Categories
Artikel

Jual Domba Murah Klaten dan Ketahui tentang Gangguan Diare Pada Domba Ternak

Jual Domba Murah Klaten – Domba ternak, sama halnya dengan hewan lainnya yang bisa terserang penyakit apabila kesehatannya tidak dijaga dengan baik. Salah satu masalah gangguan kesehatan yang paling umum terjadi pada domba adalah diare. Gangguan seperti diare bisa didefinisikan sebagai peningkatan frekuensi, fluiditas, atau volume ekskresi feses domba ternak. Kotoran domba ternak mungkin mengandung darah atau lendir dan mengeluarkan bau yang cukup menyengat. Gangguan ini perlu untuk diwaspadai oleh peternak, karena bisa memengaruhi kondisi kesehatan domba di masa yang akan datang.

Diare umumnya disertai dengan feses (kotoran hewan) yang lebih cair atau encer dari kondisi biasanya. Kondisi ini bisa disebabkan oleh gangguan bakteri, parasit atau karena makanan yang salah. Domba ternak yang mengalami diare umumnya memiliki warna tinja yang mungkin tidak normal. Namun, tidak mungkin untuk menentukan secara pasti organisme yang menjadi penyebab infeksi diare pada domba dengan melihat warna, konsistensi, atau bau tinjanya. Identifikasi definitif membutuhkan sampel untuk keperluan analisis mikrobiologi. Berikut ini adalah berbagai situasi yang mungkin bisa dialami ketika domba ternak anda mengalami diare, seperti:

1.    Domba makan dengan normal dan tampak baik-baik saja

Domba ternak yang mengalami diare bisanya tidak menunjukkan gejala yang pasti, dan nampak normal. Kondisi ini, memiliki kemungkinan domba ternak menderita coccidia. Ketika domba berada di padang rumput, maka bisa saja domba terserang cacing. Bawalah sampel kotoran domba ke dokter hewan untuk diperiksakan. Ini dibutuhkan untuk menentukan apa domba anda positif coccidian atau positif cacingan.

2.    Domba tidak makan biji-bijian, namun memakan jerami

Anda mungkin telah meningkatkan biji-bijian terlalu cepat dan anak domba mengalami sedikit kasus asidosis. Singkirkan biji-bijian selama 2 hari, lalu mulailah memberi makan 1/4 lb sehari dan angkat domba seperti yang Anda lakukan saat pertama kali mulai memberinya makan.

Baca Juga: Jual Domba Murah Semarang dan Waspadai Bahaya Orf Pada Domba Ternak

3.    Domba tidak makan jerami atau biji-bijian, dan lesu

Sama seperti penjelasan sebelumnya, kecuali anak domba mendapat terlalu banyak biji-bijian. Rawat domba dengan penisilin atau Tylan 200 selama 2 hari. Beri 1/4 cangkir Pepto Bismol. Jika daging domba tidak tampak lebih baik dalam beberapa hari, obati asidosis atau bawa dia ke dokter hewan.

4.    Terkadang Anda akan melihat cacing di kotoran domba Anda

Biasanya domba yang mengalami diare, akan terlihat ada cacing pada kotorannya. Cacing tersebut biasanya cacing pita yang cukup besar untuk dilihat.

Diare adalah masalah gangguan pencernaan pada domba yang ditandai dengan kotoran domba yang menggumpal seperti kotoran sapi. Jika kondisi diare domba cukup parah, maka kotorannya bisa berbentuk cair. Feses domba diare biasanya juga disertai darah, lendir dan bau yang tidak sedap. Namun, perlu diketahui bahwa penyebab diare yang terjadi pada domba tidak bisa ditentukan hanya dari warna dan bau feses domba tersebut. Anda memerlukan pemeriksaan medis untuk bisa menangani masalah diare pada domba ternak dengan tepat.

Domba diare secara umum disebabkan oleh bakteri, virus, parasit dan manajemen makan dan kebersihan pakan yang kurang bagus. Serta populasi kandang yang terlalu padat, sanitasi yang buruk dan pakan yang kurang berkualitas bisa menyebabkan diare pada domba. Diare pada domba juga dapat terjadi karena berbagai infeksi bakteri, virus dan parasit. Misalnya seperti infeksi bakteri E-Coli, acidosis rumen, keracunan aflatoxin, dan kekurangan mineral tembaga.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera kunjungi doazfarm.com untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *