Categories
Artikel

Jual Domba Murah Semarang dan Waspadai Bahaya Orf Pada Domba Ternak

Jual Domba Murah Semarang – Peternak domba harus senantiasa waspada terhadap berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang domba ternak. Salah satu jenis penyakit yang menyerang domba dan harus diwaspadai yaitu orf. Penyakit orf adalah kondisi kulit domba yang mengalami infeksi dan sangat mudah menular. Kondisi ini bisa mempengaruhi terutama hewan muda di tahun pertama kehidupan mereka dan wabah yang lebih serius umumnya terkait dengan peternakan domba yang intensif. Sehingga, peternak harus senantiasa menjaga ternak agar bisa terhindar dari gangguan penyakit orf tersebut.

Virus ini diklasifikasikan sebagai Poxvirus, patogen yang bisa menyebabkan kerugian finansial yang signifikan dalam produksi ternak. Ini juga merupakan penyakit zoonosis, menyerang terutama orang-orang yang bersentuhan langsung atau tidak langsung dengan hewan yang terinfeksi. Virus orf terutama menyerang kulit di sekitar mulut, dan dalam keadaan normal bisa sembuh dalam 4 hingga 6 minggu. Namun, kondisi ini dapat meluas dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Bahkan dapat ditularkan ke ambing betina yang menyebabkannya menolak untuk menyusui. Infeksi pada ambing dapat menyebabkan mastitis domba akut dan anak domba kelaparan.

Domba muda yang terkena dampak parah tidak dapat makan, dan menjadi lemah serta rentan terhadap infeksi bakteri yang dapat menyebabkan penyakit berkepanjangan atau bahkan kematian. Virus Orf menyebar melalui kontak langsung dengan hewan yang tertular atau terkontaminasi. Infeksi hanya akan muncul di tempat-tempat di mana kulit mengalami gangguan infeksi bakteri dan virus. Serangga penggigit juga mungkin terlibat dalam penyebaran virus. Infeksi bisa menyebar dengan cepat melalui kawanan, dengan sebagian besar hewan terinfeksi dalam beberapa minggu. Wabah bisa sangat parah pada domba yang dikandangkan dan biasanya berlangsung antara 6 dan 8 minggu.

Kelangsungan hidup virus di antara wabah diperkirakan berupa virus yang terdapat pada koreng. Ia dapat bertahan hidup dalam keadaan sejuk dan kering selama bertahun-tahun. Virus telah ditemukan bertahan hingga 17 tahun di lingkungan dengan iklim kering dan tetap bertahan pada wol hewan dan bahan yang terkontaminasi untuk periode yang signifikan. Domba yang telah sembuh dari infeksi hanya memiliki perlindungan terbatas terhadap infeksi ulang, meskipun infeksi berikutnya cenderung lebih ringan dan berumur pendek dibandingkan infeksi awal.

Baca Juga: Jual Domba Murah Boyolali dan Tips Penanganan Kuku Busuk Pada Domba Ternak

Tingkat penebaran yang lebih rendah dan beranak di luar ruangan dapat membantu mencegah wabah serius orf karena sangat menular dan mudah ditularkan dari hewan ke hewan. Penyakit dapat ditularkan ke dalam flok oleh domba pembawa tanpa tanda klinis yang jelas, oleh karena itu kebijakan flok tertutup mengurangi risiko penyakit. Tersedia vaksin orf hidup, yang dibuat dari bahan koreng menular. Vaksin ini diterapkan dengan skarifikasi dan menyebabkan Orf ringan. Namun, perlindungan tidak bertahan lama, meskipun wabah setelah vaksinasi lebih ringan dan durasi pendek. Vaksinasi dapat bermanfaat dalam menghadapi wabah penyakit sebagai cara untuk menginfeksi semua hewan secara artifisial dan memastikan bahwa mereka hanya mengalami penyakit ringan.

Jika terjadi wabah orf, desinfeksi bangunan sangat penting. Bangunan harus dibersihkan secara menyeluruh sebelum menggunakan disinfektan. Virus Orf rentan terhadap sebagian besar disinfektan. Paparan larutan iodofor 3% atau formaldehida 1% akan membunuh virus, namun disinfektan iodofor mahal harganya, dan pakaian serta alat bantu pernapasan khusus diperlukan saat menggunakan formaldehida. Perhatian khusus harus diberikan untuk pembersihan di dalam dan sekitar divisi kandang dan bak makan. Domba yang terinfeksi secara kronis dapat bertindak sebagai sumber infeksi pada hewan yang rentan dan harus dikeluarkan dari kawanannya.

Orf ditandai dengan munculnya keropeng pada bibir dan lubang hidung. Ini dapat menyebar ke gusi, langit-langit dan lidah, dan domba yang terkena dampak parah mungkin tidak dapat makan selama beberapa hari, menjadi lemah dan rentan terhadap penyakit lain. Infeksi di bagian tubuh lain dapat menjadi rentan terhadap invasi bakteri sekunder, mengakibatkan penyakit yang berkepanjangan dan bahkan kematian. Oleh karena itu, penting untuk mencoba dan mencegah orf terjadi pada domba ternak anda.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera kunjungi doazfarm.com untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *