Categories
Artikel

Jual Domba Murah Solo dan Kenali tentang Penyakit Domba Ternak Akibat Infeksi

Jual Domba Murah Solo – Setiap peternak domba tentu ingin agar domba ternaknya tetap sehat. Meski begitu, ada banyak penyakit domba yang bermacam – macam dan bisa menyerang domba anda. Untuk itu, anda harus mengetahui dan sudah siap untuk antisipasi munculnya penyakit yang mungkin menyerang domba. Penyakit yang mungkin dapat menjangkiti domba dapat dikategorikan karena infeksi dan non infeksi. Untuk mengatasi masalah penyakit yang menyerang domba, tentu anda harus mengenali jenis penyakitnya.

Pada penjelasan kali ini, akan dibahas penyakit domba karena infeksi dan langkah untuk mengobatinya. Berikut ini jenis penyakit domba akibat infeksi serta pengobatannya.

1.            Scabies

Scabies adalah penyakit domba yang muncul akibat infeksi. Penyakit ini juga dikenal dengan istilah awam sebagai kudis dan kurap. Penyebab kondisi ini adalah ektoparasit atau tungau Sarcoptes scabei, Psoroptes communis varovis dan Chorioptes ovis. Jenis penyakit ini akan menyerang area di sekitar telinga domba, yang kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Gejala scabies biasanya ditandai dengan timbulnya bercak kemerahan yang membentuk bisul pada kulit domba. Lama kelamaan kondisi tubuh domba akan mulai terlihat kurus akibat menurunnya nafsu makan serta kekurangan darah.

Untuk mengatasi infeksi yang menyebabkan scabies, anda bisa melakukan penyemprotan menggunakan desinfektan pada kandang yang tercemar. Kemudian berikan domba obat anti parasit seperti Ivomec. Cuci domba dengan disikat menggunakan sabun antiseptik atau deterjen hingga bersih terlebih dulu. Kemudian potong bulu domba pada area yang terinfeksi scabies hingga pendek. Baru kemudian olesi bagian yang terluka tersebut 2 – 3 hari sekali dengan salep obat.

2.            Orf

Orf atau penyakit disebabkan oleh serangan virus Parapoxvyrus yang bersifat zoonosis dan bisa menular ke manusia. Biasanya, domba ternak akan terkena penyakit orf saat memakan rumput yang berbulu dan debu dari konsentrat. Gejala klinis yang mungkin timbul dari orf seperti luka di sekitar mulut yang berupa keropeng hitam disertai juga dengan benjolan. Lama kelamaan luka orf tersebut bisa menyebar pada sela-sela kuku domba. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan domba menjadi kurus karena tidak memiliki selera makan.

Pada umumnya, orf atau keropeng mulut ini bisa sembuh setelah 1 bulan. Akan tetapi dalam kasus tertentu orf juga bisa menimbulkan kematian jika terjadi infeksi sekunder. Pengobatan untuk orf adalah menggunakan obat preparat Iodium dan suntikan dengan antibiotik. Anda juga bisa menggunakan pasta yang terbuat dari bahan tradisional seperti biji pinang, kapur sirih dan kunyit yang sudah dibersihkan terlebih dulu kemudian dihaluskan. Pemberian pasta tradisional tersebut, hanya perlu dioleskan saja tanpa harus mengelupaskan keropeng pada mulut domba. Kemudian, anda juga bisa memberikan vaksinasi untuk pencegahan dan pengkarantinaan agar orf tidak menyebar.

Baca Juga: Jual Domba Murah Yogyakarta dan Cara Menjaga Kebersihan Domba Ternak

3.            Pink Eye

Disebut juga degan istilah mata belekan, pink eye biasanya disebabkan oleh iritasi akibat tertusuk benda seperti duri, kayu, ujung rambut bahkan debu dari konsentrat. Pink ey juga bisa disebabkan oleh bakteri, virus atau bahkan parasit yang menyerang mata. Gejala klinis yang mungkin akan terlihat yaitu mata domba yang sering berkedip, mengeluarkan air dan berwarna kemerah–kemerahan. Mata domba akan keruh dan timbul borok hingga mengalami pembengkakan.

Cara untuk mengobati pink eye yaitu, cucilah mata domba menggunakan air hangat untuk menghilangkan kotoran. Kemudian oleskan salep mata khusus untuk domba yang memiliki kandungan antibiotik, untuk membantu proses dalam meredakan infeksi yang terjadi.

4.            Penyakit Kuku dan Mulut (PMK)

Biasanya penyakit kuku dan mulut disebabkan oleh Apthae Epizootica yang terdapat di air kencing, susu dan air liur. Gejala yang bisa timbul akibat penyakit kuku dan mulut ini seperti nafsu makan yang berkurang, demam, keluar air liur yang berlebihan. Kemudian rongga mulut, lidah dan kaki yang mulai melepuh serta terdapat benjolan yang berisi cairan bening. Segera pisahkan domba yang terjangkit penyakit ini untuk segera diobati. Serta jangan lupa untuk menjaga kebersihan kandang dan memberikan vaksinasi untuk domba secara rutin.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga  tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *