Categories
Artikel

Jual Domba Murah Surakarta dan Cara Menentukan Kondisi Fisik Domba yang Sehat

Jual Domba Murah Surakarta Bagi peternak domba yang ingin untuk mengembangbiakkan dombanya tentu harus memiliki bekal pengetahuan yang cukup. Ketika anda hendak memilih domba untuk dikawinkan, kriteria yang paling penting adalah kondisi kesehatan domba tersebut. Domba yang sehat dalam kondisi tubuh yang baik, usia yang matang, tahap produksi, dan bidang nutrisinya yang baik adalah yang harus dipertimbangkan. Kondisi kesehatan domba adalah faktor utama bagi anda dalam memilih domba untuk dikawinkan atau dikembangbiakkan.

Domba yang sehat dengan kondisi fisik yang baik dan bebas dari cacat yang serius, adalah pilihan terbaik untuk dikembangbiakkan. Domba yang sehat akan bertahan hidup dan lebih produktif dibandingkan domba lain yang memiliki masalah fisik. Dalam hal ini, anda perlu untuk memperhatikan kondisi kesehatan domba, mulai dari pemeriksaan fisik dan kebiasaannya. Berikut ini hal-hal yang perlu untuk diperhatikan dalam melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan fisik domba

Mulut

Kondisi mulut domba yang baik, dapat dilihat dari rahang atas dan bawah yang sejajar sehingga gigi seri sejajar dengan bantalan pada rahang atas. Rahang bawah terlalu pendek memungkinkan domba mengalami kesulitan untuk merumput di padang rumput yang pendek. Sedangkan rahang yang terlalu tinggi atau yang disebut mulut monyet, terjadi jika rahang bawah terlalu panjang.  Cara terbaik untuk mengamati struktur rahang adalah dengan melihat domba dari samping.

Gigi

Kondisi gigi domba tergantung dari pola makannya. Hewan dengan pola makan yang kasar akan mengertakkan giginya lebih cepat daripada hewan dengan pola makan yang mudah dimakan. Gigi geraham jauh lebih penting dari pada gigi seri. Untuk mengevaluasi gigi geraham, anda harus meraba bagian luar pipi dan rahang. Bau mulut bisa jadi pertanda ada yang tidak beres dengan gigi geraham. Hewan dengan masalah gigi sebaiknya tidak dipilih atau ditahan untuk dikawinkan.

Kaki dan tungkai

Seekor domba yang sehat memiliki kaki lurus yang diletakkan tepat di bawah sudut tubuhnya. Domba dengan masalah kaki dan tungkai yang parah dapat rusak dalam situasi produksi yang sulit.

Baca Juga: Jual Domba Murah Solo dan Tips untuk Memulai Usaha Domba Ternak

Kuku

Domba dengan pertumbuhan kuku yang tidak normal atau berlebihan, kuku retak, atau kuku yang sangat lebar harus dihindari sebagai bibit untuk berkembang biak.

Volume dan kapasitas

Domba harus memiliki sisi dalam serta bagian atas yang lebar, dan tubuh yang bulat. Kemudian tubuh domba yang bisa menunjukkan tulang rusuk yang baik, cenderung lebih produktif.

Ukuran

Kerangka tinggi pinggul domba yang akan dikembangbiakkan juga harus dievaluasi dengan baik. Domba berbingkai besar cenderung tumbuh lebih cepat dan selesai pada bobot yang lebih berat daripada hewan berbingkai kecil. Betina berbingkai besar cenderung menghasilkan domba yang lebih berat daripada betina berbingkai kecil.

Karakter jenis kelamin

Domba jantan harus tampak kasar, gagah, dan maskulin. Jika mereka memiliki tanduk, maka tanduk tersebut harus tumbuh menjauh dari kepala. Domba betina harus feminin dan lebih halus dalam fitur mereka. Feminitas biasanya dikaitkan dengan kepala dan leher yang lebih panjang dan tipe tubuh yang lebih bersudut.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *