Categories
Artikel

Jual Domba Murah Surakarta dan Kenali Jenis Domba Ekor Gemuk Untuk Ternak

Jual Domba Murah – Domba adalah salah satu hewan ternak yang memiliki harga jual cukup tinggi di pasaran. Oleh Karena itu, banyak orang yang beranggapan bahwa peluang usaha dengan beternak domba lebih menguntungkan. Karena  ternak domba memiliki banyak manfaat yang dapat diambil. Seperti misalnya kotoran domba yang dapat digunakan sebagai pupuk kandang, bulunya dapat digunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan baju dan dagingnya untuk dikonsumsi. Jenis domba yang dapat dipilih untuk dikembangbiakkan atau ternak, cukup banyak. Salah satunya adalah jenis domba kor gemuk.

Domba ekor gemuk seringkali dibudidayakan atau dijadikan sebagai hewan ternak. Domba ini merupakan salah satu jenis domba lokal yang cukup dikenal oleh masyarakat. Domba ekor gemuk memiliki ciri-ciri seperti ukuran badannya yang lebih besar daripada domba pada umumnya. Kemudian tekstur bulu yang dimilikinya lebih kasar dan ekor yang lebih panjang.  Selain itu, domba kor gemuk memiliki pangkal ekor yang lebih besar dengan timbunan lemak yang cukup banyak. Dimana hal tersebut akan sangat berguna pada waktu domba kekurangan makanan.

Domba ekor gemuk memiliki ciri khas bulu yang cukup kasar dan gembel. Jnis domba ekor gemuk jantan memiliki bobot 50-70 kg. Sedangkan untuk domba betina memiliki bobot 30-40 kg. Jenis domba ini dalam pengembangannya dapat ditemui di sepanjang pantai utara sebelah timur wilayah Indonesia meliputi Madura dan Jawa Timur, Lombok dan Sulawesi. Ternak domba ini lebih tepat sebagai ternak penghasil daging atau tipe potong. Dengan melakukan pemeliharaan secara intensif anda dapat memperoleh pertambahan berat badan antara 51-55 gram setiap harinya.

Jenis domba ini juga memiliki kemampuan untuk menimbun lemak pada pangkal ekornya. Bentuk badannya lebar, dengan bobot domba jantan mencapai 60 kg dan domba betina mencapai 50 kg. Ditinjau dari faktor genetiknya domba ekor gemuk memiliki tingkat produktivitas yang cukup tinggi. Dimana rataan performa reproduksi domba ini dapat meliputi angka kelahiran 156 %, fertilitas 75-80 %, dan panen cempe hingga 80 %.

Baca Juga: Jual Domba Murah Solo dan Keunggulan Domba Garut Sebagai Hewan Ternak

Tubuh domba ekor gemuk lebih besar daripada bentuk tubuh domba ekor tipis. Bahkan, domba ekor gemuk yang dengan jarak beranak 8 bulan dapat menghasilkan anak 2,3,4 ekor setiap tahunnya. Sedangkan untuk 100 ekor induk domba ini dapat menghasilkan 234 ekor cempe dalam satu tahun. Ternak domba ekor gemuk menawarkan beberapa keunggulan yang bisa anda nikmati. Beberapa keunggulan dalam beternak jenis domba ini diantaranya:

  • Dalam pemeliharaan domba ekor gemuk untuk ternak relatif lebih mudah untuk dilakukan. Karena sifat dari jenis domba ternak ini lebih suka untuk hidup berkelompok sehingga mudah dalam penggembalaannya.
  • Kemampuan merumput yang dimiliki domba ini lebih rajin dan tekun di padang penggembalaan.
  • Bulu domba yang dimiliki juga lebih tebal sehingga dapat membantu untuk menahan penguapan air dari tubuhnya. Selain itu, domba ini juga tahan terhadap panas dan kering sehingga lebih efisien dalam penggunaan air minum.
  • Kulit domba jenis ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dibandingkan dengan  jenis kulit dari hewan ternak kecil lainnya.
  • Kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan baru lebih mudah dan memiliki daya tahan terhadap penyakit yang lebih kuat.

Melalui penjelasan di atas, diketahui bahwa usaha ternak domba memiliki prospek yang cukup baik. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *