Categories
Artikel

Jual Domba Murah Klaten dan Manfaat Mencukur Bulu Domba Ternak Sebelum Beranak

Jual Domba Murah Klaten – Perawatan domba betina selama proses bunting hingga melahirkan memang diperlukan langkah yang tepat. Peternak perlu memperhatikan dengan baik kondisi kesehatan induk domba selama masa kehamilan hingga kelahiran anak domba. Sebagai peternak, anda juga harus mempersiapkan dengan baik apa yang dibutuhkan domba selama masa kelahiran anak domba nantinya. Salah satunya adalah mencukur bulu domba induk sebelum beranak.

Pencukuran bulu domba sebelum beranak merupakan praktik yang bermanfaat bagi kesejahteraan domba serta mempermudah pengelolaan dan meningkatkan produktivitas kawanan. Ada pertimbangan penting yang perlu diingat untuk melakukan proses pencukuran ini secara efektif. Hal ini berkaitan dengan waktu yang berhubungan dengan kelahiran, pemberian makan, dan perlindungan pasca pencukuran. Jika kondisi ini diperhatikan dengan cermat, manfaatnya cukup signifikan bagi domba ternak anda. Manfaat pencukuran bulu induk domba sebelum melahirkan yaitu:

Lingkungan yang lebih kering

Wol memiliki kelembapan yang cukup, dengan bulu yang penuh yang mampu menyerap banyak air di bawah iklim lembab, bahkan saat domba ditempatkan di dalam ruangan. Kapasitas penahan kelembapan dari wol ini menciptakan iklim mikro yang dekat dengan domba yang relatif lembap. Kelembaban relatif kandang dan iklim mikro di dekat domba yang lebih kering saat domba dicukur perlu untuk dilakukan. Hal ini akan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan mengurangi kemungkinan untuk pertumbuhan patogen.

Lingkungan yang lebih bersih

Wol juga memiliki kapasitas untuk menahan lumpur dan kotoran serta menyerap cairan dari proses kelahiran, yang kesemuanya dapat menampung dan mendorong pertumbuhan patogen. Bulu domba yang pendek meminimalkan situasi ini, menciptakan lingkungan yang jauh lebih bersih untuk kepentingan domba betina dan anak dombanya.

Baca Juga: Jual Domba Murah Semarang dan Waspadai Penyakit Berbahaya Yang Bisa Menyerang Domba Ternak

Meningkatnya berat lahir domba

Telah terbukti bahwa pencukuran selama pertengahan kehamilan meningkatkan berat lahir domba. Peningkatan yang diamati cukup besar, seringkali dalam kisaran 15-25%.  Mekanisme kenaikan berat badan lahir ini tidak sepenuhnya jelas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan pakan sukarela oleh domba betina yang dicukur mungkin menjadi penyebabnya. Sedangkan penelitian lain menunjukkan tidak ada perubahan dalam asupan namun peningkatan berat lahir. Apapun itu, hal ini adalah fenomena biologis yang dimanfaatkan. Berat badan lahir merupakan hal penting untuk kelangsungan hidup domba, terutama pada kelahiran kembar.

Domba betina memiliki akses yang lebih baik ke feeder

Domba betina yang dicukur memakan lebih sedikit ruang di tempat pakan, sehingga memungkinkan akses pakan yang lebih baik untuk lebih banyak kawanan. Hal ini memungkinkan program pemberian pakan yang lebih efisien dan mengurangi kendala akses tempat tidur. Hal ini juga berkontribusi pada asupan pakan yang lebih baik pada akhir kehamilan.

Anak domba lebih mudah mengakses dot

Anak domba yang dapat dengan cepat mencari dan menemukan puting susu memiliki peluang lebih besar untuk bertahan hidup. Bulu yang penuh mengurangi akses ke ambing, sehingga bayi baru lahir yang basah akan sulit menemukannya. Pemotongan bulu akan menghilangkan hambatan ini, sehingga membuat akses yang lebih mudah.

Domba betina lebih mudah dicukur

Mencukur domba sebelum beranak jauh lebih mudah daripada saat menyusui. Saat domba betina mencapai puncak laktasi, sekitar sebulan setelah beranak, lanolin pada bulu domba menjadi jauh lebih lengket, dengan titik leleh yang lebih tinggi. 

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *