Categories
Artikel

Jual Domba Murah Semarang dan Perawatan Anak Domba Agar Sehat

Jual Domba Murah Semarang – Peternak tentu akan senang apabila domba ternaknya dapat berkembang biak dengan baik. Perawatan tentu perlu untuk dilakukan dengan baik, dengan tujuan untuk mendapatkan hasil ternak yang memuaskan. Anak domba yang baru lahir juga memerlukan penanganan serta perawatan khusus agar anak domba bisa tumbuh sehat. Anak domba yang tumbuh sehat tentu akan memberikan keuntungan cukup menarik bagi anda. Nilai jual ternak domba juga cukup tinggi apalagi domba dengan karakteristik yang bagus.

Perawatan anak domba baru lahir adalah hal penting yang bisa menentukan kualitas domba ke depannya. Untuk itu, dibutuhkan langkah dan cara yang tepat untuk merawat anak domba agar tumbuh sehat dan kuat. Beberapa tips di bawah ini bisa anda gunakan untuk merawat anak domba dengan baik.

  • Pisahkan anak domba

Anak domba yang baru lahir, perlu untuk dipisahkan dari domba dewasa lainnya. Kondisinya yang masih sangat rawan dan lemah dikhawatirkan akan terinjak. Meski begitu, anak domba harus tetap berada satu kandang dengan induknya. Hal ini bertujuan untuk melatih kemampuan induk dalam menjaga dan merawat anaknya.Pastikan agar anak domba mempunyai alas tidur yang cukup hangat dan tebal.Selain itu, lantai kandang harus dibuat sedemikian rupa agar mudah untuk menyerap urine. Gunakan jerami sebagai alas tidur yang nyaman dan hangat bagi anak domba yang baru lahir.

  • Membersihkan tali pusar

Tali pusar akan terpisah secara alami dari induk domba, namun tali pusar yang baru putus membutuhkan sebuah perawatan tambahan agar tidak mengalami infeksi. Oleskan larutan iodine untuk mencegah terjadinya infeksi dan membantu tali pusar agar lebih cepat kering.

Baca Juga: Jual Domba Murah Boyolali dan Merawat Anak Domba yang Baru Lahir

  • Pastikan tidak ada lender

Secara alami ketika anak domba lahir, induk domba akan membersihkan lendir di tubuh anak domba tersebut. Biasanya, induk domba akan menjilati lendir pada tubuh anak domba sampai kering. Perlu untuk diperhatikan, lendir dan cairan yang berada di area mulut, dan hidung harus segera dibersihkan. Jika tidak segera dibersihkan, lendir bisa mengganggu pernafasan anak domba. Anda perlu untuk fokus dalam membersihkan lendir pada area mulut dan hidung agar tidak mengganggu pernafasan.

  • Sediakan botol minum

Botol minum diperlukan apabila induk domba belum mau untuk menyusui anaknya. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya beberapa faktor. Seperti induk domba yang baru pertama kali melahirkan, induk yang belum cukup umur, anak domba yang lahir secara prematur, dan induk yang sakit. Untuk itu, anda bisa menyiapkan botol minum untuk anak domba.

Anak domba pada masa awal pertumbuhannya, ketika mereka masih menyusu bersama induknya maka perkembangan saluran cerna pengolah serat belum siap. Pada masa awal pertumbuhan tersebut, asupan pakan dengan serat yang tinggi menjadi kendala untuk bisa dicerna. Pada masa ini, susu induk maupun susu tambahan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya yang baik untuk pencernaannya hingga masa sapih.

Kondisi kesehatan anak domba pada masa awal pertumbuhannya bisa menentukan kondisi mereka nantinya saat dewasa.  Kondisi tumbuh dan perkembangan anak domba yang optimal terjadi dimasa ini terutama dalam perkembangan pembentukan tulang yang cukup baik. Perkembangan tulang yang sempurna akan mendukung perkembangan ternak saat mereka dewasa nantinya.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *