Categories
Artikel

Jual Domba Murah Boyolali dan Tips Menjaga Kesehatan Ternak Domba

Jual Domba Murah Boyolali – Kesehatan adalah hal penting yang perlu untuk diketahui para peternak domba. Karena faktor kesehatan ternak tersebut dapat menentukan kualitas dari hewan ternak itu sendiri. Oleh karena itu, setiap peternak harus mengetahui bagaimana cara untuk menjaga kesehatan ternak domba yang baik. Faktor kesehatan tersebut bisa dijadikan satu tolak ukur untuk kecakapan seorang peternak dalam menjalankan peternakannya. Ketika kesehatan hewan ternak tidak dijaga dengan baik, tidak menutup kemungkinan bahwa hewan ternak akan mudah terserang penyakit. Tidak hanya itu, kondisi kesehatan ternak yang buruk dapat berakibat pada tubuh yang kurus, tidak produktif hingga kematian.

Banyak sekali faktor yang perlu untuk diperhatikan ketika anda melakukan perawatan ternak domba. Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan yaitu tentang menjaga kesehatan dari ternak domba seperti yang telah di bahas di atas. Beberapa tips untuk menjaga kesehatan domba ternak yang perlu untuk dilakukan yaitu:

Memperhatikan Pemberian Pakan dan Minum

Anda perlu untuk mengetahui setiap kandungan gizi dari pakan yang diberikan untuk domba ternak. Domba sebagai hewan ternak membutuhkan variasi makanan agar dapat memperoleh gizi dan nutrisi yang cukup memadai. Tambahan pakan hijau-hijauan seperti rumput, daun nangka, daun kacang-kacangan dan lain sebagainya juga dibutuhkan. Ketika gizi pakan yang diberikan kepada ternak domba dirasa belum mencukupi, maka bisa ditambahkan konsentrat dan vitamin tambahan. Asupan makanan yang bergizi membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh domba dari berbagai serangan penyakit yang mungkin datang.

Selain pemberian pakan, pastikan pula minum untuk ternak domba tersedia dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Air yang diberikan kepada ternak domba harus air yang bersih dan tidak tercemar kotoran atau penyakit. Selain itu, tempat pakan dan minum harus selalu dibersihkan secara rutin. Sehingga, tempat pakan dan minum ternak domba akan terjaga dari kemungkinan timbulnya bakteri dan virus.

Memandikan dengan Rutin

Keadaan ternak domba juga harus bersih supaya terjaga kesehatannya. Anda perlu untuk memandikan domba setiap hari supaya tubuhnya terjaga dari segala kuman dan penyakit. Anda juga dapat mencukur bulu domba dan memotong kuku-kuku domba secara rutin setiap satu bulan sekali.

Baca Juga: Jual Domba Murah Surakarta dan Manajemen Ternak yang Perlu Diterapkan untuk Usaha Ternak Domba

Lakukan Vaksinasi untuk Mengendalikan Penyakit

Pemberian vaksinasi terhadap domba ternak juga perlu dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit, terlebih lagi apabila terjadi suatu wabah. Vaksinasi tertentu penting untuk dilakukan guna pencegahan munculnya penyakit yang tidak diinginkan.

Ciptakan Kandang yang Bersih dan Tidak Lembab

Hal yang harus diperhatikan dengan baik untuk menjaga kesehatan domba adalah menjaga kebersihan kandangnya. Kandang ibarat rumah bagi domba ternak anda, sehingga sangat penting untuk membersihkannya dengan rutin agar domba merasa nyaman.  Kandang domba ternak anda harus dalam kondisi bersih, kering, tidak lembab, serta terjaga dengan baik sanitasinya. Banyak penyakit yang bisa timbul karena kondisi kandang yang kotor dan tidak memadai.

Mengajak Domba Berolahraga

Anda juga perlu untuk meluangkan sedikit waktu guna menggembalakan domba. Menggembalakan domba tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan pakan hijauan yang segar saja. Akan tetapi, dengan menggembalakan domba akan membuat domba ternak bergerak dan melakukan aktivitas ringan. Bisa dibilang, dengan menggembalakan domba sama saja dengan mengajak domba untuk berolahraga. Olahraga tersebut akan membantu melancarkan sirkulasi atau aliran darah domba. Selain itu, kegiatan tersebut juga akan melatih otot-otot domba ternak dan menjadikan domba lebih sehat dan kuat.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person kami di Doaz Farm. Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera kunjungi doazfarm.com untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *