Categories
Artikel

Jual Domba Murah Klaten dan Tips Meningkatkan Produktivitas Susu Domba Ternak

Jual Domba Murah Klaten -Meningkatkan kualitas susu domba sangatlah penting bagi anda yang memiliki tujuan untuk pemanfaatan susu domba ternak. Terdapat beragam cara yang dapat digunakan sebagai langkah untuk meningkatkan produktivitas susu domba ternak anda. Pemberian pakan alternatif dapat diberikan untuk domba perah guna meningkatkan produktivitas susu domba. Produksi susu yang baik tentu akan meningkatkan keuntungan ekonomi yang bisa didapatkan peternak.

Peternak perlu untuk mengetahui jenis pakan yang baik dalam meningkatkan produksi susu domba. Berikut ini jenis pakan yang bisa dijadikan alternatif dalam meningkatkan produksi susu domba ternak anda.

1.    Daun orok-orok

Daun ini mampu meningkatkan jumlah produktivitas susu domba hingga 3,4 liter susu yang dihasilkan setiap harinya. Jumlah ini tentunya lebih banyak dibandingkan dengan produksi susu biasa yang hanya menghasilkan 2 liter susu dalam satu hari. Daun orok-orok memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yang mana pemberiannya bisa dicampurkan ke dalam bahan konsentrat.

2.    Daun tarum

Daun ini biasa digunakan oleh para peternak domba yang diberikan dengan dicampurkan pada bahan pakan lainnya. Komposisi pakan yang berasal dari campuran daun tarum ini adalah 3 kg daun tarum, 1 kg daun singkong karet, 2 kg rumput gajah, 1,5 kg konsentrat, dan 1 kg ampas tahu. Dengan menggunakan campuran pakan ini, maka produksi susu domba akan meningkat dengan persentase 30%.

3.    Limbah kulit singkong dan ampas tapioka

Kedua jenis limbah ini dapat meningkatkan volume produksi susu dan membuat rasa susu domba menjadi lebih gurih. Anda bisa mendapatkan limbah kulit singkong dan ampas tapioca di pabrik pembuatan tepung tapioka.

4.    Daun papaya

Daun pepaya juga dapat diolah menjadi biskuit agar bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama untuk diberikan pada domba guna meningkatkan produktivitas susunya. Anda bisa memberikannya pada pagi dan sore hari sebanyak 2—3 buah yang dicampurkan dengan pakan konsentrat. Penggunaan campuran pakan ini bisa meningkatkan produktivitas susu domba hingga 40%.

Baca Juga: Jual Domba Murah Semarang dan yang Harus Disiapkan untuk Persalinan Domba Ternak

5.    Daun katuk

Daun katuk dipercaya banyak orang dapat meningkatkan produksi susu yang dihasilkan oleh domba. Daun ini bisa diberikan pada pagi dan sore hari, yang mana bisa menghasilkan aroma lebih gurih dan susu tidak bau prengus.

6.    Buah pepaya muda dan umbi singkong

Anda juga bisa menggunakan potongan buah pepaya muda dan umbi singkong. Campuran kedua bahan ini sangat baik untuk meningkatkan produksi susu domba.

7.    Daun nangka, bungkil kedelai, dan singkong

Daun nangka, bungkil kedelai, dan singkong yang dicampur sebagai bahan racik pakan alternatif untuk menaikkan produksi susu setiap harinya sebanyak1,5 liter.

Faktor pemberian pakan memegang peranan hampir 90% dalam usaha budidaya domba yang dimanfaatkan produksi susunya.Untuk mendapatkan hasil susu domba yang maksimal maka domba sebaiknya diberikan makanan yang sifatnya alami atau makanan tambahan.Untuk makanan alami biasanya terdiri dari berbagai macam jenis daun yang telah disebutkan di atas. Dedaunan tersebut sangat efektif untuk meningkatkan jumlah produksi susu harian yang dihasilkan oleh domba. Selain dengan memberikan makanan jenis dedaunan, makanan eksternal atau ekstra fooding juga bisa digunakan sebagai pemacu agar produksi susu domba semakin meningkat.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba yang jual domba murah Klaten dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *