Categories
Artikel

Jual Domba Murah Solo dan Perkembangbiakan Domba Ternak

Jual Domba Murah Solo -Potensi yang dihadirkan dari ternak domba mampu member keuntungan yang baik bagi peternak. Tentu hal tersebut harus diiringi dengan manajemen perawatan ternak yang baik dan tepat sasaran. Sebagai hewan pemamah biak, domba sangat cocok untuk memanfaatkan pertumbuhan padang rumput yang luas. Kebutuhan nutrisi yang tercukupi sangatlah penting bagi domba. Bahkan untuk bisa mengembangbiakan domba dengan baik, dibutuhkan suplai protein yang cukup. Tidak hanya melalui padang rumput, peternak juga harus memberikan suplemen pakan dan kebutuhan lainnya untuk domba ternak.

Dalam perkembangbiakan domba ternak, sangat penting untuk bisa mencukupi nutrisi domba betina yang sedang bunting. Kurangnya asupan nutrisi yang diperoleh induk domba yang bunting, bisa menghambat bahkan menghentikan pertumbuhan janin domba. Induk domba yang kekurangan gizi dan nutrisi atau terserang penyakit, bisa mengakibatkan kelahiran anak domba yang premature. Kondisi ini juga bisa meningkatkan risiko kematian pada anak domba yang baru lahir.

Selama waktu atau masa kehamilan induk domba, penting untuk menjaga berat badan ideal untuk domba bunting. Oleh karena itu, berat lahir anak domba sangat bergantung pada pemberian makan pada fase ini. Selain pakan yang sebagian besar terdiri dari rumput, anda juga perlu memberikan suplemen makanan khususnya pada sepertiga terakhir kehamilan. Sementara itu, kebutuhan pakan untuk masa kehamilan tunggal meningkat dengan peningkatan 20-40%, kebutuhan untuk kehamilan kembar meningkat 50-80%. Karena asupan pakan hanya meningkat sekitar 20%, konsentrasi nutrisi harus meningkat dalam pakan ransum dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang meningkat. Ini dapat dicapai dengan menambahkan pakan terkonsentrasi, jerami atau silase ketika padang rumput menurun.

Domba betina yang bunting membutuhkan pakan yang berkualitas tinggi dan harus tersedia dalam jumlah yang cukup. Guna meningkatkan asupan pakan terutama di dalam ransum yang stabil, variatif dan enak harus dibuat ransum. Air minum harus selalu tersedia dengan kualitas yang sempurna. Analisis pakan menciptakan dasar untuk penghitungan ransum yang tepat, yang harus dibuat untuk periode pemberian pakan yang sukses dan ekonomis. Rekomendasi pasokan energi dan protein untuk domba betina harus diikuti. Kriteria yang menentukan dalam desain ransum adalah asupan bahan kering domba, karena asupan bahan kering merupakan faktor pembatas dalam ransum pakan pada tahap kinerja yang lebih tinggi.

Baca Juga: Jual Domba Murah Yogyakarta dan Mengenal Domba Ternak Yang Memiliki Potensi Bagus

Domba betina yang diberi makan buruk selama periode ini bisa melahirkan anak domba yang kurus. Anak domba ini terlalu lemah untuk menyusu dan menderita hipotermia. Banyak yang meninggal tanpa gejala penyakit. Jika domba tersebut bertahan hidup, perkembangan selanjutnya tidak cukup, karena domba betina ini biasanya hanya menghasilkan produksi susu yang rendah dan anak domba tidak dapat lagi mengejar depresi pertumbuhan awal. Domba betina yang dirawat dengan baik akan memiliki berat sekitar 20% lebih banyak pada akhir bunting dibandingkan pada awal musim kawin. Peningkatan massa tubuh menunjukkan bahwa nutrisi yang cukup tersedia untuk domba dan ambing dapat berkembang dengan baik.

Domba betina yang bunting juga perlu untuk dijaga kesehatannya. Dimana domba yang mengalami peradangan ambing sebaiknya segera dilakukan perawatan. Ambing domba betina harus diraba untuk kedua kalinya sebelum tas dikeluarkan untuk menangkap perubahan ambing yang mungkin terlewat pada pemeriksaan pertama. Domba tidak boleh mengalami masalah kesehatan selama kehamilan seperti toksikosis kehamilan, kekurangan kalsium dan prolaps vagina. Atau domba betina yang mengalami prolaps uterus karena masalah ini bisa berulang.

Pencukuran bulu domba mungkin disarankan untuk dilakukan sebelum kawin, terutama jika Anda menginginkan efek flushing karena berdampak positif pada nafsu makan. Sehubungan dengan pemotongan, Anda juga memeriksa kuku dan kebersihannya. Periksalah domba betina apakah ada hama dan adanya tanda-tanda gatal atau penyakit lainnya. Penerapan manajemen dan kontrol kesehatan yang baik, akan membantu domba ternak untuk bisa melahirkan anak domba yang sehat.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga  tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba yang jual domba murah Solodengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *