Categories
Artikel

Jual Domba Murah Klaten dan Proses Pembuatan Wol dari Bulu Ternak Domba

Jual Domba Murah Klaten – Usaha ternak domba semakin populer di kalangan masyarakat, karena bayak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan. Salah satunya adalah bulu domba yang bisa dijadikan wol. Bulu domba ini juga merupakan salah satu serat pertama yang dipintal menjadi benang dan kemudian ditenun menjadi kain. Sebagai jenis serat hewan yang alami, wool tidak hanya reusable akan tetapi juga biodegradable. Penggunaan kain wol sendiri bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti kebutuhan tekstil. Kain wol seringkali digunakan untuk pembuatan jaket, sweater, sepatu dan lainnya.

Serat wol umumnya berasal dari bulu domba, dimana domba yang dipelihara secara khusus untuk menghasilkan bulu yang baik tentu memiliki kulitas yang baik. hal ini tentu berbeda dengan domba yang dibudidayakan untuk dimanfaatkan dagingnya. Wol sendiri terdiri dari protein yang sama dengan jenis protein yang membentuk lapisan pelindung luar kulit manusia. Sehingga tidak heran apabila wol memiliki daya lindung terhadap cuaca dingin dan tetap hangat saat dikenakan.

Pada umumnya, seekor domba betina bisa menghasilkan hingga 15 pon wol. Sedangkan seekor domba jantan bisa menghasilkan sekitar 20 pon wol. Serat wol yang barusan dicukur disebut dengan raw wool atau wol mentah. Serat-serat domba yang telah dicukur tersebut harus dicuci terlebih dulu agar bersih. Setelah proses pemotongan, wol mentah tersebut dapat dipisahkan sesuai dengan kualitas seratnya. Serat wol yang memiliki kategori kualitas yang sama bisa dikompresi yang kemudian dikemas ke dalam bundel untuk tahap berikutnya. Kualitas wol terbaik dapat diperoleh dari sisi, bahu, dan juga belakang, sedangkan kualitas yang biasa berasal dari kaki bagian bawah. Panjang serat wol yang dihasilkan dari bulu domba bervariasi tergantung jenis domba yang dibudidayakan.

Baca Juga: Jual Domba Murah Semarang dan Pemanfaatan Bulu Ternak Domba untuk Wol

Proses pencucian bulu domba dilakukan dalam serangkaian pemandian dalam alkali. Kemudian bulu tersebut dibilas dan diperas melalui rol untuk mengeringkan bulu domba yang sudah dicuci. Salah satu produk yang dihasilkan dari proses ini adalah lanolin, semacam lemak yang digunakan dalam pembuatan kosmetik, sabun dan produk rumah tangga lainnya. Selanjutnya, wol akan melalui proses yang dinamakan dengan carding. Dimana pada proses ini akan dilakukan penyikatan wol untuk meluruskan serat wol tersebut. Langkah carding terakhir adalah ketika wol-wol tersebut dipisahkan menjadi sehelai benang dan dikumpulkan pada gulungan untuk proses spinning.

Strip yang sudah dipisahkan disebut juga dengan roving. Setelah melalui proses carding, serat wool akan siap untuk proses selanjutnya yaitu spinning. Dimana spinning merupakan langkah pengolahan wol menjadi benang. Disini roving wol atau serat wol yang sudah dipisahkan dari hasil proses selama carding, diubah menjadi benang. Baru setelah itu, benang wol tersebut akan ditenun atau dipintal menjadi kain. Kain wol inilah yang nantinya akan dibuat menjadi berbagai jenis produk pakaian. Serat wol yang diperoleh dari satu domba dewasa bisa digunakan untuk membuat 6 baju wanita, 3 pakaian pria, atau 70 pasang kaus kaki.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *