Categories
Artikel

Jual Domba Murah dan Kenali Jenisnya Untuk Usaha Peternakan yang Menguntungkan

Jual Domba Murah – Prospek yang dihadirkan oleh peternakan domba sekarang ini sangat menguntungkan. Banyak sekali jenis domba yang bisa untuk dibudidayakan, yang anda sesuaikan dengan produk yang ingin didapatkan, seperti bulu, daging, kulit atau susu. Selain itu, harga daging yang seringkali naik setiap tahunnya dan menjadi salah satu alasan mengapa usaha peternakan sangat diminati.

Berbagai jenis domba impor, sebenarnya dapat dikembangkan dan dibudidayakan di Indonesia. Suksesnya beberapa usaha peternakan domba impor di berbagai daerah, menjadi bukti bahwa domba impor juga bisa dikembangkan. Sebelum anda memulai usaha ternak domba, kenali terlebih dulu jenis domba seperti berikut ini.

Domba Garut (Domba Priangan)

Domba Garut merupakan hasil persilangan antara domba lokal, domba cape dari Afrika Selatan dan domba merino dari Asia Kecil. Pada awalnya domba ini berkembang di Priangan (Jawa Barat), terutama di daerah Bandung, Garut, Sumedang, Ciamis, dan Tasikmalaya. Sekarang ini domba garut sudah berkembang di seluruh pulau Jawa dan berbagai wilayah di Indonesia. Domba garut atau priangan dapat dipelihara sebagai domba potong atau domba pedagang, serta dipelihara sebagai domba aduan.

Domba Texel Wonosobo (Dombos)

Domba Texel atau dombos mempunyai ciri khas yaitu mempunyai bulu wol yang keriting halus berbentuk spiral berwarna putih. Bulu tersebut menyelimuti bagian tubuh domba texel kecuali pada perut bagian bawah, keempat kaki dan kepala. Postur tubuh domba texel atau dombos tinggi besar dan panjang dengan leher yang panjang dan ekor yang kecil.

Domba Batur Banjarnegara (Domas)

Domba batur atau domas sebenarnya merupakan domba hasil persilangan dari domba lokal, domba Suffolk dan domba Texel. Domba batur jantan maupun betina merupakan jenis domba potong yang merupakan penghasil daging yang baik.

Domba Ekor Tipis (Domba Gembel)

Domba ekor tipis adalah domba lokal asli Indonesia yang sering disebut dengan domba gembel. Pada awalnya domba gembel berkembang di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Namun sekarang ini sudah berkembang di seluruh pulau jawa maupun berbagai wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Jual Domba Murah dan Cara Mudah Mengenali Perbedaannya dengan Kambing

Domba Ekor Gemuk (Domba Kibas)

Domba jenis ini juga dikenal sebagai domba donggala, yang sekarang sudah dipatenkan menjadi domba ekor gemuk lokal Palu dari Sulawesi Tengah.  Domba ekor gemuk ini awalnya berkembang di Jawa Timur, Madura, Sulawesi, dan Nusa Tenggara terutama di Lombok. Namun saat ini sudah berkembang di seluruh Indonesia.
Domba ini dapat melakukan adaptasi yang baik dan dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim kering. Bentuk badan domba gemuk ini sedikit lebih besar daripada domba lokal lainnya.

Domba Hampshire

Domba Hampshire adalah persilangan antara domba Southdown jantan dengan domba betina keturunan Wiltshire Horn dan Berkshire Knot. Dengan ciri wajah berwarna gelap, bulu panjang dan tebal berwarna cokelat. Bentuk telinga domba ini agak melengkung, dan memiliki kaki berwarna hitam dan tidak ditutupi wol.

Domba Polwarth

Domba Polwarth merupakan tipe dual-purpose, dan merupakan persilangan antara Merino (75%) dan Lincoln (25%). Domba ini memiliki tubuh yang besar, dan tegap. Selain itu, pemeliharaannya cukup mudah serta memiliki produktivitas wool yang tinggi.

Domba Portland

Domba jenis portland memiliki bentuk tubuh yang kecil dan dipenuhi oleh wool. Pada bagian wajah dan kaki bagian bawah berwarna kecokelatan dan tidak ditumbuhi wool. Tanduk domba portland akan muncul setelah mereka dewasa dan berbentuk spiral.

Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *