Categories
Artikel

Jual Domba Murah Semarang dan Langkah – Langkah untuk Merawat Domba Ternak Agar Tetap Sehat

Jual Domba Murah Semarang – Tidak sedikit orang yang memulai usaha ternak domba. Untuk bisa mendapatkan hasil yang bagus dalam usaha ternak, maka anda harus menerapkan manajemen yang baik. Selain pemilihan bibit indukan domba ternak yang baik dan memiliki kualitas yang bagus, langkah dalam perawatan domba juga perlu diperhatikan dengan baik. Salah satunya adalah merawat domba ternak agar tetap sehat. Perhatikan langkah berikut untuk menjaga kesehatan domba ternak.

1. Menjaga kebersihan kuku domba ternak

Anda perlu untuk menjaga agar permukaan kandang dan alas domba berpijak tetap kering. Anda juga perlu untuk memotong kuku domba secara rutin, pastikan bahwa saat anda memotong kuku domba, anda tidak memotong jauh ke dalam jaringan sensitif. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan dan infeksi pada domba. Anda bisa memangkas kuku domba ternak setiap enam minggu sekali. Mulailah dengan membersihkan kotoran dari sela jari-jari kaki domba. Potong kuku yang berlebih sejajar dengan garis pertumbuhan kuku. 

Infeksi pada kuku domba bisa menyebabkan kuku busuk dan masalah kesehatan lainnya yang mungkin dialami oleh domba ternak. Infeksi akibat bakteri dan kuman ini bisa dialami oleh domba ternak yang sering berjalan di tanah yang lembab atau basah. Kukunya menjadi melunak sehingga memudahkan bakteri untuk masuk. Infeksi ini dapat menyebabkan rasa sakit yang parah. Bersihkan kuku domba untuk menghilangkan tanduk berlebih, dan gunakan antiseptik untuk mengobati infeksi.

2. Pangkas bulu domba setidaknya sekali setahun

Domba yang memiliki bulu lebih panjang perlu untuk dicukur dua kali setahun. Pertimbangkan untuk mencukur bulu domba anda sebelum cuaca lebih hangat dan hindari mencukur bulu sebelum cuaca dingin. Yang perlu diperhatikan adalah jangan mencukur bulu domba dalam keadaan basah, pencukuran domba basah dapat menyebabkan gangguan kesehatan, jadi hindari untuk melakukannya.

Baca Juga: Jual Domba Murah Boyolali dan Cara Pemberian Pakan Domba Ternak yang Harus Diperhatikan

3. Lakukan perawatan kesehatan preventif

Anda juga perlu melakukan perawatan kesehatan preventif. Melakukan langkah-langkah ekstra ini dapat membantu menjaga domba terhindar dari penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Urine dan feses dapat mengotori area kandang, sehingga anda perlu untuk menjaganya tetap bersih serta mencegah gangguan lalat yang bisa menimbulkan masalah kesehatan. Menghilangkan semua wol kotor di sekitar bagian belakang dan perut domba dari gumpalan kotoran atau lumpur, juga perlu dilakukan. Mengawasi kesehatan domba ternak dengan baik akan membantu domba tetap tumbuh sehat.

4. Hilangkan cacing domba Anda

Anda harus meminta dokter hewan sesekali memeriksa kotoran domba anda untuk mengetahui apakah mereka terkena cacingan. Jika ya, maka anda harus merotasi antara ivermectin dengan fenbendazole atau albendazole. Sayangnya, tidak ada satu produk pun yang akan menghancurkan semua jenis parasite. Dalam hal ini anda harus mencari bantuan dokter hewan untuk menentukan apa yang terbaik untuk domba ternak.

Demikianlah penjelasan yang berhubungan dengan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan domba ternak anda. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar domba ternak bisa tumbuh sehat terawat dan menciptakan lingkungan yang sehat di sekitar lingkungan ternak domba. Dengan penerapan langkah perawatan ternak domba yang baik, maka usahakan ternak domba anda bisa berjalan dengan sangat baik. Sehingga hasilnya juga akan menguntungkan anda.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *