Categories
Artikel

Jual Domba Murah Boyolali dan Tips Penanganan Kuku Busuk Pada Domba Ternak

Jual Domba Murah Boyolali – Peternak Domba tidak hanya perlu untuk merawat agar domba cepat gemuk, tapi juga menjaganya agar tetap sehat. Berbagai jenis penyakit bisa menyerang doomba ternak anda. Salah satunya adalah kuku busuk yang sering menyerang domba ternak selama musim hujan. Kuku busuk pada domba umumnya ditandai dengan luka-luka pada kuku dengan bau yang kurang sedap. Apa penyebab kuku busuk dan bagaimana cara menanganinya bisa disimak melalui penjelasan berikut.

Kondisi kuku busuk pada domba biasanya disebabkan oleh bakteri atau jamur, yang menyerang domba ternak. Penyakit foot rot atau kuku membusuk tergolong jenis penyakit bakterial dan disebabkan oleh Bacteroides (Fusobacteriumnodosus. Ini bisa terjadi karena kondisi kandang yang basah dan kotor. Kuku busuk juga sering dikaitkan dengan kondisi tanah yang basah, sehingga memungkinkan masuknya kotoran dan kuman pada kuku domba. Kaki domba yang luka karena jatuh pada lantai kandang yang licin dan basah juga bisa memudahkan masuknya bakteri tersebut.

Gejala Klinis atau tanda-tanda dari penyakit ini yaitu seperti kaki domba yang pincang. Kemudian kuku domba akan meradang, berwarna merah, abses disekitar kuku, bau busuk, dan nanah pada kuku yang terluka. Domba ternak akan lebih banyak diam, nafsu makannya yang menurun, sehingga kondisi badannya juga ikut menurun. Penyakit pada domba ini bisa dicegah dengan memperhatikan kondisi kebersihan kandang dan domba. Domba ternak juga perlu untuk diusahakan selalu berada pada lantai yang kering. Kuku domba juga perlu untuk dipotong secara rutin. Lumpur dan kotoran sebagai pemicu penyakit ini, selalu dibersihkan agar tidak terselip diantara kuku domba.

Baca Juga: Jual Domba Murah Surakarta dan Apa yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Domba Ternak

Penyakit kuku busuk (Foot Rot) disebut juga dengan istilah pododermatitis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini terjadi akibat bakteri yang masuk dan menginfeksi melalui kulit yang luka, pada sela kuku dan kondisi kuku kotor serta basah. Rusaknya jaringan kuku bisa menyebabkan tersebarnya penyakit disekitarnya yang kemudian bisa berakibat pada kuku yang menjadi rusak dan busuk. Kuku busuk biasa terjadi pada domba ternak yang berada di dalam kandang dengan kondisi yang lembab atau basah.

Gejala klinis penyakit ini pada awalnya terlihat celah kuku yang nampak merah dan sedikit bengkak, sekitar tumit tampak bengkak, serta mengeluarkan cairan putih dan kotor. Penyakit ini menyerang pada kulit kuku, mengakibatkan kulit kuku mengelupas, dan muncul benjol–benjol yang nampak kemerahan, terasa panas, dan sakit. Domba ternak yang terserang penyakit ini biasanya terlihat pincang dengan gejala lebih lanjut seperti demam dan kehilangan nafsu makan. Jika kondisi penyakit ini semakin parah maka bisa terjadi kebengkakan.

Penanganan penyakit kuku busuk ini harus dilakukan dengan baik dan teliti. Langkah pertama yaitu kaki yang terinfeksi dibersihkan dengan air bersih. Kemudian kulit yang telah mati dikelupas dan dibersihkan dengan baik. Untuk menghindari adanya lalat yang mendekat, maka dapat dispray dengan menggunakan obat anti lalat. Pemberian suntikan antibiotik dapat dilakukan selama 3-5 hari. Domba ternak yang menderita kaki busuk sebaiknya dipindahkan ke tempat yang kering.

Pengobatan juga bisa dilakukan dengan membersihkan kaki yang terinfeksi dengan formalin atau betadin, dimana kuku yang busuk dipotong. Luka yang terinfeksi kemudian di balut dengan pembalut dan kapas yang telah di beri obat, seperti salep ichtyol, larutan sulfat, dan tembaga 5%. Jika belum sembuh dapat disuntik antibiotik spektrum luas. Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga lantai kandang bersih dan kering. Jika memungkinkan kandang didesinfeksi sekali atau dua kali sehari. Kuku yang panjang di potong secara berkala untuk menghindari infeksi foot rot.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, kunjungi doazfarm.com Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera hubungi kontak person Doaz Farm untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *