Categories
Artikel

Jual Domba Murah Surakarta dan Cara Mengawali Budidaya Domba Ternak

Jual Domba Murah Surakarta -Populernya usaha ternak domba, telah menumbuhkan minat banyak orang untuk memulai ternak domba. Seperti domba garut yang semakin ramai penjualannya di pasaran. Ini tentu akan membuat bisnis budidaya domba garut  menawarkan keuntungan yang menjanjikan. Bahkan, tidak sedikit peternak yang bisa memperoleh keuntungan yang cukup besar untuk satu domba garut dengan bobot dan bentuk yang proporsional. Untuk bisa memulai usaha budidaya ternak domba garut ini, anda tidak membutuhkan modal yang cukup besar, karena domba ini bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.

Langkah awal yang perlu untuk dilakukan sebelum anda beternak domba adalah dengan melakukan persiapan kandang untuk memelihara domba. Karena domba termasuk jenis hewan yang cukup sensitif, sehingga anda perlu untuk mengusahakan kandang yang bersih.  Kandang yang lebih tinggi juga diperlukan sehingga tidak berdampak oleh  banjir. Anda harus menyesuaikan ukuran kandang dengan jumlah ternak domba yang akan anda pelihara. Usahakan agar kandang domba ternak anda bisa mendapatkan pancaran sinar matahari dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Terkait dengan ukuran kandang yang digunakan untuk penggemukan dapat dibuat dengan ukuran 1 × 1 m. Kemudian untuk kandang indukan dengan ukuran 1,5 × 1 m, sedangkan anaknya memerlukan ukuran kandang 0,75 × 1 m. Dan untuk kandang pejantan anda membutuhkan ukuran 2 × 1,5 m. Baik kandang tunggal maupun koloni untuk budidaya ternak domba garut, harus dibuat dengan menggunakan material yang kokoh.

Salah satu keberhasilan dalam budidaya Domba Garut adalah pemilihan bibitnya yang berkualitas. Pilihlah domba yang akan di budidayakan dengan kriteria yang baik secara genetik. Budidaya domba ternak yang dilakukan bisa saja tidak berhasil apabila dalam pemilihan indukannya anda memilih indukan yang kurang berkualitas. Oleh karena itu, dalam proses pemilihan indukan domba ternak terlebih untuk budidaya domba garut, ada beberapa hal harus diperhatikan, yaitu:

  • Sehat dan tidak memiliki cacat fisik
  • Lincah dalam bergerak
  • Memiliki tubuh yang besar dan kaki lurus yang kuat
  • Berumur lebih dari 1 hingga 5 tahun
  • Memiliki alat vital yang normal

Baca Juga: Jual Domba Murah Solo dan Hal Penting Dalam Mengawali Usaha Domba Ternak

Untuk langkah pemeliharaan dalam proses penggemukan domba, anda bisa melakukan kombinasi dengan beberapa bahan pakan ternak guna memenuhi kebutuhan nutrisi ternak. Jenis pakan yang bisa diberikan pada domba ternak adalah hijauan pakan ternak. Pakan hijauan ini bisa berupa rumput gajah, rumput lapang, brachiaria, benggala, rumput raja dan meksiko. Ketika domba ternak anda sudah memasuki usia dewasa, maka mereka memerlukan perawatan yang lebih intens lagi. Peternak perlu untuk mengupayakan berbagai hal yang mendukung pertumbuhan domba ternak dengan baik.

Anda bisa untuk memulai perawatan domba ternak dengan memandikan domba anda minimal satu minggu sekali. Anda juga bisa menggunakan sikat untuk membersihkan setiap kotoran yang menempel pada bulu domba garut. Dan keringkan domba yang telah dimandikan tersebut dibawah terik matahari agar bulunya cepat kering. Selain itu, anda juga harus mencukur bulunya dan memotong kukunya dengan rutin. Kedua hal ini bisa dilakukan diwaktu yang sama, yaitu setiap 6 bulan sekali. Apabila ada domba yang anda budidayakan terserang penyakit, maka segera pisahkan domba tersebut. Kemudian berikan obat serta vaksin dengan tepat agar domba lekas sehat kembali.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga  tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba yang jual domba murah Surakarta dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *