Categories
Artikel

Jual Domba Murah Solo dan Hal Penting Dalam Mengawali Usaha Domba Ternak

Jual Domba Murah Solo -Ternak domba merupakan salah satu usaha ternak yang menguntungkan bagi peternak. Domba memiliki produktivitas yang baik dari segi performa, dan hasil produksinya. Dimana domba ternak bisa menghasilkan bulu, daging, susu yang mengandung nilai gizi yang baik. Tidak hanya itu, domba dan anakannya serta kotoran domba yang dapat diolah menjadi pupuk kandang juga menawarkan keuntungan lebih bagi para peternak. Selain itu, domba ternak cenderung tidak berbau atau memiliki bau yang menyengat seperti kambing. Sehingga kawanan domba tidak akan mengganggu sekitar area kandang domba atau menyebabkan udara bau di sekitarnya.

Pada dasarnya peternakan adalah bagaimana seorang bisa menerapkan manajemen cara ternak khususnya domba agar cepat memberikan hasil yang efisien dan efektif. Semakin cepat proses yang dilakukan dalam pemeliharaan domba, maka akan semakin cepat pula peternak bisa mendapatkan keuntungan. Sebelum anda memulai peternakan domba anda, kenali jenis domba yang ada terlebih dulu. Domba bisa dikategorikan menjadi domba persilangan dan domba lokal. Berikut ini jenis domba persilangan untuk diketahui:

1.    Domba Batur

Domba ini merupakan hasil persilangan dari domba ekor tipis dengan domba merino yang sebarannya di sekitaran kecamatan Batur, kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.Domba batur memiliki ciri khas yang berbeda dengan jenis lainnya yaitu warna tubuh yang dominan putih. Bulu domba yang berupa wol halus dan lebat dan tidak memiliki tanduk dan bentuk ekornya kecil pendek. Serta bentuk tubuh yang besar dan relatif panjang.

2.    Domba Texel

Domba texel adalah hasil persilangan dari indukan domba ekor tipis atau domba ekor gemuk dengan jenis domba Wonosobo. Domba texel memiliki ciri khas fisik yang terlihat seperti warna tubuhnya yang didominasi dengan warna putih. Bulu domba yang dimiliki jenis domba ini berupa wol berwarna putih, hampir menutupi seluruh tubuh. Bentuk ekor yang relatif kecil dan pendek. Serta bentuk tubuh yang berukuran besar dan relatif panjang.

Baca Juga: Jual Domba Murah Yogyakarta dan Kebutuhan Nutrisi Penting Domba Ternak

3.    Domba Garut

Jenis domba ini memiliki karakteristik dan ciri khasnya sendiri. Dimana karakteristik fisik yang dimilikinya adalah warna tubuh yang memiliki kombinasi hitam dan putih. Tanduk yang dimilikinya besar, panjang dan bentuk melingkar ke depan untuk jantan serta tanduk betina berukuran kecil. Serta ukuran ekornya yang berbentuk segitiga, mengecil dan lebar.

4.    Domba Merino

Domba ini berasal dari Negara spanyol dan beberapa negara di Eropa lainnya. Domba merino memiliki karakteristik fisik dengan warna bulu yang putih susu kecokelatan serta gelap. Domba ini memiliki ekor yang sedikit berukuran besar dan bulu woolnya yang tebal serta menutupi tubuh domba secara merata.

Selain jenis domba persilangan, anda juga perlu mengetahui jenis domba lokal. Berikut ini jenis domba lokal yang ada seperti:

1.    Domba ekor tipis

Domba ini seringkali disebut juga sebagai domba gembel berasal dari daerah Jawa Tengah dan saat ini telah berkembang di seluruh Indonesia.Memiliki karakteristik fisik dengan ukuran tubuh yang relatif kecil. Kemudian bentuk telinganya yang menggantung dan bobot daging relatif banyak antara 30 sampai 40 kg.

2.    Domba ekor gemuk

Domba ini memiliki ciri khas dan karakteristik bentuk fisiknya yang gemuk. Jenis domba ekor gemuk ini seringkali ditemui di daerah atau wilayah di Jawa Timur.Karakteristik fisik dari domba ini adalah bentuk ekor yang dimilikinya relatif kecil. Domba ini tidak memiliki tanduk, dan memiliki bulu yang lurus dan warnanya putih.

Cara untuk ternak domba bisa diawali dengan pemilihan bibit domba unggul yang tepat dan benar. Pemilihan bibit adalah faktor yang penting untuk bisa menghasilkan domba-domba ternak yang berkualitas tinggi. Bibit domba yang unggul bisa didapat dari pemilihan indukan domba yang baik.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba yang jual domba murah Solo dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.