Categories
Artikel

Jual Domba Murah Semarang dan Pemanfaatan Bulu Ternak Domba untuk Wol

Jual Domba Murah Semarang – Domba adalah salah satu jenis hewan ternak yang sering dibudidayakan oleh para peternak. Domba memiliki daging yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis hewan ternak lainnya dengan persentase karkas yang mencapai presentase tinggi. Tidak hanya itu, daging domba juga lebih rendah lemak dan harganya juga cukup terjangkau. Selain memiliki daging yang lezat, domba juga memiliki bulu yang tebal. Bulu domba tersebut seringkali dimanfaatkan untuk beberapa keperluan seperti pembuatan kain wol.

Sudah bukan hal yang asing apabila bulu domba dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan kain wol. Dimana kain wol sendiri banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian khususnya jaket. Kain wol memiliki manfaat untuk memberikan kehangatan pada tubuh sehingga sesuai untuk digunakan pada cuaca dingin. Bulu domba akan dibuat menjadi serat-serat benang yang kemudian dijadikan kain melalui proses pemintalan. Benang-benang wol tersebut biasanya diwarnai terlebih dahulu baru kemudian dikeringkan sebelum dibuat menjadi kain wol.

Serat wool yang dihasilkan oleh bulu domba biasnya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian maupun produk tekstil lainnya. Serat wool merupakan bahan baku produksi tekstil yang diperoleh dari pengolahan serat alami bulu domba. Serat wol yang dihasilkan juga sangat bervariasi tergantung pada jenis bulu domba yang diperoleh. Dimana serat hewan yang lebih lembut dan lebih hangat cenderung memiliki lebih banyak sisik dan hasil yang lebih halus. Sedangkan serat hewan yang lebih tebal dan kurang hangat biasanya memiliki lebih sedikit sisik dan hasil yang kasar. Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh serat wool diantaranya yaitu:

  • Bersifat reusable tetapi juga biodegradable
  • Serat wool terdiri dari protein yang membentuk lapisan pelindung luar kulit manusia
  • Serat wool memiliki tampilan yang tampak berkerut dan cenderung bersifat elastis
  • Serat wool mampu meregangkan hingga 50% ketika basah dan 30% saat kering
  • Serat wool dapat menyerap uap air dengan baik serta tidak mudah kusut
  • Tingkat penyebaran api, pelepasan panas dan panas pembakaran lebih rendah
  • Tahan terhadap listrik statis
  • Bersifat higroskopis alias mempunyai kemampuan menyerap molekul air yang baik dan rongga kainnya sangat nyaman

Baca Juga: Jual Domba Murah Boyolali dan Manfaat Pupuk Kandang yang Diolah dari Kotoran Ternak Domba

Serat wol sendiri juga memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda. Secara umum serat wool dapat dibedakan menjadi tiga kategori yaitu serat wool halus, sedang dan kasar, berikut ini penjelasannya:

  • Wool Halus

Seratwool halus memiliki sifat yang lembut, kuat dan elastis sehingga dapat dibuat menjadi benang yang halus. Hasil yang dihasilkan oleh serat wol ini juga lebih halus dan lembut daripada jenis lainnya. Jenis domba yang menghasilkan serat wool seperti ini adalah domba merino.

  • Wool Sedang

Serat wool sedang umumnya memiliki tampilan yang lebih kasar, lebih pendek dan lebih berkilau.

  • Wool Kasar

Serat wool kasar biasanya dihasilkan oleh domba yang hidup secara primitif seperti domba berekor gemuk. Serat wool ini memiliki warna yang bervariasi mulai dari putih sampai hitam. Serat wool kasar terdiri dari rambut panjang di bagian luar dan wool halus pada bagian dalam.

Selain dapat dikategorikan berdasarkan tingkat kehalusan, wool juga dapat dibedakan berdasarkan cara perolehannya seperti berikut.

  • Wool Cukur

Wool cukur merupakan jenis wool yang diperoleh dari proses pencukuran bulu domba. Dimana proses ini dikerjakan secara musiman yang biasanya dilakukan pada awal musim semi. Pencukuran bulu domba bisa dilakukan dengan menggunakan alat cukur tangan atau mesin.

  • Wool Cabut

Wool cabut adalah jenis wool yang diperoleh dari proses pencabutan bulu kulit domba yang sudah disembelih. Dalam sebuah proses industri biasanya akan dilakukan pengambilan daging serta bulu domba. Proses pemisahan bulu domba menggunakan teknik pencabutan dapat dilakukan dengan tangan atau dengan bantuan pisau. Kemudian proses pemasakan dilakukan dengan cara yang sama seperti pada pemrosesan wool mentah.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *