Categories
Artikel

Jual Domba Murah Solo dan Pengenalan tentang Domba Ternak Texel

Jual Domba Murah Solo – Domba merupakan spesies mamalia ruminansia yang dibesarkan untuk diambil dagingnya, susu dan bulunya. Domba biasanya memiliki tubuh yang lebih kekar dibandingkan kerabatnya kambing. Tanduk domba berbeda dengan kambing. Domba juga memiliki kelenjar bau di wajah dan kaki belakangnya, dan jantan tidak memiliki jenggot. Domba biasanya memiliki ekor yang pendek. Pada semua spesies domba liar, bulu bagian luar berbentuk rambut, dan di bawahnya terdapat lapisan bawah pendek dari wol halus yang telah dikembangkan menjadi bulu domba.

Seekor domba akan mengunyah makanannya, sehingga memungkinkan empat kompartemen perutnya yang terpisah untuk mencerna rumput dan tumbuhan lain yang dimakannya. Hewan ini lebih suka merumput di padang rumput yang pendek dan halus. Domba pada dasarnya adalah hewan pemalu yang cenderung merumput dalam kawanan. Mereka dewasa pada usia sekitar satu tahun, dan banyak berkembang biak ketika mereka mencapai usia sekitar satu setengah tahun. Kebanyakan kelahiran tunggal, meskipun domba kadang-kadang melahirkan anak kembar. Domba berhenti menyusu dan mulai merumput pada usia sekitar empat atau lima bulan. Salah satu jenis domba yang sering dikenali yaitu domba texel.

Domba Texel atau juga dikenal dengan nama Domba Texel Wonosobo mempunyai ciri khas yang mudah dibedakan dari domba jenis lainnya. Ciri khas domba Texel Wonosobo yaitu memiliki bulu wol yang keriting halus berbentuk spiral berwarna putih. Bulu wol ini menyelimuti bagian tubuh domba texel kecuali perut bagian bawah, keempat kaki dan kepala. Postur tubuhnya tinggi besar dan panjang dengan leher yang panjang dan ekor yang kecil.
Domba Texel ini tergolong jenis ternak unggulan yang memiliki potensi sebagai penghasil daging yang baik.

Baca Juga: Jual Domba Murah Yogyakarta dan Gangguan Toksemia serta Hypomagnesaemia

Domba Texel dewasa jantan memiliki bobot badan dapat mencapai 100 kg. Sedangkan domba texel dewasa betina memiliki bobot 80 kg dengan karkas sekitar 55 %. Dalam program penggemukan secara intensif dapat menghasilkan pertambahan berat badan domba berkisar 265 – 285 gram/hari. Sudah banyak orang yang merintis usaha penggemukan intensif terhadap Domba Persilangan Texel dengan Domba Lokal, yang menghasilkan keuntungan memadai. Selain itu, Domba Texel dapat menghasilkan bulu wool yang berkualitas sebanyak 1000 gram per ekornya dalam satu tahun. Bulu wol ini bisa diolah sebagai komoditas yang mempunyai nilai tambah yang cukup menguntungkan.

Domba Texel tergolong ternak yang cepat dalam berkembang biak. Jenis domba ini dapat beranak untuk pertama kali pada umur 15 bulan yang selanjutnya dapat melahirkan anak domba setiap delapan bulan. Anak domba yang pertama cenderung tunggal dan anak berikutnya seringkali kembar dua. Jenis Domba Texel ini memiliki karakter genetik yang cenderung lebih dominan. Domba Texel telah banyak memberikan kontribusi genetik terhadap jenis domba lokal melalui proses kawin silang, yang menghasilkan domba persilangan dengan potensial sebagai penghasil daging.

Domba texel mempunyai ciri khas bulu wol yang menutupi hampir seluruh bagian tubuh kecuali muka, perut bagian bawah dan kaki. Jenis domba ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai produksi daging dan bulunya. Karena domba ini memiliki proses pertumbuhan yang cepat. Dimana daging dari jenis domba texel ini dapat diolah menjadi produk lambchop yang menggunggah selera. Bahkan daging domba ini layak dipasarkan sebagai bahan lambchop di hotel-hotel dan pasar swalayan. Bulu domba yang tumbuh lebat merupakan bahan yang berkualitas untuk pembuatan wool. Domba ini juga mempunyai keunikan, yaitu pada domba jantan dewasa mempunyai tenaga yang kuat sehingga dapat dimanfaatkan sebagai penarik kereta.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *