Categories
Artikel

Jual Domba Murah Klaten dan Tips Menjaga Kandang Domba Ternak Agar Bersih

Jual Domba Murah Klaten – Kandang domba yang bersih sangat penting untuk menjaga agar domba tetap sehat. Selain itu, kandang domba yang bersih juga tidak akan mengeluarkan bau yang menyengat sehingga mengganggu indra penciuman dan lingkungan di sekitarnya. Kandang ternak bisa dibersihkan dengan menyapu semua kotoran dan sampah sisa pakan yang ada. Apabila hal tersebut dilakukan setiap hari, maka akan terjaga kebersihannya dan membuat lingkungan yang sehat dan nyaman untuk domba.

Waktu yang diperlukan untuk membersihkan kandang domba, tergantung seperti apa bentuk kandangnya. Kandang yang memiliki bentuk panggung, sebaiknya tidak dibersihkan setiap hari. Kandang bentuk panggung bisa dibersihkan 2 atau 3 kali dalam satu minggu. Pada bentuk kandang ini, kotoran domba atau feses yang keluar tidak menjadi satu dengan alas atau lantai kandang. Kotoran domba tersebut akan merosot dan jatuh langsung ke bawah lantai kandang domba. Yang perlu dibersihkan dengan rutin adalah kotoran domba yang terselip antara usuk dan reng pada lantai kandang. Biasanya akan ada kotoran yang terjebak dan tidak bisa langsung jatuh ke bawah kandang.

Ketika domba ternak anda mengalami diare atau mencret, maka lantai kandang perlu untuk dibersihkan setiap hari. Karena bentuk kotoran domba biasanya berbeda yaitu sedikit cair dan lembek. Kotoran tersebut biasanya akan menggumpal, dan tidak berbentuk pritilan seperti pada domba normal pada umumnya. Secara otomatis kotoran domba yang diare tersebut tidak bisa langsung jatuh ke bawah. Jika tidak dibersihkan, kotoran domba tersebut akan terinjak ataupun bisa diduduki oleh domba ketika sedang duduk. Tentu hal tersebut akan mengganggu kesehatan domba ternak.

Baca Juga: Jual Domba Murah Semarang dan Tips serta Langkah untuk Mencukur Bulu Domba

Pada umumnya yang menyebabkan kandang domba menjadi bau yaitu kotoran, jenis domba, dan alas kandang. Kotoran domba merupakan sumber bau yang utama, baik itu berupa kotoran padat ataupun urin. Urin domba lebih banyak memengaruhi bau pada kandang domba. Jenis domba juga meningkatkan aroma dari sebuah kandang. Ini terkait dengan perilaku mereka ketika membuang kotoran dan bau khas antara domba yang satu dan lainnya berbeda. Meski begitu, aroma domba tidak semenyengat aroma pada kambing.

Alas kandang juga dapat mempengaruhi aroma yang muncul dari kandang. Umumnya, pada air kencing dan kotoran domba proses penguraiannya di tanah akan terbantu dengan bakteri alami di dalam tanah. Urine domba mengandung zat amoniak yang bisa menguap dan terhirup oleh domba ternak anda. Akumulasi amoniak yang dihirup oleh domba bisa menjadi penyebab munculnya radang paru-paru pada ternak. Resiko sosial juga bisa mengancam jika kandang mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Masyarakat di sekitar lingkungan domba ternak akan mengeluh karena gangguan polusi udara yang berasal dari kandang yang bau.

Urine yang dihasilkan oleh domba akan bercampur dengan srintil atau kotoran domba. Bercampurnya kotoran domba tersebut tetap tidak akan menimbulkan bau menyengat, dan tetap aman untuk kesehatan kambing domba maupun anak kandang. Hal tersebut bisa didapatkan dengan menerapkan langkah yang tepat untuk membersihkan kandang domba. Proses pembersihan rutin baik di dalam kandang dan lingkungan sekitar kandang perlu untuk dilakukan. Kebersihan kandang adalah yang utama untuk menjaga aroma kandang dan lingkungan di sekitarnya agar tidak memiliki bau yang menyengat.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *