Categories
Artikel

Jual Domba Murah Klaten dan Manajemen Pemberian Pakan Domba Ternak

Jual Domba Murah Klaten – Usaha ternak domba kini semakin banyak peminatnya. Domba adalah jenis ternak ruminansia kecil yang pemeliharaannya tidak begitu sulit. Ternak domba badannya relatif kecil dan sangat cepat dewasa sehingga secara otomatis akan menguntungkan anda. Domba yang cepat dewasa akan menghasilkan wol dan daging yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Dalam memelihara domba ternak hal yang penting untuk diperhatikan adalah pakan. Sebagai salah satu faktor yang penting di dalam manajemen pemeliharaan, pemberian pakan harus dilakukan dengan baik.

Pakan sendiri terdiri dari bahan pakan yang bernutrisi untuk di berikan dan mengandung manfaat bagi domba ternak. Pakan ternak yang di berikan harus memiliki kualitas tinggi yang mengandung nutrient. Kandungan nutrient tersebut di perlukan oleh ternak agar bisa tumbuh sehat dan kuat. Nutrisi seperti air, karbohidrat, lemak, protein, mineral dan lainnya sebagainya sangat dibutuhkan ternak. Pakan yang bernutrisi cukup dan sesuai dengan kebutuhan ternak akan menghasilkan produktivitas ternak yang cukup baik.

Kecukupan dan kesesuaian pakan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan ternak tersebut dapat ditinjau dari segi kuantitas dan segi kualitasnya. Hijauan, pakan penguat, garam dan makanan suplemen merupakan pakan yang perlu disediakan untuk ternak domba anda. Pemberian pakan tersebut perlu disesuaikan dengan kebutuhan ternak domba sebagaimana penjelasan berikut.

  • Hijauan

Jumlah pakan hijauan yang perlu untuk diberikan pada domba ternak dewasa rata-rata 10% dari berat badan. Pakan ini diberikan sedikit demi sedikit setiap 2—3 kali dalam sehari. Khasiat pakan hijauan mampu untuk meningkatkan kesehatan serta daya tahan domba ternak. Namun, jika hijauan yang diberikan terlalu lama berada di dalam rumen, maka penghancuran pakan oleh bakteri akan berlangsung terlalu lama. Hal tersebut akan mengakibatkan sebagian zat gula dan protein yang telah dicerna akan dipecah menjadi gas. Kemudian zat tersebut juga dipecah menjadi panas sehingga kurang bermanfaat bagi tubuh ternak domba.

  • Pakan penguat

Pakan penguat diberikan khusus kepada domba yang membutuhkannya seperti induk domba yang bunting, induk menyusui, pejantan, anak domba, serta domba-domba dalam program penggemukkan. Pakan penguat tersebut terdiri atas satu macam bahan pakan saja, seperti bekatul dan dedak jagung atau ditambah dengan jenis bahan lainnya. Bahan yang digunakan seperti bungkil kelapa, bungkil kacang tanah, atau bungkil kedelai.

Baca Juga: Jual Domba Murah Semarang dan Perawatan Anak Domba Agar Sehat

  • Garam (NaCl) dan makanan suplemen

Garam sebaiknya tersedia setiap waktu, karena kebutuhan tubuh ternak domba akan sumber mineral ini cukup tinggi setiap harinya. Garam ini sebaiknya disediakan pada setiap ruang kandang dan ditaruh pada kotak kecil, dengan tujuan untuk menjamin kebutuhan garam tercukupi. Domba ternak yang kekurangan garam dapat dipenuhi dengan alternatif penggunaan garam bata.

Pakan domba ternak bisanya mengandung sekitar 20% protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan domba ternak. Protein yang ada di dalam pakan tersebut memiliki asam amino seimbang yang diperlukan ternak domba. Asam amino tersebut berfungsi untuk bisa memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan otot ternak domba. Dosis pemberian pakan ternak perlu untuk dilakukan dengan langkah yang tepat. Pemberian pakan harian rata-rata yang disarankan adalah dengan dosis 2-4 pon atau sekitar 0,9 kg-1,8 kg untuk domba dewasa.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *