Categories
Artikel

Jual Domba Murah Solo dan Mengenal Potensi Usaha Ternak Domba Ekor Tipis

Jual Domba Murah Solo – Bagi anda yang memiliki usaha ternak khususnya domba, tentu mengenal jenis domba ekor tipis. Jenis domba ini merupakan domba lokal atau asli Indonesia yang seringkali disebut sebagai domba kampong atau domba kacang karena ukuran tubuhnya yang kecil. Karakteristik yang dimiliki oleh domba ekor tipis yaitu memiliki tubuh yang kecil dan pertumbuhannya yang cukup lambat. Namun, pola bulu dari domba ekor tipis cukup seragam, yaitu mulai dari bercak putih, cokelat, hitam, hingga warna polos putih dan hitam.

Domba ekor tipis memiliki rerata pertambahan badan yang lebih lambat sehingga kurang cocok untuk dijadikan domba pedaging. Domba ekor tipis umumnya memiliki rerata badan sekitar 52,63 gram per ekornya dalam sehari. Dengan capaian ADG maksimum yang berkisar sebesar 126 gram setiap ekor per hari. Domba jantan dewasa biasanya memiliki bobot sebesar dari 30kg hingga 40kg. Sedangkan untuk domba betinanya memiliki berat sekitar 20kg hingga 25kg. Dimana untuk persentase karkasnya bisa berkisar 44 hingga 49 persen.

Jenis domba ekor tipis memiliki tingkah laku yang lebih agresif dibandingkan dengan jenis domba ekor gemuk. Kandungan lemak yang dimiliki domba ekor tips hanya tersebar pada bagian bawah permukaan kulit atau daging domba. Karkas pada domba ekor tipis atau domba lokal ini memiliki persentase bobot potong yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan pertumbuhan domba ekor tipis yang juga berlangsung relatif lebih lambat. Meski begitu, jika domba ini dipotong dalam kondisi tubuh yang sama dengan domba ekor gemuk, maka persentase karkas yang didapatkan juga tidak kalah banyak.

Pemberian pakan berupa konsentrat dengan takaran 100 persen, bisa dijadikan alternatif untuk menaikkan jumlah karkas domba. Dimana domba lokal atau ekor tipis yang diberikan pakan konsentrat 100 persen dengan lamanya waktu penggemukan sekitar 2 bulan. Maka karkas domba yang bisa diperoleh sebanyak 50,74 persen. Meski tidak sebaik domba ekor gemuk dalam menghasilkan produksi daging, daging domba ekor tipis memiliki kualitas daging yang baik. Dimana dagingnya akan lebih cocok untuk dijadikan gule, sup, semur, dan masakan berkuah lainnya karena memiliki kandungan lemak yang sedikit. Tidak sedikit orang yang menyukai daging dari domba jenis ini.

Pada umumnya, domba ekor tipis betina bisa untuk dikawinkan ketika memasuki usia 1 tahun sampai 15 bulan. Peternak bisa mengawinkan domba betina dengan domba pejantan unggulan seperti domba merino dan domba garut. Ini diharapkan untuk bisa menghasilkan bibit atau anakan domba unggulan. Karena biasanya para domba pejantan akan menurunkan gen yang dimilikinya ke anaknya dengan presentase sebesar 70%. Biasanya, satu pejantan domba bisa mengawini setidaknya 25 ekor domba betina.

Baca Juga: Jual Domba Murah Yogyakarta dan Tips Usaha Ternak Domba Ekor Gemuk

Domba ekor tipis merupakan salah satu jenis domba yang banyak ditemukan di daerah jawa barat dan jawa tengah. Domba ekor tipis identik dengan ekornya yang tidak menampakkan atau memiliki disposisi lemak. Domba jenis ini juga bisa disebut dengan istilah nama wedus gembel. Selain itu, jenis domba ini identik dengan bulu yang warna putih dibarengi dengan bercak hitam yang terdapat pada area di sekeliling matanya.

Domba ekor tipis juga sering disebut-disebut hampir sama dengan jenis domba ekor gemuk, perbedaan pada keduanya terletak pada bagian ekornya. Karena pada domba ekor gemuk memiliki timbunan lemak di ekornya sehingga ekornya akan terlihat lebih besar. Sedangkan untuk domba ekor tipis memiliki ekor yang tipis karena tidak ada timbunan lemak yang tersedia di ekornya. Salah satu keunggulan dari jenis domba ekor tipis ini adalah sifatnya yang prolific atau dapat melahirkan anak kembar 2-5 ekor setiap kelahiran. Domba ekor tipis juga mudah berkembang biak dan tidak dipengaruhi oleh musim kawin. Mereka juga bisa beradaptasi pada daerah tropis dan kondisi makanan yang buruk. Keunggulan lainnya yaitu:

  • Relatif mudah dalam proses pemeliharaannya untuk budidaya dan beternak
  • Tergolong jenis domba yang kuat dengan daya tahan untuk terhindar dari segala jenis penyakit
  • Segmen produktivitas yang relative tinggi untuk ternak domba

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *