Categories
Artikel

Jual Domba Murah Solo dan Cara Meningkatkan Nafsu Makan Domba Ternak

Jual Domba Murah Solo – Saat ini dunia peternakan semakin ramai peminatnya, termasuk peternakan domba. Bagi anda yang memiliki usaha di bidang peternakan seperti ternak domba tentunya menginginkan domba ternak untuk bisa tumbuh secara optimal terlihat gemuk dan sehat. Faktor yang cukup penting membuat domba ternak anda bisa tumbuh gemuk dan sehat bergantung pada pakan dan juga tingkat nafsu makan yang dimilikinya. Jika domba ternak anda tidak memiliki nafsu makan yang baik, tentunya akan memengaruhi pertumbuhannya sehingga tidak bisa berjalan maksimal.

Domba ternak yang anda miliki bisa saja mengalami penurunan nafsu makan, sehingga domba tidak mau makan dan menjadi kurus. Ada berbagai faktor yang umumnya bisa membuat domba tidak memiliki nafsu makan yang baik salah satunya akibat stress. Kemudian domba ternak yang mengalami cedera atau sedang sakit juga bisa mengalami penurunan nafsu makan. Serta komposisi makanan yang di ubah dan domba ternak tidak menyukainya. Jika anda tidak dengan segera mengatasinya, maka hal itu akan membuat berat badan domba menurun secara drastis. Risiko terjangkiti penyakit akibat sistem imun yang menurun. Serta berkualitas daging ternak yang sangat buruk dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Jika domba ternak anda mengalami penurunan nafsu makan dan dibiarkan begitu saja, maka akan mengganggu pertumbuhan domba ternak. Dan dampak buruknya domba akan mengalami penurunan berat yang berdampak pada penurunan harga atau nilai jual dari domba itu sendiri. Cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan domba anda adalah dengan memberikan jamu. Ini adalah campuran dari berbagai ramuan berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan domba. Pembuatan jamu dilakukan dengan menggunakan bahan bahan alternatif untuk menambah nafsu makan domba seperti daun pepaya, kunyit, temulawak, daun jambu, dan lainnya.

Baca Juga:  Jual Domba Murah Yogyakarta dan Masalah Scabies Pada Domba Ternak

Salah satu jamu yang bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan domba yaitu pace lempuyang. Jamu ini di buat dari bahan seperti lempuyang, pace atau buah mengkudu, temu ireng dan juga kunyit. Bahan tersebut kemudian di tumbuk hingga lembut dan di jadikan satu atau bisa juga di blender hingga halus. Kemudian aduk campuran tersebut lalu campurkan ke dalam ransum sebanyak 1 banding sepuluh. Lakukan pemberian jamu ini secara rutin hingga nafsu makan domba ternak anda kembali meningkat.

Anda juga bisa menggunakan ramuan jamu daun jambu biji papaya. Penggunaan daun jambu juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare. Sedangkan daun pepaya memiliki manfaat untuk meningkatkan nafsu makan domba ternak. Bahan bahan yang di perlukan untuk membuat jamu ini yaitu daun papaya, daun jambu biji, temu lawak, dan asam jawa. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan mencampur semua bahan menjadi satu dan menumbuk nya hingga halus. Kemudian campurkan jamu tersebut ke dalam pakan satu kali dalam sehari selama satu minggu hingga nafsu makan domba ternak normal kembali. Saat ini dunia peternakan telah berkembang termasuk dari segi pakan. Dimana saat ini sudah banyak di gunakan jenis pakan fermentasi yang memiliki berbagai kelebihan.

Pakan fermentasi dapat meningkatkan berat badan domba ternak secara alami. Domba ternak akan tumbuh dengan sehat dan proses penggemukan domba bisa berjalan dengan baik. Pakan fermentasi juga dipercaya bisa menambah nafsu makan pada domba ternak. Domba ternak memiliki daging yang lebih berisi dan rendah kolesterol. Serta pakan fermentasi bisa meningkatkan daya tahan tubuh domba ternak.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *