Categories
Artikel

Jual Domba Murah Semarang dan Cara Menangani Masalah Parasit yang Bisa Menyerang Domba

Jual Domba Murah Semarang -Ternak domba merupakan jenis ternak rumiansia yang cukup diminati oleh para peternak. Jenis ternak ruminansia seperti domba pada umumnya bisa terserang berbagai macam penyakit. Seperti halnya penyakit yang disebabkan oleh bakteri, parasit dan keracunan. Untuk itu, anda perlu memiliki pengetahuan terkait dengan penyakit yang bisa menyerang domba ternak anda. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan domba yang terserang penyakit. Sangat penting bagi para peternak untuk mengetahui jenis penyakit pada domba ternak dan cara penanganannya dengan baik.

Berbagai jenis penyakit bisa saja menyerang domba ternak anda. Seperti salah satunya yaitu  penyakit akibat parasit. Kondisi penyakit ini cukup sering terjadi  dan banyak menyerang ternak ruminansia seperti domba. Penyakit akibat adanya parasit seperti haemonchosis patut untuk diwaspadai, karena bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan domba. Kondisi penyakit ini adalah munculnya parasit yaitu cacing yang terdapat pada saluran pencernaan domba. Bahkan, kondisi penyakit ini adalah penyakit yang cukup sering menyerang ternak ruminasia khususnya ruminansia kecil seperti domba dan disebabkan oleh Haemonchus sp. Munculnya penyakit ini  pada domba yang memiliki angka prevalensi cukup tinggi, tentu bisa menyebabkan kerugian ekonomi dengan nilai yang cukup besar.

Gejala atau tanda klinis yang mungkin muncul akibat dari haemonchosis bisa ditandai dengan adanya penurunan produksi, kaheksia, dan anemia yang parah. Anemia ini terjadi akibat cacing sebagai parasit yang ada di dalam tubuh domba menghisap darah pada mukosa abomasum. Penyakit ini disebabkan oleh Haemonchus contortus atau cacing nematoda gastrointestinal parasit penghisap darah. Pada infeksi yang kronis, haemonchosis bisa menunjukkan gejala edema yang umum seperti pembengkakan di seluruh bagian tubuh akibat penimbunan cairan.

Gejala dan tanda klinis lainnya yang bisa muncul akibat penyakit haemonchosis adalah hipoproteinemia, letargi, bahkan hingga pada kematian. Secara patologik anatomi, pada kondisi ini dapat ditemukan mukosa dan karkas yang pucat. Kemudian hidrotoraks, ascites, dan hemoragi atau perdarahan yang terjadi pada abomasum. Sedangkan secara histopatologi maka bisa ditemukan di dalam tubuh domba adanya deskuamasi vili abomasums dan hemoragi ekstensif mukosa-submukosa abomasums. Lalu adanya infiltrasi sel-sel eosinofil dalam jumlah banyak dan infiltrasi pada sel-sel monosit. Serta kondisi dimana sel-sel akan mengalami degenerasi dan nekrosis pada organ dalam domba ternak anda.

Baca Juga: Jual Domba Murah Boyolali dan Kondisi Pneumoia serta Kencing Batu yang Menyerang Domba

Pencegahan yang bisa dilakukan untuk kasus haemonchosis yaitu dengan cara manajemen pemeliharaan atau sanitasi yang baik. Kemudian manajemen pakan atau pengelolaan pakan, dan manajemen kesehatan yang memadai.  Penerapan manajemen sanitasi yang baik bertujuan untuk mencegah pencemaran yang mungkin terjadi dari lingkungan dan infeksi ulang. Dimana infeksi ulang ini dapat dicegah melalui penerapan manajemen pemberian pakan dengan cara memberikan hijauan yang sudah dilayukan. Tindakan profilaksis melalui manajemen kesehatan bisa anda lakukan dengan pemberian suplemen vitamin. Serta pemberian antelmintika spektrum rutin setiap 3 – 4 minggu.

Cara lainnya yang bisa anda lakukan dilakukan untuk mengatasi dan mencegah munculnya haemonchosis dan resistensi antelmintik adalah dengan pengembangan ras yang tahan terhadap infeksi H. contortus. Anda juga bisa melakukan vaksinasi rutin untuk ketahanan domba terhadap serangan parasit tersebut. Pengembangan ras domba yang tahan terhadap infeksi Haemonchus sp secara genetic, cukup berpotensi baik karena ketahanan secara genetik ini bersifat menurun pada generasi berikutnya. Jadi, bisa dikatakan bahwa gen tersebut dapat disebarluaskan ke berbagai wilayah usaha ternak anda.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm tempat jual domba murah Semarang. Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *