Categories
Artikel

Jual Domba Murah Klaten dan Pelajari tentang Penyakit Mulut Keropeng pada Domba

Jual Domba Murah Klaten -Menjaga kesehatan domba ternak merupakan hal penting yang menjadi salah satu faktor keberhasilan usaha ternak anda. Dimana setiap hewan ternak bisa terserang berbagai jenis penyakit jika tidak dijaga kesehatannya termasuk domba ternak anda. Penyakit yang diakibatkan oleh berbagai faktor bisa saja muncul dan menyerang domba ternak anda seperti mulut keropeng. Ini adalah suatu kondisi penyakit akibat infeksi virus pada domba yang bisa menyebabkan keropeng dan bisul di sekitar mulut dan wajah ternak. Penyakit mulut keropeng ini merupakan kondisi yang paling umum terjadi pada domba ternak dan penyakit selama musim panas. 

Mulut keropeng merupakan jenis penyakit yang menyerang kulit domba yaitu pada area mulut dan wajah domba. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh virus yang menyerang domba, ini juga dikenal sebagai contagious ecthyma. Terjadinya mulut keropeng diakibatkan oleh virus cacar yang terdapat di kulit sehingga masuk ke tubuh ternak. Domba yang terinfeksi dengan mulut berkeropeng ketika lecet di kulit memungkinkan virus masuk dan berkembang. Kondisi ini bisa ditularkan melalui kontak langsung dengan ternak yang menderita penyakit atau kontak dengan peralatan pakan yang telah terkena virus cacar. Penting untuk memastikan domba divaksinasi dan kebal terhadap mulut keropeng.

Gejala dan tanda-tanda klinis pada domba ternak yang mungkin muncul akibat dari infeksi virus yaitu terdapat scabs atau lecet. Kondisi kulit yang lecet bisa terjadi pada bibir, hidung, ambing dan puting, atau pada bagian kuku dan kulit kaki bagian bawah domba. Penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus ini bisa menyebabkan domba ternak depresi. Hal ini berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan domba yang menurun dan domba yang lebih rentan terserang penyakit. Tidak hanya itu, kondisi ini juga bisa membuat domba ternak mengalami penurunan nafsu makan sehingga menyebabkan kelaparan yang bisa berakibat kematian pada ternak.

Domba ternak betina yang sedang laktasi tapi belum pernah divaksinasi akan lebih rentan terserang penyakit ini, karena ternak betina bisa mendapatkan lesi pada puting. Biasanya, infeksi yang terjadi akan membaik dengan sendirinya dalam satu hingga empat minggu, dengan kekebalan tubuh yang dimiliki oleh ternak. Meski begitu, penting untuk melakukan vaksinasi secara rutin untuk mencegah adanya infeksi virus yang bisa menyerang domba ternak anda.

Baca Juga: Jual Domba Murah Semarang dan Cara Menangani Masalah Parasit yang Bisa Menyerang Domba

Penyakit keropeng ini akan hilang dengan melakukan langkah pengobatan menggunakan larutan yodium atau gliserin. Pada saat pengobatan sebaiknya anda jangan menggunakan kuas atau alat lainnya. Kuas yang digunakan untuk menggosok atau mengikis daerah lesi mulut yang sakit, justru akan menyebarkan infeksi lebih lanjut di wajah atau jaringan lainnya. Cara terbaik untuk mengatasi lesi mulut dengan memisahkan domba ternak tersebut dari kawanan agar tidak menular. Jika lalat atau serangga lainnya mengganggu maka bisa diobati pada area tersebut dengan insektisida.

Luka biasanya akan ditemukan di bibir, moncong, dan di mulut akibat infeksi tersebut. Pada awal infeksi, luka tersebut bisa muncul sebagai lepuh yang berkembang menjadi koreng berkerak. Domba mungkin juga mengalami luka di kaki bagian bawah dan putingnya, terutama saat domba betina atau sedang menyusui domba atau anak yang terinfeksi. Domba betina menyusui yang memiliki lesi pada kambingnya mungkin akan meninggalkan anak dombanya. Hewan yang lebih tua dengan lesi mulut mungkin juga memerlukan dukungan nutrisi. Mulut keropeng dapat terjadi pada domba dari segala usia tetapi paling sering terjadi pada domba dan penyakit selama musim panas. Domba yang lebih tua cenderung kebal akibat kontak sebelumnya dengan virus.

Penting bagi peternak yang mengobati ternak menderita masalah mulut keropeng pada domba ternak untuk memakai sarung tangan, karena virus menular kepada manusia. Pencegahan agar ternak tidak menderita gangguan penyakit ini yaitu dengan cara pemberian vaksin. Karena vaksinnya berupa virus hidup, maka penting untuk diperhatikan proses vaksinasi hanya pada ternak yang rentan terhadap virus. Domba ternak bisa terinfeksi lebih dari sekali dalam hidup mereka tetapi infeksi berulang biasanya terjadi setelah waktu satu tahun dan umumnya kurang parah.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba yang jual domba murah Klaten dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *