Categories
Artikel

Jual Domba Murah Klaten dan Kemungkinan Penyakit yang Menyerang Anakan Domba Ternak

Jual Domba Murah Klaten РKetika domba ternak akan melahirkan anak domba, ini adalah saat-saat yang penting. Anak domba yang dilahirkan tanpa adanya perlindungan antivirus dan penyakit, oleh karenanya akan sangat rentan terhadap penyakit dengan kematian mendadak. Sangat penting bahwa anak domba mengkonsumsi antibodi maternal (Kolostrum) melalui ASI pertama yang diberikan oleh domba betina dalam 24/48 jam pertama setelah lahir. Antibodi maternal ini hanya melindungi dari vektor penyakit yang baru-baru ini terekspos oleh domba betina.

Perlindungan antibodi ibu domba dapat ditingkatkan melalui vaksinasi domba betina. Jangka waktu perlindungan terbatas dan tidak mungkin diperpanjang lebih dari 6-10 minggu tergantung pada jenis penyakit dan tingkat tekanan penyakit. Sangat penting untuk merangsang sistem kekebalan anak domba itu sendiri melalui vaksinasi pelindung terhadap penyakit yang paling umum dan penting secara ekonomi. Beberapa penyakit yang patut diwaspadai menyerang domba anda diantaranya:

1.    Corynebacterium pseudotuberculosis

Ini adalah penyakit kronis yang ditandai dengan terbentuknya abses di kelenjar getah bening. Infeksi masuk ke flok oleh hewan pembawa dengan pencukuran sebagai faktor risiko utama. Pengendalian bergantung pada penghapusan sumber infeksi dengan memusnahkan semua domba dengan pembesaran kelenjar getah bening, sebaiknya pada pencukuran ketika palpasi lebih mudah. Menggunakan vaksin akan mengurangi jumlah domba yang mengalami abses.

2.    Erysipelas rhusiopathiae

Ini adalah peradangan pada satu atau lebih sendi yang menyebabkan ketimpangan dan terlihat bengkak pada sendi di kaki. Anak domba kemungkinan besar akan terinfeksi ketika induk domba menjilati luka. Sebagai pertimbangan kesejahteraan hewan, hewan yang tetap lumpuh kronis harus dimusnahkan secara manusiawi. Kondisi tersebut dapat dicegah dengan memvaksinasi domba betina sebelum beranak dan menghindari pencukuran atau pengambilan bagal dalam kondisi basah dan berlumpur.

Baca Juga: Jual Domba Murah Semarang dan Aturan Pemberian Pakan Domba Ternak

3.    Parapoxvirus

Ini adalah penyakit virus yang sangat menular yang menginfeksi domba melalui lecet di kulit. Kondisi ini khususnya menjadi masalah pada domba ekspor hidup. Dimana kurungan hewan yang tertutup dan pemberian pelet keras atau jerami menyebabkan lecet ringan di sepanjang mulut dan bibir. Program yang direkomendasikan adalah memvaksinasi setetes domba setiap tahun. Ini bisa dilakukan saat menandai dan akan memberikan perlindungan selama 12 bulan.

4.    Gondok

Kondisiini muncul sebagai kelenjar tiroid yang membengkak yang menyebabkan pembengkakan yang terlihat. Ini sebagai akibat dari kekurangan yodium dalam makanan domba betina. Pencegahan bergantung pada kewaspadaan manajerial seperti menghindari penggembalaan ternak bunting di area beresiko. Ini termasuk jenis tanah berpasir atau padang rumput yang subur dengan kepadatan tebar rendah. Pemberian dosis yodium pada domba betina pada bulan keempat dan kelima kehamilan merupakan pilihan lain karena dapat mencegah gondok pada domba.

Selain penyakit di atas, ada berbagai infeksi yang bisa menjangkiti domba anda. Sampel feses segar yang diambil dari tanah dari sejumlah domba yang representatif (sebaiknya 15 ekor) perlu diserahkan untuk dianalisis adanya infeksi cacing atau tidak. Dengan melakukan penghitungan telur feses sebelum dan pada hari ke-14 setelah perawatan. Melakukan tindakan pencegahan sangatlah diperlukan untuk meminimalisir kemungkinan risiko munculnya penyakit pada domba.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba yang jual domba murah Klaten dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *