Categories
Artikel

Jual Domba Murah Solo dan Ketahui Lebih Lanjut tentang Jenis Pakan untuk Ternak Domba

Jual Domba Murah Solo – Domba merupakan salah satu jenis hewan ternak yang cukup populer untuk sebuah peternakan. Sebagai hewan ternak, domba memiliki sistem pemeliharaan dan perkembangbiakan yang cukup mudah. Pemeliharaan ternak domba terbilang cukup mudah dimana tidak membutuhkan keterampilan yang khusus, sehingga peternak barupun bisa dengan cepat belajar manajemen pemeliharaan domba. Usaha ternak domba di pedesaan, tidak membutuhkan modal yang besar, sehingga banyak orang berminat dengan usaha ternak domba ini. Dengan pembelian induk yang tidak terlalu mahal serta siklus perputaran modal yang relatif singkat tentu memberikan keuntungan yang menarik.

Dalam pemeliharaan ternak domba tentunya pakan ternak penting untuk diperhatikan. Sebagai peternak domba sangat penting untuk mengetahui jenis pakan ternak dan juga kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya serta suplemen yang penting untuk ternak domba. Manajemen dalam pemberian pakan sangat penting dalam upaya untuk mengoptimalkan proses pertumbuhan dan mempercepat proses penggemukan dan menjaga kesehatan hewan ternak. Kebutuhan ternak domba terhadap pakan dapat dipenuhi dengan memenuhi kebutuhannya akan nutrisi. Jumlah nutrisi yang dibutuhkan setiap harinya sangat tergantung jenis ternak, umur, fase, kondisi tubuh, lingkungan serta berat badannya. Setiap jenis ternak domba berbeda kondisinya dan membutuhkan jumlah pakan yang berbeda pula.

Pada umumnya pakan domba dapat diperoleh dari hijau-hijauan yang terdiri atas berbagai rumput dan daun-daunan. Hijau-hijauan merupakan bahan pakan yang memiliki kandungan serat kasarnya relatif cukup tinggi. Yang termasuk ke dalam jenis bahan pakan hijau segar yaitu hay dan silase. Domba sendiri merupakan jenis hewan ternak yang memerlukan hijau-hijauan dalam jumlah yang cukup besar kurang lebih 90%. Selain itu, jumlah pakan dengan bahan kering yang dapat dikonsumsi oleh domba ternak selama sehari perlu untuk diketahui. Dengan mengetahui jumlah pakan bahan kering yang dimakan maka dapat memenuhi kebutuhan domba ternak akan zat pakan yang diperlukan untuk pertumbuhannya.

Kemudian untuk jenis pakan konsentrat atau penguat diperlukan sebagai pakan tambahan yang melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh domba ternak. Bahan baku untuk pakan domba yang bisa diberikan terdiri dari dua jenis, yaitu hijau-hijauan dan konsentrat. Hijau-hijauan umumnya terdiri dari berbagai jenis rumput liar, limbah dan hasil ikutan pertanian. Kemudian jenis rumput unggul yang dibudidayakan, serta berbagai jenis leguminosa. Pakan hijauan yang sudah tua mengandung serat kasar yang cukup tinggi dan menjadi kurang bermutu. Pakan hijauan yang memiliki mutu bagus adalah yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.

Baca Juga: Jual Domba Murah Yogyakarta dan Ketahui Jenis Domba Sebelum Memulai Ternak Domba

Perlu diketahui kandungan protein yang terdapat leguminosa lebih dari 20%, sedangkan pada rumput kurang dari 10%. Oleh karena itu, kombinasi bahan yang terdiri dari rumput dan leguminosa merupakan komposisi bahan pakan yang memiliki mutu bagus. Domba ternak yang diberi kombinasi jenis pakan tersebut tidak perlu diberikan pakan tambahan lagi seperti konsentrat.

Konsentrat sendiri merupakan pakan penguat terdiri dari biji-bijian yang digiling secara halus seperti jagung, bungkil kelapa, bungkil kedelai, dedak dan katul. Bahan pakan tersebut biasanya memiliki kandungan serat kasar yang rendah sehingga mudah untuk dicerna. Domba yang diberi pakan konsentrat adalah domba betina yang sedang bunting tua dan menyusui. Kemudian domba jantan yang aktif, dan domba yang mengalami kekurangan pakan hijauan akibat kemarau panjang.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *