efisiensi dalam pemberian pakan kepada hewan ternak, menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dimana manajemen yang diterapkan dalam pemberian pakan yang baik berpengaruh terhadap hasil produk ternak yang akan diperoleh. Pemenuhan kebutuhan pakan ternak ini menjadi prioritas utama yang harus dilakukan agar tingkat produktivitas bisa optimal, sehingga bisa mendapatkan keuntungan. Kebutuhan nutrisi ternak yang tidak tercukupi dengan baik dalam hal kualitas maupun kuantitasnya akan mempengaruhi tingkat produktivitas ternak yang menurun dan buruk.

Konsumsi pakan ternak dan kebutuhan nutrisi ternak dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut seperti berat badan, status fisiologis, kesehatan ternak, lingkungan, keadaan kandang, kondisi pakan serta metode pemberian pakan yang dilakukan. Bahan yang umumnya digunakan sebagai pakan ternak domba terdiri dari hijauan, konsentrat, pakan suplemen, dan pakan tambahan lainnya. Hijau-hijauan pakan yang dimaksud bisa berupa rumput hijau segar, ataupun rumput hijau yang sudah diolah menjadi silase. Sedangkan untuk pakan konsentrat berasal dari biji-bijian dan limbahnya seperti jagung, gandum, sorgum, gaplek, padi, dedak dan lain sebagainya.

Limbah agro industri juga bisa dijadikan sumber bahan pakan konsentrat untuk ternak domba. Dimana limbah tersebut berupa bungkil kedelai, bungkil kacang, bungkil inti sawit, bungkil kelapa, tepung ikang, telung tulang, limbah industri minyak sawit, dan lain sebagainya. Konsentrat yang diperlukan untuk ternak domba umumnya memiliki kandungan serat yang kasar kurang dari 18%, dan mudah untuk dicerna. Sedangkan untuk bahan pakan suplemen, merupakan sumber mikronutrien seperti mineral, vitamin, dan asam amino dengan jumlah yang cukup sesuai kebutuhan. Bahan pakan suplemen dapat diberikan dalam bentuk premix. Terakhir adalah pakan tambahan yang merupakan pakan aditif berupa bahan alami maupun buatan, seperti probiotik, enzim, anti jamur atau antibiotik.

Baca Juga: Jual Domba Murah Solo dan Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan Kandang Ternak Domba

Dalam program penggemukan domba, anda bisa melakukan beberapa tahap yang diperlukan. Dimana sistem penggemukan tersebut dibagi menjadi tiga metode sebagaimana berikut:

  • Dry lot fattening

Domba yang akan digemukkan biasanya ditempatkan di dalam kandang sepanjang waktu. Kemudian, pakan akan diberikan kepada domba di dalam kandang secara teratur.

  • Pasture fattening

Pada metode ini, domba akan digembalakan di padang penggembalaan sepanjang waktu. Kandang ternak domba hanya berfungsi sebagai tempat berteduh pada malam hari atau pada waktu matahari bersinar sangat terik saja. Seluruh kebutuhan pakan domba didapat dari hijauan yang ada di padang pengembalaan.

  • Kombinasi antara dry lot fattening dan pasture fattening

Terdapat dua cara dalam metode penggemukan ini yaitu dengan menggembalakan domba pada musim hujan saat rumput tumbuh subur dan mengandangkannya ketika musim kemarau tiba. Kemudian cara berikutnya adalah dengan menggembalakan domba pada pagi hingga sore hari, pada malam hari domba-domba dikandangkan.

Penggemukan domba adalah sebuah upaya yang diperlukan untuk memacu pertumbuhan domba sehingga diperoleh bobot domba yang optimal. Dalam prosesnya, penggemukan domba dapat dilakukan selama 3 bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pengelolaan yang baik akan memberikan anda hasil bobot domba yang optimal. Keberhasilan program penggemukan domba yang dilakukan bisa dilihat dari bobot hidup domba saat dipanen, tingkat kematian, dan kualitas daging yang dihasilkan.

Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *