Categories
Artikel

Jual Domba Murah Semarang dan yang Harus Disiapkan untuk Persalinan Domba Ternak

Jual Domba Murah Semarang -Domba adalah salah satu jenis hewan ternak yang cukup diminati oleh para peternak. Domba dikenal sebagai ternak yang cukup mudah untuk dikembangbiakkan. Domba ternak bisa dikembangbiakkan dalam waktu yang relatif cepat dengan hasil yang baik. Sebagai seorang peternak domba, anda perlu untuk mempelajari dengan baik bagaimana cara membantu domba melahirkan dengan lancar.

Domba perlu untuk dipantau terus selama dalam proses persalinannya. Jika Anda tidak bisa membantu domba ternak anda untuk melahirkan dengan proses lancar, maka bisa berakibat cukup fatal. Ada kemungkinan anak domba akan lahir dengan tidak selamat atau mengalami gangguan. Ketikan hendak melahirkan, kaki belakang induk domba akan merenggang dan ekornya tegak ke atas. Domba ternak anda juga akan nampak mengejan. Biasanya proses melahirkan berlangsung sekitar satu jam. Bila anak domba lebih dari satu ekor, jarak kelahiran antar-anak sekitar 15 menit.

Proses melahirkan diawali dengan keluarnya ketuban, kemudian diikuti dengan keluarnya anak domba. Jika posisi anak domba normal, proses melahirkan akan berjalan lancar. Untuk itu, cermatilah langkah-langkah berikut ini terkait cara membantu domba dalam proses persalinan.

1.    Siapkan kain yang bersih

Anda perlu untuk mempersiapkan kain yang bersih sebelum domba menjalani proses persalinan. Ini adalah langkah atau cara membantu domba melahirkan yang paling awal. Anda juga perlu untuk menyiapkan air hangat untuk membersihkan cairan pada domba yang baru lahir.

2.    Luangkan waktu untuk menunggui proses melahirkan

Domba yang akan melahirkan juga memerlukan penanganan yang cepat ketika akan melahirkan. Sebagai peternak dan pemilik domba, sebaiknya anda menunggui proses kelahiran anak domba. Peternak perlu untuk bisa meluangkan waktunya menunggui proses persalinan domba. Meskipun, proses melahirkan domba biasanya berjalan dengan normal. Namun, tidak menutup kemungkinan jika domba mengalami kesulitan saat melahirkan atau anak domba sulit keluar. Peternak perlu untuk siap siaga agar bayi domba bisa lahir dengan baik tanpa cacat atau mengalami masalah lainnya.

Baca Juga: Jual Domba Murah Boyolali dan Langkah Dalam Pemberian Pakan untuk Domba Ternak

3.    Pastikan tangan Anda steril

Cara membantu domba anda melahirkan selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa tangan anda telah steril dan bersih. Peternak juga harus mengetahui apakah posisi bayi domba pada posisi normal atau tidak. Hal ini bisa anda ketahui ketika bagian bayi domba sudah terlihat.

4.    Bantu anak domba untuk lahir

Ketika sebagian domba sudah terlihat dan keluar dalam posisi normal, Anda bisa membantu untuk menarik anak domba dengan dorongan induk domba. Hal ini perlu untuk dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Hindari untuk menarik anak domba dengan paksa.

5.    Bersihkan lender

Sebagaimana bayi yang baru lahir dan penuh lendir, anak domba pun demikian. Anda harus membersihkan lendir yang ada pada mulut dan hidung anak domba. Bersihkan menggunakan lap lembut sehingga anak domba bisa bernapas dengan baik.

6.    Memberikan pertolongan pada anak domba

Jika anak domba yang lahir tidak menunjukkan tanda-tanda bernapas, pegang kedua kaki domba dan angkat dengan posisi menggantung. Ayun-ayunkan agar sirkulasi darah domba bisa berjalan dengan lancar. Anda juga perlu untuk memeriksa bagian mulut apakah ada lendir yang mengganggu atau tidak.

7.    Potong tali pusar

Jika anak domba sudah dibersihkan dengan baik, ikatlah tali pusar sepanjang 5 cm dari perut domba dan potonglah bagian bawah ikatan. Untuk menghindari infeksi, anda bisa memberikan obat luka pada bagian tali pusar yang sudah diputus.

8.    Bersihkan kandang

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan kandang. Gantilah alas jerami dengan alas yang baru. Anda juga bisa memberikan susu jika anak domba tidak mau menyusu pada induknya. Selain anak domba, induk juga perlu untuk mendapatkan perawatan setelah proses persalinan. Anda perlu untuk membersihkan bagian sekitar alat kelamin, ambing, dan puting susu segera dengan menggunakan lap yang sudah dicelupkan dalam air hangat. Ini akan membantu mencegah munculnya infeksi akibat bakteri dan kotoran lainnya.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba yang jual domba murah Semarangdengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *