Categories
Artikel

Jual Domba Murah Klaten dan yang Perlu Diperhatikan Tentang Pakan Domba Ternak

Jual Domba Murah Klaten – Ternak adalah salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan. Seperti ternak domba yang menawarkan anda keuntungan dari manfaat daging, bulu hingga kotorannya yang diolah sebagai pupuk organik. Dalam usaha ternak domba biaya yang cukup menentukan adalah pakan, sehingga tingkat efisiensi pakan menjadi penting sebagai perhatian utama para peternak. Manajemen yang digunakan dalam pemberian pakan yang baik menjadi prioritas utama yang harus dilakukan. Tujuannya adalah supaya tingkat produktivitas bisa berhasil dengan optimal, dan keuntungan bisa didapat dengan maksimal. Produktivitas ternak dengan tingkat yang rendah seringkalli terjadi ketika kebutuhan nutrisi ternak tidak tercukupi dengan baik. Untuk itu, dibutuhkan kualitas serta kuantitas pakan yang memadai.

Dalam usaha ternak ruminansia kecil seperti domba, berpotensi untuk dikembangkan dengan lebih baik lagi. Ternak domba juga bisa untuk dimanfaatkan sebagai hewan kurban, aqiqoh, hewan aduan ketangkasan atau untuk memenuhi kebutuhan akan konsumsi daging domba. Keunggulan ternak domba adalah mudah dalam pemeliharaan, pemberian pakan, dan penanganannya.

Dalam usaha ternak, pakan adalah salah satu kebutuhan yang cukup penting. Jika pakan tidak diberikan dengan baik dan tepat, maka justru akan membahayakan ternak anda. Pemberian pakan untuk domba ternak bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu pakan berserat dan pakan konsentrat atau pakan penguat. Pakan berserat untuk domba ternak merupakan bahan pakan yang memiliki kandungan serat kasar lebih dari 18 persen. Sedangkan untuk pakan konsentrat domba ternak hanya mengandung serat kasar yang kurang dari 18 persen. Dimana pakan konsentrat untuk domba ternak memiliki kandungan protein kasar lebih dari 20 persen.  Sehingga pemberian pakan konsentrat juga sangat penting sebagai sumber protein yang baik untuk domba ternak anda.

Baca Juga: Jual Domba Murah Semarang dan Tips untuk Memulai Usaha Domba Ternak

Bahan pakan untuk domba ternak yang berserat adalah rumput alam, rumput budidaya, leguminosa, limbah pertanian dan perkebunan. Limbah tersebut berupa jerami padi, daun jagung pucuk tebu, jerami kacang tanah, dan lain sebagainya. Bahan untuk pakan konsentrat domba biasanya terdiri atas biji-bijian seperti jagung, gandum, sorgum, dan lain sebagainya. Selain itu, bahan pakan konsentrat juga merupakan jenis umbi-umbian seperti singkong, ubi jalar, talas, dan jenis umbi lainnya. Pakan konsetrat untuk domba ternak juga bisa berasal dari beberapa limbah industri pertanian. Contohnya seperti kelapa, bungkil kedelai, ampas tahu, molasses, onggok, dan limbah pertanian lainnya.

Sebagai peternak anda tentunya juga membutuhkan pakan tambahan untuk domba ternak seperti vitamin, mineral, antibiotik, hormon, enzim, dan lainnya. Pakan tambahan ini berfungsi untuk menunjang kesehatan serta pertumbuhan bobot domba ternak yang lebih pesat. Dalam pemilihan bahan pakan untuk domba ternak, anda tentu harus memerhatikan palatabilitas pakan, kecernaan bahan pakan, zat antinutrisi dalam bahan pakan tersebut. Hal tersebut perlu untuk diperhatikan agar pakan yang diberikan untuk domba ternak bisa dikonsumsi secara efektif.

Alangkah baiknya, jika anda memilih bahan pakan untuk domba ternak yang mudah dicerna seperti pakan yang mengandung lignin pada batang dan akar. Jenis tanaman yang sudah cukup tua biasanya memiliki kandungan lignin yang cukup tinggi. Pakan yang diberikan untuk domba ternak sebaiknya tidak memiliki kandungan zat antinutrisi seperti asam sianida, asam sitrat, asam oksalat, mimosin, coumarin, alfatoksin, alkaloid, dan tannin.

Konsumsi pakan ternak dan kebutuhan nutrien domba ternak bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dimana faktor tersebut seperti berat badan, status fisiologis, tingkat produksi dan kesehatan ternak, faktor lingkungan, keadaan kandang, serta kondisi pakan dan metode dalam pemberian pakannya. Faktor yang tidak kalah penting dalam pemilihan pakan untuk domba ternak adalah harga pakan. Anda perlu untuk membandingkan harga pakan dengan kandungan nutrisi yang ada di dalam pakan. Hal ini bertujuan untuk agar meminimalisir penggunaan anggaran pakan yang berlebihan. Selain itu, anda juga bisa meracik sendiri formula pakan untuk proses penggemukan domba. Selain lebih hemat dan mudah, tentunya formula tersebut aman karena anda mengetahui persis komposisinya.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga  tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *