Categories
Artikel

Jual Domba Murah Semarang dan Tips Perawatan Rutin Domba Ternak

Jual Domba Murah Semarang – Perawatan kesehatan adalah satu upaya untuk meminimalisir kemungkinan ternak terserang penyakit. Kondisi ternak yang sehat dan tetap fit adalah nilai lebih yang sangat baik. Kualitas domba biasanya dilihat dari kondisi fisiknya yang sehat, bugar dan tidak memiliki cacat. Untuk bisa mendapatkan kualitas domba yang sehat terawat, tentunya perawatan kesehatan rutin sangat lah diperlukan. Ketahuilah apa saja perawatan rutin untuk domba ternak sebagaimana berikut ini.

Perawatan Kuku

Kuku domba harus diperiksa dan dipangkas secara teratur untuk mencegah tumbuhnya bakteri serta kuman yang bisa menyebabkan peradangan. Kuku yang terinfeksi oleh jamur dan kuman dapat menyebabkan rasa sakit dan bau busuk pada kaki. Pemotongan kuku domba memerlukan alat khusus, dan pencukur yang biasanya digunakan untuk memotong kuku domba.

Perawatan Bulu

Perawatan bulu domba dapat dilakukan melalui proses pencukuran. Bulu domba tumbuh terus menerus, jadi pemeliharaan atau pencukuran yang teratur akan membantu domba tetap nyaman dan sehat. Tidak mencukur bulu domba dapat menyebabkan mereka tertekan dalam cuaca panas, dan mendorong masalah, seperti serangan lalat. Domba harus mencukur bulunya setidaknya setahun sekali, sebelum cuaca panas. Hindari mencukur di musim dingin atau saat domba akan segera melahirkan. Jika luka atau luka terjadi selama pencukuran, ini harus segera ditangani. Mencukur wol dari sekitar area kruk (yaitu ekor dan di antara kaki belakang) membantu mencegah serangan lalat.

Masalah Yang Harus Diperhatikan

Dalam perawatan rutin untuk menjaga kesehatan domba ternak anda, maka anda juga harus memerhatikan masalah yang mungkin timbul. Masalah seperti gangguan penyakit ataupun serangan kuman dan bakteri perlu untuk diperhatikan dengan baik. Seperti serangan lalat yang disebabkan oleh belatung lalat yang bisa memakan kulit domba. Kondisi ini sering terjadi di sekitar area basah dan kotor yaitu di sekitar ekor dan di antara kaki belakang. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah pemotongan dan kruk, pemeriksaan, penangkap lalat, insektisida, dan program pemberian obat cacing yang baik.

Baca Juga: Jual Domba Murah Boyolali dan Hal yang Harus Diperhatikan untuk Pakan Domba

Masalah yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah eksim yang disebabkan oleh infeksi bakteri serta kuman. Domba yang memakan spora jamur beracun dari padang rumput, yang cenderung tumbuh di padang rumput yang hangat dan basah bisa meningkatkan munculnya eksim. Kondisi ini terlihat seperti terbakar sinar matahari, tetapi dapat memengaruhi organ dalam hewan. Kemudian kembung yang terjadi akibat terlalu banyak gas (dari pakan yang difermentasi dengan cepat) yang terperangkap di dalam perut domba juga harus diwaspadai. 

  • Domba yang mengisolasi diri dari kawanannya
  • Kurangnya koordinasi, terhuyung-huyung atau bergoyang, menggigil
  • Nafas cepat atau batuk
  • Keluar cairan, mata berair, bengkak atau berkerak
  • Flystrike (bercak berwarna gelap pada bulu domba, bergesekan pada pagar dan lainnya)
  • Benjolan atau area kulit yang mengalami ulserasi
  • Parasit (misalnya kutu)
  • Diare atau mengejan saat buang air kecil atau feses, urin berubah warna atau berdarah
  • Terlalu gemuk atau sangat kurus
  • Berlutut
  • Kuku yang terlalu besar atau tidak beraturan, atau kuku yang baunya tidak enak

Kondisi kembung bisa disebabkan oleh makan padang rumput hijau yang subur, yang memiliki banyak semanggi atau alfalfa, atau jika pola makan domba diubah terlalu cepat. Kembung bisa berkembang pesat, dan jika tidak segera ditangani, kembung bisa berakibat fatal. Jika domba Anda memiliki perut yang membuncit di satu sisi dan berdiri dengan kaki terbuka lebar, terengah-engah, dan terhuyung-huyung, segera hubungi dokter hewan. Selain itu, jika anda melihat tanda-tanda ini, anda perlu untuk segera menghubungi dokter hewan.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera kunjungi doazfarm.com untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *