Categories
Artikel

Jual Domba Murah Klaten dan Langkah Tepat Dalam Memilih Domba yang Bagus

Jual Domba Murah – Memilih profesi sebagai seorang peternak sekarang ini menjadi keinginan banyak orang. Ternak domba adalah salah satu jenis ternak yang cukup menguntungkan bagi setiap orang. Hampir sama dengan kambing, domba memiliki produktivitas yang baik dari segi performanya. Hasil produksi yang dihasilkan dari ternak domba meliputi bulu, daging, susu yang mengandung nilai gizi yang baik dan anakannya. Bahkan kotoran domba juga dapat di jadikan sebagai pupuk kandang yang bermanfaat bagi tanaman. Selain itu, bau yang dimiliki domba cenderung tidak menyengat seperti bau kambing, sehingga tidak mengganggu area di sekitar kandang domba.

Pada dasarnya, dalam peternakan yang berhasil hal terpenting adalah bagaimana manajemen cara ternak khususnya domba agar cepat menghasilkan secara efisien dam efektif. Semakin cepat proses pemeliharaannya maka semakin besar pula keuntungan yang akan didapatkan Berdasarkan tujuan pemeliharaannya, kriteria dalam memilih domba dapat dibedakan menjadi bakalan indukan dan bakalan penggemukan. Pemilihan domba untuk penggemukan lebih mudah dan fleksibel dibandingkan dengan pemilihan domba sebagai indukan. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk memilih domba bakalan penggemukan yaitu:

  • Domba memiliki tubuh yang sehat

Domba yang memiliki umur yang masih muda, masih bisa untuk dipilih. Namun dengan pertimbangan domba masih bisa tumbuh dan berat badannya diharapkan bertambah dengan perlakuan pakan yang lebih baik. Sangat penting untuk memilih domba yang sehat, karena domba yang sangat riskan akan berbagai risiko. Perhatikan gerak lincah domba dan telitilah dengan cermat ada tidaknya cacat yang dialami domba. Selain itu, pilihlah domba yang memiliki bulu bagus dan tidak kusam.

  • Prioritas domba jantan

Prioritaskan untuk memilih domba jantan karena tingkat pertumbuhan domba jantan lebih cepat. Selain itu, pemotongan domba betina yang masih produktif dilarang.

  • Berasal dari jenis domba lokal

Pilihlah domba jenis lokal yang sudah beradaptasi dengan lingkungan setempat. Jika domba terpaksa didatangkan dari suatu lokasi yang kondisinya berbeda dengan lokasi penggemukan maka diperlukan masa adaptasi sekitar 2 hingga 4 minggu. Dengan memilih domba lokal maka dapat menghemat dana untuk adaptasi tempat.

  • Domba memiliki bobot badan standar

Domba yang dipilih harus memiliki bobot standar yaitu sekitar 15 kg dan berumur 4 bulan—1 tahun. Untuk mengetahui umur domba tersebut, anda bisa melihat catatan domba yang dimiliki pihak peternak. Namun, tidak semua hewan ternak memiliki catatan yang lengkap semenjak lahirnya. Karena itu, untuk mengetahui umur domba dapat dilihat dari susunan gigi. Biasanya, untuk melihat umur domba dan kambing dapat ditentukan dari jumlah gigi seri yang sudah tumbuh.

Selain cara di atas, anda juga dapat memperhatikan tips berikut ini.

  • Lihat panjang tubuhnya

Panjang tubuh diyakini sebagai bibit yang baik bagi keturunan-keturunan kambing selanjutnya. Makin panjang tubuhnya maka semakin bagus.

  • Lihat giginya

Domba yang belum ganti gigi atau giginya masih putih berarti domba tersebut belum pernah bunting. Hal ini akan sangat membantu anda untuk memperkirakan masa produktif domba, jika akan dikembangbiakkan.

  • Lihat Telinganya

Anda perlu untuk melihat bentuk telinga domba yang akan dipilih. Semakin panjang telinganya maka akan semakin bagus.

  • Lihat lidahnya

Anda perlu untuk memperhatikan warna lidah domba yang akan dipilih. Domba dengan lidah yang berwarna putih, biasanya akan lebih cerewet daripada yang berwarna merah.

Demikianlah beberapa langkah dan tips dalam memilih domba yang bagus. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kami di Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *