Categories
Artikel

Jual Domba Murah Klaten dan Kenali Penyakit Umum yang Bisa Menyerang Domba Anda

Jual Domba Murah Klaten -Domba adalah mamalia dan hewan berkaki empat yang menonjol karena menjadi yang pertama dijinakkan oleh manusia untuk keperluan pertanian. Tidak hanya wol yang diperoleh dari mereka, tetapi juga daging dan susunya. Menawarkan perawatan khusus di setiap tahap kehidupan Anda penting untuk menghindari masalah kesehatan. Selain itu, penting untuk menjaga mereka tetap bersih dengan semua vaksin mereka. Ada berbagai macam penyakit domba yang umum, mulai dari infeksi hingga cedera tubuh.

Peternak perlu untuk mengetahui jenis penyakit umum yang bisa terjadi pada domba. Beberapa penyakit yang menyerang domba ternak diantaranya yaitu:

1.    Abortus

Ini terjadi ketika seekor domba betina kehilangan anak dombanya selama kehamilan atau ketika ia lahir anak domba lemah dan mati tak lama kemudian. Beberapa penyebab infeksius aborsi yang paling umum adalah aborsi ezootic dan vibriois. Penyebab paling umum lainnya yang menyebabkan kematian domba sebelum mereka lahir adalah toksoplasmosis.

2.    Infeksi

Infeksi umum pada domba ini biasanya disebabkan oleh pestivirus. Ini dapat terjadi secara ringan hingga kasus yang paling parah yang dapat menyebabkan masalah kesuburan dan bahkan kematian. Beberapa gejala diare virus sapi yang paling umum adalah nafsu makan yang buruk, diare berdarah, dan masalah pernapasan. Demam dan masalah pencernaan juga bisa terjadi.

3.    Batu saluran kemih

Gejala pertama adalah kegelisahan dan sesekali ingin buang air kecil. Tingkat fosfor yang tinggi dalam ransum mungkin menjadi penyebab utama. Pencegahan terdiri dari penggunaan tingkat fosfor yang tepat dalam ransum dan juga memastikan ransum memiliki rasio kalsium terhadap fosfor 2: 1. Amonium klorida yang ditambahkan ke dalam ransum atau air sehingga konsumsi domba 1/4 ons per hari akan memberikan kontrol yang baik.

Baca Juga: Jual Domba Murah Semarang dan Tips Memulai Usaha Ternak Domba yang Menguntungkan

4.    Cacing Perut

Cacing  perut, parasit yang paling umum pada domba, menyebabkan ketidakberdayaan dan penurunan berat badan. Selaput lendir mata, hidung dan mulut akan menjadi pucat. Dalam kasus yang parah, gerusan memang terjadi. Gejala lahiriah umumnya tidak muncul, tetapi bertanggung jawab atas keuntungan dan ketidaktegasan yang lebih lambat.

5.    Enterotoksemia

Kondisi ini juga sering disebut sebagai penyakit makan berlebih  yang terjadi pada domba yang diberi makan biji-bijian dalam jumlah besar. Gejalanya adalah gaya berjalan yang terhuyung-huyung, bergerak berputar-putar dan kejang. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda untuk program vaksinasi yang direkomendasikan.

6.    Ketosis atau Penyakit Kehamilan

Penyakit iniadalah penyakit umum yang terjadi pada domba betina pada akhir kehamilan. Gejala berupa mata berkaca-kaca, lesu, dan gaya berjalan terhuyung-huyung, diikuti dengan kekakuan dan kelumpuhan sebagian. Memberi makan dengan jumlah makanan seimbang yang tepat umumnya akan mengatasi kondisi ini, terutama di akhir masa gestasi.

7.    Penyakit Otot Putih atau Penyakit Domba Kaku

Penyakit ini ditandai dengan kekakuan otot yang terjadi pada domba yang berumur beberapa hari sampai beberapa minggu. Ini terkait dengan kekurangan Vitamin E dan Selenium dan dapat dikontrol melalui injeksi. Penggunaan E-Se Fortifier juga diindikasikan untuk kondisi ini.

Demikianlah beberapa jenis penyakit umum yang bisa menyerang domba. Anda perlu untuk menerapkan manajemen kesehatan serta manajemen pakan yang baik untuk mencegah domba terserang penyakit. Selain itu, faktor kebersihan juga penting untuk diperhatikan dengan melakukan tindakan kebersihan rutin.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba yang jual domba murah Klaten dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *