Categories
Artikel

Jual Domba Murah Semarang dan Tips serta Langkah untuk Mencukur Bulu Domba

Jual Domba Murah Semarang – Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan domba ternak, pencukuran bulu domba perlu untuk dilakukan. Biasanya, proses pencukuran dilakukan setiap 1 tahun sekali. Namun ada pula yang 2 kali dalam satu tahun, hal ini dilakukan apabila domba ternak adalah domba penghasil wol. Untuk domba pada umumnya, proses pencukuran bisa dilakukan 1 kali dalam setahun, agar domba terhindar dari penyakit kulit. Cuaca yang panas dan bulu domba yang terlalu tebal akan meningkatkan risiko terkena infeksi bakteri, kuman dan lainnya. Untuk itu, penting sekali mencukur bulu domba dan membersihkan domba dengan rutin.

Ada beberapa langkah yang perlu untuk diperhatikan sebelum anda mencukur domba. Hal penting yang perlu untuk diperhatikan dengan baik adalah mengatur posisi domba ternak. Pertama, domba ternak bisa digulingkan dan jagalah posisi domba tersebut menggunakan lutut anda. Perut domba harus menghadap ke atas dan kaki domba juga harus menghadap ke atas. Semakin nyaman domba ternak ketika dicukur, maka semakin sedikit pula usaha domba untuk bisa melepaskan diri. Sehingga, pekerjaan untuk mencukur bulu domba akan menjadi lebih mudah. Oleh sebab itu, aturlah posisi domba senyaman mungkin sebelum anda memulai proses pencukuran bulu domba.

Dalam proses pencukuran bulu domba, gunakanlah gerakan yang luwes dan yakin. Pertama, cukurlah bulu domba mulai dari bagian tulang dada hingga pada bagian perut. Anda bisa memulai dengan mencukur bagian kanan domba, kemudian menuju bagian kiri dan selanjutnya adalah bagian tengah. Anda perlu untuk memastikan cukuran pertama dan kedua bisa mencukur sebagian besar kedua sisi perut domba denan baik. dengan begitu, tugas anda selanjutnya akan jauh lebih mudah. Selanjutnya anda harus mencukur wol pada kaki belakang serta pangkal paha domba dengan langkah berikut:

  • Cukur bulu pada kaki domba dengan gerakan vertical, sambil tetap menjaga posisi domba dengan kedua lutut.
  • Cukur bulu domba yang ada di bagian pangkal paha domba. Kemudian ulangi proses cukur pada bagian tersebut beberapa kali untuk memastikan bahwa semua bulu domba telah tercukur.
  • Dalam proses pencukuran bulu domba yang perlu untuk diperhatikan adalah adanya puting susu pada domba betina. Untuk itu, sebaiknya anda melindungi puting domba tersebut sebelum memulai proses pencukuran agar tidak ikut tercukur dengan tidak sengaja.

Baca Juga: Jual Domba Murah Boyolali dan Persiapan untuk Mencukur Bulu Domba

Setelah tahap tersebut selesai, berputarlah sekitar 90 derajat sehingga lutut kanan anda berada di depan tulang dada domba. Kemudian, anda bisa memulai untuk mencukur wol pada bagian kaki belakang sebelah kiri. Mulailah untuk mencukur bulu domba pada bagian tumit hingga bagian kaki belakang, dan berakhir di sebelah tulang belakang domba. Selanjutnya, geserlah kaki anda untuk menjangkau bagian ekor domba. Kemudian aturlah letak sisir dari alat cukur sehingga bisa menjangkau bulu domba pada ujung ekor.

Untuk mencukur bulu domba pada bagian dada, leher dan dagunya, anda perlu memposisikan kaki kanan di antara kaki belakang domba. Kemudian letakkan kaki kiri pada ujung tulung belakang domba, sambil menahan tubuh domba di antara lutut anda. Untuk memegang bagian bawah dagu domba, gunakanlah tangan kiri dan tariklah kepala domba ke belakang. Kemudian gerakkan pisau cukur untuk mencukur mulai dari bagian dada menuju ke leher dan berakhir pada bagian dagunya. Lanjutkanlah proses pencukuran bulu domba tersebut dengan mencukur bagian sisi kiri leher domba dan berakhir di bawah mata domba. Lakukan proses pencukuran dengan hati-hati agar tidak melukai domba. Ketika pencukuran selesai, kumpulkan bulu domba dan rapikan agar bisa dijual untuk pembuatan wol.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *