Categories
Artikel

Jual Domba Murah Boyolali dan Persiapan untuk Mencukur Bulu Domba

Jual Domba Murah Boyolali – Memiliki usaha ternak domba harus memperhatikan dengan baik kondisi domba ternak. Untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan domba ternak, mencukur bulu domba secara rutin sangatlah penting. Selain menjaga domba agar tetap nyaman, bersih, dan sehat anda juga bisa mengolah hasil cukuran bulu domba menjadi bahan baku wol. Dalam proses pencukuran buku domba, anda perlu mengetahui apa saja yang harus dilakukan sehingga tidak melukai atau membuat domba stress. Berikut ini hal-hal yang perlu untuk dipersiapkan sebelum memulai proses pencukuran.

Sebelum anda memulai proses pencukuran, maka siapkan alat-alat untuk pencukuran bulu domba seperti gunting cukur biasa dan gunting listrik. Mandikan domba terlebih ulu dan keringkan bulunya. Kemudian domba yang akan di cukur ditidurkan dulu dengan cara mengikat keempat kakinya. Setelah itu, baru bisa dimulai proses pencukuran bulu domba. Namun, apabila proses pencukuran dilakukan oleh dua orang, maka domba bisa dipegang agar tidak bergerak.

Proses pencukuran bulu domba dimulai dari bagian perut mengarah ke depan sejajar dengan
punggung domba ternak. Dalam pengguntingan bulu domba, jangan sampai mengenai kulit agar tidak melukai domba. Anda sebaiknya menggunting bulu domba dengan menyisakan guntingan bulu ± 0,5 cm. Proses pencukuran bulu domba dilakukan karena dua alasan yaitu untuk mendapatkan wol dari domba dan membuat domba nyaman. Karena domba dengan bulu yang tebal akan merasa kepanasan di musim panas sehingga bisa memicu munculnya gangguan pada kulit domba.

Bulu domba yang tidak dicukur, bisa membuat domba tidak nyaman dan meningkatkan risiko gangguan kesehatan yang bisa dialaminya. Kotoran, kuman, dan kutu bisa saja menempel dan mengendap pada bulu domba. Apabila bulu domba tidak rutin dicukur dan dibiarkan tbal bgitu saja, tidak menutup kemungkinan mereka terserang penyakit kulit. Oleh karena itu, anda harus mencukur domba setidaknya sekali dalam satu tahun. Waktu yang paling tepat untuk memulai proses pencukuran domba adalah ketika awal musim semi, yaitu sebelum melahirkan dan musim panas muncul.

Baca Juga: Jual Domba Murah Surakarta dan Tips Manajemen Ternak Domba yang Baik

Ada beberapa alasan mengapa anda perlu untuk mencukur bulu domba betina sebelum musim melahirkan. Salah satunya yaitu dengan mencukur bulu domba sebelum musim melahirkan akan membuat domba tetap bersih ketika melahirkan. Selain itu, hal tersebut juga akan memudahkan anak domba untuk menemukan puting susu ketika akan menyusu. Alasan lainnya yaitu karena domba yang telah dicukur bulunya akan menjadi lebih sering makan rumput untuk membuat badan mereka tetap hangat. Hal ini tentu saja juga akan memberikan nutrisi tambahan bagi domba sebelum melahirkan. Anda bisa mencukur domba sekitar sebulan sebelum domba melahirkan. Hal tersebut akan membantu domba dengan memberi waktu yang cukup dalam proses pemulihan.

Sebelum anda melakukan proses pencukuran domba, maka domba harus dikumpulkan terlebih dahulu dan dipisahkan untuk membentuk kelompok yang lebih kecil. Bila memungkinkan, bagilah domba-domba ternak tersebut kedalam beberapa kelompok. Anda perlu untuk memisahkan anak domba, domba yang berumur 1-2 tahun, domba betina dan domba jantan.

Ternak domba menghadirkan banyak keuntungan bagi anda, sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai menggeluti usaha ternak domba. Apabila anda membutuhkan supplier domba atau peternakan domba, hubungi kontak person Doaz Farm.Kami merupakan supplier domba dengan kondisi yang bagus. Dengan menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan makanan terbaik untuk menghasilkan domba-domba yang sehat dan bagus. Segera kunjungi doazfarm.com untuk mendapatkan domba yang bagus dari peternakan dan supplier domba kepercayaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *