Categories
Artikel

Jual Domba Murah dan Cara Mudah Mengenali Perbedaannya dengan Kambing

Jual Domba Murah – Domba memiliki banyak manfaat, seperti bulunya yang dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat benang wol. Selain dagingnya yang sering untuk dikonsumsi. Ada sebagian orang yang mungkin masih belum mengetahui perbedaan domba dan kambing.  Salah satu kebiasaan unik domba yang sedikit berbeda dengan kambing adalah berkelompok bersama daripada beraktivitas sendiri. Domba akan merasa gelisah apabila terpisah dari kawanannya ketika sedang mencari makan. Selain itu, domba memiliki daya penglihatan yang tajam.

Tidak hanya itu, ternyata domba juga sulit untuk menguasai diri mereka ketika terjatuh ke tanah. Berbeda dengan binatang lain yang bisa dengan mudah bangkit kembali setelah jatuh tersungkur. Domba memerlukan bantuan manusia untuk bisa bangun ketika mereka terjatuh. Perbedaan yang mudah ditemukan antara domba dan kambing adalah bulunya. Dimana bulu kambing biasanya lurus dan tidak perlu dicukur, bahkan bisa dibiarkan begitu saja hingga memanjang. Sedangkan, domba memiliki bulu yang sedikit keriting dan umumnya harus dicukur apabila sudah lebat. Bulu domba yang dicukur tersebut akan dibuat menjadi wol. Selain itu, perbedaan antara domba dan kambing dapat dilihat melalui penjelasan berikut.

  • Bentuk telinga

Perbedaan antara domba dan kambing dapat dilihat dari bentuk telinganya.  Dimana pada kambing telinganya besar terjuntai ke bawah dan panjang. Sedangkan domba memiliki bentuk telinga yang menegak ke atas. Kelenjar bau pada bawah ekor kambing tercium lebih menyengat daripada domba.

  • Tanduk

Tanduk yang ada pada domba juga berbeda dengan kambing.  Dimana kambing memiliki tanduk yang mengarah ke atas atau ke samping. Sedangkan domba memiliki tanduk yang melengkung. Meski begitu, tidak semua jenis domba memiliki tanduk.

  • Cara makan

Kambing biasanya memakan daun-daun segar, pucuk daun, dan cara memakannya dengan agak berdiri. Sedangkan domba memiliki kebiasaan makan dengan cara merumput. Dimana mereka akan mencari rumput yang pendek di permukaan tanah.

  • Kebiasaan

Kambing merupakan jenis tipe hewan yang cenderung mandiri dan memiliki kebebasan. Sedangkan domba lebih suka untuk berkelompok dan bergerombol. Mereka akan merasa gelisah apabila terpisah dari kawanannya.

Baca Juga: Jual Domba Murah Klaten dan Langkah Tepat Dalam Memilih Domba yang Bagus

Kemudian, guna mengetahui domba yang sehat dan baik bisa dilihat dari kondisi anggota badannya. Berikut ini hal-hal yang perlu untuk diperhatikan agar bisa memilih domba yang sehat dan baik.

  • Perhatikan kondisi mata

Domba yang sehat dan baik memiliki mata yang bersinar dan jernih. Apabila domba tersebut memiliki mata yang merah dan terdapat seperti cacing di matanya berarti domba tersebut tidak dalam kondisi sehat.

  • Bobot tubuh standar

Domba memiliki tubuh yang standar yaitu domba jantan memiliki bobot tubuh minimum 57,74 kg dan untuk domba betina memiliki bobot tubuh minimum 36,98 kg.

  • Nafsu makan tinggi

Domba yang sehat dan baik juga bisa dilihat dari nafsu makannya yang tinggi. Jika nafsu makan domba sesuai dengan standar makan domba tersebut maka domba tersebut sehat. Sebaliknya, jika nafsu makan domba tersebut berkurang berarti itu salah satu tanda bahwa domba tersebut sedang sakit.

  • Gerakan yang lincah

Selain ciri-ciri di atas domba yang sehat dan baik juga memiliki gerakan yang lincah. Berbeda dengan domba yang sakit dimana biasanya nafsu makannya serta berkurangnya gerakannya yang tidak lincah atau loyo. Ketika berdiri tidak normal dan tidak bisa terlalu lama karena domba tersebut merasa badannya lemas.

Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *