Categories
Artikel

Jual Domba Murah Semarang dan Aturan Pemberian Pakan Domba Ternak

Jual Domba Murah Semarang – Keberhasilan ternak domba anda dipengaruhi oleh kualitas domba anda. Untuk itu, bagi anda yang berfokus pada domba pedaging, bobot domba sangatlah penting. Proses penggemukan untuk domba ternak yang masih muda merupakan salah satu langkah untuk membuka peluang yang menguntungkan bagi peternakan anda. Ini karena adanya permintaan daging domba yang cukup tinggi di pasaran. Sehingga, anda bisa memulai proses penggemukan domba ketika usianya masih muda untuk hasil yang optimal.

Dalam budidaya ternak domba yang termasuk jenis ruminansia kecil, memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan di Indonesia. Ternak domba lebih mudah dalam pemeliharaan, pemberian pakan, dan penanganannya yang menjadi salah satu keunggulannya. Kelebihan lainnya adalah domba bisa memiliki anak lebih dari satu dalam setiap proses kelahirannya. Usaha peternakan domba bisa menghasilkan keuntungan jika anda memperoleh conception rate mencapai 95%, dan angka kematian berada di bawah 10%. 

Domba merupakan hewan mamalia yang memerlukan hijauan dalam jumlah yang besar, yaitu sekitar 90%. Pakan konsentrat atau penguat hanya diperlukan domba sebagai pakan tambahan atau pelengkap saja. Oleh karena itu, pakan domba yang dapat diberikan terdiri dari dua jenis yaitu pakan hijauan dan pakan konsentrat. Manajemen dalam proses pemberian pakan yang baik menjadi prioritas utama untuk dilakukan guna meningkatkan produktivitasnya. Untuk hasil yang lebih optimal dan keuntungan yang diraih juga meningkat. Produktivitas domba ternak yang rendah sering terjadi ketika kebutuhan nutrisinya tidak bisa tercukupi baik dalam hal kualitas maupun kuantitasnya.

Konsumsi untuk pakan ternak dan kebutuhan nutrient domba ternak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti berat badan atau bobot, status fisiologis, tingkat produksi dan kesehatan ternak domba. Kemudian faktor lingkungan, keadaan kandang, serta kondisi pakan dan metode pemberian pakannya.  Bahan pakan yang baik untuk ternak yang terdiri dari hijauan, konsentrat, pakan suplemen, dan pakan tambahan lainnya. Hijauan untuk pakan domba dapat berupa rumput segar atau rumput olahan misalnya silase. Beberapa rumput yang bisa digunakan sebagai hijauan pakan misalnya rodhes, rumput Guinea, rumput Australia, rumput gajah, rumput raja, rumput Sudan, dan rumput lapang. Jenis tanaman seperti legum juga bisa untuk ditambahkan.

Baca Juga: Jual Domba Murah Boyolali dan Hal yang Perlu Diketahui Bagi Peternak Domba

Adapun untuk pakan konsentrat bisa berasal dari biji-bijan dan limbah biji-bijian seperti jagung, gandum, sorgum, gaplek, padi, atau dedak. Limbah agro industri juga bisa menjadi sumber bahan pakan konsentrat untuk domba, seperti misalnya bungkil kedelai, bungkil kacang, bungkil inti sawit, bungkil kelapa, whey, tepung ikang dan telung tulang. Limbah industri minyak sawit seperti molasses dan lainnya juga bisa digunakan. Konsentrat yang diberikan untuk domba umumnya memiliki kandungan serat kasar yang kurang dari 18. Sehingga pakan akan lebih mudah untuk dicerna domba ternak. Sedangkan untuk pakan suplemen domba ternak dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit saja. Karena suplemen merupakan sumber mikronutrien seperti mineral, vitamin, dan asam amino.

Dalam penyusunan pakan domba, anda dapat menyusun menjadi dua ransum yaitu ransum untuk penggemukan dan pertumbuhan. Zat nutrisi pada pakan yakni karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air, harus selalu ada. Karbohidrat dan lemak merupakan sumber energi, utama domba dalam proses metabolisme seperti lancarnya peredaran darah, denyut jantung, dan proses lainnya. Sebagai patokan dalam penyusunan ransum, untuk kebutuhan hidup pokok ternak domba, maka konsumsi bahan kering adalah 1,5 hingga 2% dari berat badan. Pakan berkualitas akan meningkatkan kualitas bobot domba ternak anda.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba yang jual domba murah Semarang dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *